Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Saturday, November 8, 2014

Pengertian Rumah Sakit

Rumah Sakit


        Menurut Undang-Undang Republik Indonesia No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit, Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan karateristik tersendiri yang dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan kesehatan, kemajuan teknologi, dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang harus tetap mampu meningkatkan pelayanan yang lebih bermutu dan terjangkau oleh masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Berdasarkan PerMenKes RI No. 1045/MenKes/PER/XI/2006, tentang ”Pedoman Organisasi Rumah Sakit Di Lingkungan Departemen Kesehatan” berikut Rumah Sakit berdasarkan tugas, fungsi kemampuan pelayanan kesehatan dan kapasitas sumber daya organisasi dalam beberapa kelas :

1. Rumah Sakit Umum

    a. Rumah Sakit Umum Kelas A

       Rumah Sakit Umum Kelas A dipimpin oleh seorang kepala disebut direktur utama. Direktur utama membawahi paling banyak empat direktorat. Masing-masing direktorat terdiri dari paling banyak tiga bidang atau tiga bagian. Dari masing-masing bidang terdiri dari 3 seksi, dan masing masing bagian terdiri paling banyak tiga subbagian.

    b. Rumah Sakit Umum Kelas B Pendidikan

          Rumah Sakit Umum Kelas B Pendidikan dipimpin oleh seorang kepala disebut direktur utama. Direktur utama membawahi paling banyak tiga direktorat. Dari masing-masing direktorat terdiri dari paling banyak tiga bidang atau tiga bagian. Masing-masing bidang terdiri dari 3 seksi, dan masing-masing bagian terdiri dari paling banyak tiga subbagian.

    c. Rumah Sakit Umum Kelas B Non-Pendidikan

        Rumah Sakit Umum Kelas B Non-Pendidikan dipimpin oleh seorang kepala disebut direktur utama yang membawahi paling banyak dua direktorat. Masing-masing direktorat terdiri dari paling banyak tiga bidang atau tiga bagian dengan masing-masing bidang terdiri paling banyak tiga seksi, dari tiap Bidang terdiri paling banyak tiga subbagian.

    d. Rumah Sakit Umum Kelas C

           Rumah Sakit Umum Kelas C dipimpin oleh seorang Kepala disebut direktur yang membawahi paling banyak dua bidang dan satu bagian, dengan masing-masing bidang terdiri paling banyak tiga seksi dan masing-masing bagian terdiri dari tiga subbagian.

    e. Rumah Sakit Umum Kelas D

           Rumah Sakit Umum Kelas D dipimpin oleh seorang kepala disebut direktur yang membawahi dua seksi dan tiga subbagian

2. Rumah Sakit Khusus

     a. Rumah Sakit Khusus Kelas A

       Rumah Sakit Khusus Kelas A dipimpin oleh seorang kepala disebut direktur utama yang membawahi paling banyak empat direktorat. Masing-masing Direktorat terdiri paling banyak tiga bidang atau tiga bagian. Masing-masing bidang terdiri dari paling banyak tiga seksi dan masing-masing bagian terdiri paling banyak tiga subbagian.

     b. Rumah Sakit Khusus Kelas B

       Rumah Sakit Khusus Kelas B dipimpin oleh seorang kepala disebut direktur utama yang membawahi paling banyak dua direktorat. Masing-masing direktorat terdiri dari dua bidang atau dua bagian. Masing-masing bidang terdiri dari paling banyak tiga seksi dan masing-masing bagian terdiri dari tiga subbagian.

      c. Rumah Sakit Khusus Kelas C

            Rumah Sakit Khusus Kelas C dipimpin oleh seorang kepala disebut direktur yang membawahi dua seksi dan tiga bagian.

Pengertian Rumah Sakit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.