Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Saturday, January 24, 2015

Asuransi Kesehatan (ASKES)

Landasan Hukum

PT Askes (Persero) yang berkedudukan di Jakarta didirikan dengan Akte Notaris Muhani Salim, SH Nomor 104 tanggal 20 Agustus 1992 yang telah beberapa kali diubah terakhir dengan Akte Notaris NM Dipo Nusantara Pua Upa, SH Nomor 37, tanggal 19 Agustus 2008 yang mempunyai maksud dan tujuan serta kegiatan sebagai berikut :
Maksud dan tujuan perseroan ialah turut melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program Pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, khususnya di bidang asuransi sosial melalui penyelenggaraan asuransi/jaminan kesehatan bagi pegawai negeri sipil, penerima pensiun, veteran, perintis kemerdekaan beserta keluarganya, dan masyarakat lainnya, serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya Perseroan untuk menghasilkan jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat, guna meningkatkan nilai manfaat bagi peserta dan nilai Perseroan dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas.
Asuransi Kesehatan (ASKES)
Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut diatas, Perseroan dapat melaksanakan kegiatan usaha sebagai berikut :
  1. Menyelenggarakan asuransi kesehatan yang bersifat menyeluruh (komprehensif) bagi Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun, Veteran dan Perintis Kemerdekanaan beserta Keluarganya.
  2. Menyelenggarakan asuransi kesehatan bagi Pegawai dan Penerima Pensiun Badan Usaha dan Badan lainnya.
  3. Menyelenggarakan jaminan kesehatan bagi masyarakat yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh pemerintah sesuai dengan prinsip penyelenggaraan Sistem Jaminan Sosial Nasional.
  4. Melakukan kegiatan investasi dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Visi dan Misi

Visi
Menjadi Spesialis dan pusat unggulan Asuransi Kesehatan di Indonesia

Misi
  • Memberikan kepastian jaminan pemeliharaan kesehatan kepada peserta (masyarakat Indonesia) melalui sistem pengelolaan yang efektif dan efisien
  • mengoptimalkan pengelolaan dana dan pengembangan sistem untuk memberikan pelayanan prima secara berkelanjutan kepada peserta 
  • mengembangkan pegawai untuk mencapai kinerja optimal dan menjadi salah satu keunggulan bersaing utama perusahaan.
  • membangun kordinasi dan kemitraan yang erat dengan seluruh stakeholder untuk bersama menciptakan pelayanan kesehatan yang berkualitas

Tujuan

Tujuan Perusahaan 

Turut melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program Pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, khususnya di bidang asuransi sosial melalui penyelenggaraan asuransi/jaminan kesehatan bagi pegawai negeri sipil, penerima pensiun, veteran, perintis kemerdekaan beserta keluarganya, dan masyarakat lainnya, serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya Perseroan untuk menghasilkan jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat, guna meningkatkan nilai manfaat bagi peserta dan nilai Perseroan dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas. 
Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut diatas, Perseroan dapat melaksanakan kegiatan usaha sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan asuransi kesehatan yang bersifat menyeluruh (komprehensif) bagi Pegawai Negeri Sipil,Penerima Pensiun, Veteran dan Perintis Kemerdekanaan beserta Keluarganya.
  2. Menyelenggarakan asuransi kesehatan bagi Pegawai dan Penerima Pensiun Badan Usaha dan Badan lainnya. 
  3. Menyelenggarakan jaminan kesehatan bagi masyarakat yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar  oleh pemerintah sesuai dengan prinsip penyelenggaraan Sistem Jaminan Sosial Nasional. 
  4. Melakukan kegiatan investasi dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Manajemen Resiko (Enterprise Risk Management)

PT Askes (Persero) telah menyusun Panduan Manajemen Risiko sejak tahun 2005. Kerangka kerja Enterprise Risk Management PT Askes (Persero) mencakup :
  1. Pernyataan misi dan objektif manajemen risiko yang dirumuskan berdasarkan visi, misi, nilai-nilai, sasaran dan strategi perusahaan.
  2. Kebijakan umum manajemen risiko PT Askes (Persero) berdasarkan  ketentuan dan pedoman yang telah ada, misalnya dokumen perencanaan strategi dan pedoman Good Corporate Governance (GCG) perusahaan.
  3. Struktur, proses, dan ruang lingkup (konteks) manajemen risiko yang mencakup upaya kontekstualisasi, pengidentifikasian risiko, pengukuran risiko, pengendalian risiko, dan pemantauan pengendalian risiko, serta pihak-pihak yang terlibat di dalamnya, baik penanggung jawab maupun pelaksanaannya.
Pernyataan misi Manajemen Risiko PT. Askes (Persero) dirumuskan sebagai berikut : PT Askes (Persero) berkomitmen untuk selalu mengembangkan kesiapan perusahaan dalam mengelola seluruh bentuk risiko usaha secara terpadu dengan memberdayakan seluruh jajaran di perusahaan.

Tahapan Penerapan Manajemen Risiko
Proses manajemen risiko di PT Askes (Persero) terdiri dari lima tahapan utama, yaitu :
  1. Penetapan Konteks
  2. Identifikasi Risiko
  3. Pengukuran Risiko ( assessment )
  4. Pengendalian Risiko
  5. Pemantauan Kinerja Pengendalian dan Pelaporan Risiko
Fungsi-fungsi manajemen risiko secara komprehensif yang meliputi risiko-risiko strategis, kebijakan, operasional serta eksternalitas baik pada fungsi utama maupun fungsi pendukung secara bertahap akan diterapkan di lingkungan PT Askes (Persero). 


Sebagai langkah awal diperlukan suatu pemodelan sebagai bentuk proses pembelajaran dan kesesuaian di lingkungan. Untuk itu, sejak tahun 2006 PT Askes (Persero) telah melaksanakan pilot project penerapan Enterprise Risk Management (ERM) yang didasarkan pada proses bisnis, dengan tahap awal proses manajemen risiko difokuskan pada proses penanganan klaim ( claim handling ) pada tiga rumah sakit di tiga wilayah Kantor Cabang (RS Persahabatan-KC Jakarta Timur, RS Jantung Harapan Kita–KC Jakarta Barat, dan RSUD Tangerang–KCU Tangerang). 




Asuransi Kesehatan (ASKES) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

1 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Asuransi. Asurasi merupakan salah satu elemen penting dalam perencanaan keuangan, namun dikarenakan rendahnya kesadaran masyarakat dan mitos miring yang beredar di masyarakat seputar asuransi membuat masyarakat enggan untuk membeli produk asuransi.
    Pertanyaan yang sering muncul di masyarakat adalah, seberapa penting asuransi di dalam kehidupan? Jawabnya adalah sangat penting. Untuk mengetahui seberapa penting asuransi, Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Asuransi yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Asuransi

    ReplyDelete

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.