Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Saturday, February 28, 2015

Pengertian Definisi Operasional

Definisi Operasional adalah salah satu instrumen dari riset karena merupakan salah satu tahapan dalam proses pengumpulan data. Definisi dari operasional menjadikan konsep yang masih bersifat abstrak menjadi operasional yang memudahkan pengukuran variabel tersebut. Sebuah definisi operasional juga bisa dijadikan sebagai batasan pengertian yang dijadikan pedoman untuk melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan penelitian. 


1. WIDJONO HS
Operasional ialah batasan pengertian yang dijadikan sebagai pedoman untuk melakukan sesuatu kegiatan ataupun pekerjaan.

2. RHONDA ABRAMS & ALICE LAPLANTE
Operasional ialah aspek yang penting karena tanpanya, maka tidak ada yang bisa anda kerjakan.

3. NURSALAM
Operasional ialah definisi berdasarkan karakteristik yang diamati dari suatu yang didefinisikan tersebut.

4. HOOVER
Definisi operasional memuat identifikasi sifat-sifat sesuatu hal (variabel) sehingga dapat digunakan untuk pebelitian (observasi)

5. NANI DARMAYANTI
Definisi operasional adalah rumusan tentang ruang lingkup dan ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembahasan dan penelitian karya ilmiah

6. HUSEIN UMAR
Definisi operasional adalah penentuan suatu construct sehingga ia menjadi variable atau variabel-variabel yang dapat diukur

7. ASEP HERMAWAN
Definisi operasional ialah penjelasan bagaimana kita dapat mengukur variable. Pengukuran tersebut dapat dilakukan dengan angka - angka maupun atribut - atribut tertentu.

8. BUDI PRANATA
Operasional ialah kuantitas atau jumlah yang tidak cocok.

Pengertian Dan Definisi Operasional

Pengertian Dan Definisi Operasional :

Pengertian Definisi Operasional Tipe A adalah dapat disusun berdasarkan pada suatu operasi yang harus dilakukan, sehingga dapat menyebabkan gejala ataupun keadaan yang didefinisikan menjadi nyata maupun dapat terjadi.

Definisi operasional Tipe B adalah dapat disusun berdasarkan pada bagaimana suatu obyek tertentu yang didefinisikan dapat dioperasionalisasikan , ialah berupa apa yang dilakukannya ataupun apa yang menyusun karaktersitik-karakteristik dinamisnya.

Definisi operasional Tipe C adalah dapat disusun berdasarlam pada suatu penampakan seperti apa obyek ataupun gejala yang didefinisikan, ialah apa saja yang menyusun suatu karaktersitik-karaktersitik statisnya.

Pengertian Definisi Operasional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.