Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Friday, February 27, 2015

Ruang Lingkup Geografi Terlengkap

Ruang Lingkup Geografi. Geografi merupakan ilmu yang bertugas mengadakan penafsiran terhadap persebaran fakta, menemukan hubungan antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dan alam.


Berdasarkan pengertian geografi secara etimologi maupun batasan yang dikemukakan oleh para ahli, sebenarnya telah terlihat bahwa ruang lingkup geografi sangat luas. Mencakup segala sesuatu yang ada dipermukaan bumi dan diruang angkasa. Oleh karena itu,  geografi tidak mungkin dapat dikuasai atau dipahami dalam satu mata pelajaran saja. Itulah sebabnya dijumpai berbagai disiplin ilmu yang merupakan pendukung studi geografi.

Ruang Lingkup Geografi


Rhoad Murphey, dalam bukunya "Lingkup Geografi", mengusulkan tiga lingkup studi Geografis:
  1. Geografi mempelajari penyebaran dan hubungan manusia di permukaan bumi. Selain itu, studi-studi tentang aspek tempat tinggal manusia juga cara menggunakannya.
  2. Geografi studi hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan fisik (alam) sebagai bagian dari studi keanekaragaman daerah.
  3. Geografi penelitian kerangka regional dan analisis wilayah yang memiliki karakteristik tertentu.

Ruang Lingkup Geografi:

1). Lingkungan
Lingkungan alamiah pada suatu wilayah terdiri atas permukaan lahan itu sendiri, hidrologi permukaan air di wilayah itu, flora dan fauna yang tinggal didalamnya, lapisan tanah yang menutupi permukaan itu dan atmosfer yang terdapat diatasnya.

2). Tata ruang
Para ahli geografi fisik lebih memfokuskan pada lingkungan alamiah maka untuk geografi manusia  lebih memfokuskan pada penempatan dan penggunaan lahan oleh manusia dan inilah yang dikategorikan tata ruang. Tataruang merupakan fokus kajian bagi para ahli geografi manusia.
Pokok – pokok bahasan disiplin geografi manusia ada 5 yaitu:
  • Pola-pola titik,seperti bangunan – bangunan peternakan didaerah pertanian.
  • Pola-pola garis, khususnya jaringan transportasi
  • Pola-pola pergerakan,seperti aliran diantara berbagai jaringan, orang,barang dan informasi.
  • Variasi bentuk permukaan dalam suatu fenomena yang berkesinambungan, misalnya peta kepadatan penduduk dan peta harga tanah disuatu daerah perkotaan.
  • Penyebaran dalam tata ruang, seperti penyebaran penyakit dalam suatu jaringan pelintasan permukaan wilayah.

Menurut johnston (2000:406) terdapat 4 sub disiplin yang saling bersinggungan dan berpotongan yang mencerminkan hubungannya dengan ilmu sosial, yakni:
  • Geografi  ekonomi yang bersinggungan dan berpotongan dengan ilmu ekonomi.
  • Geografi sosial yang bersinggungan dan berpotongan dengan sosiologi
  • Geografi politik yang bersinggungan dan berpotongan dengan ilmu politik
  • Geografi kultural yang bersinggungan dan berpotongan dengan antropologi budaya

Dari  empat sub disiplin tersebut,yang pertama dan kedua adalah yang paling dominan yang lainnya lamban.
Sasarannya adalah hukum- hukum keruangan yang  berkaitan dengan aktivitas-aktivitas sosial lainnya yang didasarkan pada evaluasi kuantitatif atas hipotesis-hipotesis yang diajukan.

3.) Tempat
Tempat ialah pusat bagi geografi karena peranannya sebagai faktor pembatas dalam perkembangan manusia, serta mengingat pentingnya tempat sebagai konstruksi dunia (johnston,2000:408).

Demikianlah ulasan tentang Ruang Lingkup Geografi. Semoga bermanfaat!

Ruang Lingkup Geografi Terlengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.