Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Monday, February 9, 2015

Usaha - Usaha Kesehatan Masyarakat

Usaha kesehatan pokok yang dianjurkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai dasar pelayanan kesehatan kepada masyarakat adalah sebagai berikut :

1) Pencegahan dan pemberantasan penyakit menular
2) Kesehatan ibu dan anak
3) Hygiene dan sanitasi lingkungan
4) Pendidikan kesehatan pada masyarakat 
5) Pengumpulan data- data untuk perencanaan dan penilaian (statistik kesehatan)
6) Perawatan kesehatan masyarakat
7) Pemeriksaan, pengobatan dan perawatan.

Dalam program kesehatan nasional tercantum usaha / kegiatan kesehatan masyarakat, antara lain :

1) Pencegahan dan pemberantasan penyakit menular.

   Penyakit menular adalah penyakit infeksi yang dapat dipindahkan dari orang atau hewan sakit, dari reservoir ataupun dari agent lainnya ke manusia sehat.
   Penyakit infeksi adalah penyakit yang disebabkan oleh suatu bibit penyakit, seperti bakteri, virus, rickettsia, jamur, protozoa dan cacing.

2) Kesehatan Ibu dan Anak 

   Usaha KIA bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu-ibu secara teratur dan terus menerus dalam waktu sakit dan sehat, pada masa ante parfum, post parfum dan masa menyusui serta pemeliharaan anak-anaknya dari mulai lahir sampai masa pra sekolah.

3) Hygiene dan sanitasi lingkungan 

   Hygiene dan sanitasi lingkungan adalah pengawasan fisik, biologis sosial dan ekonomi yang mempengaruhi kesehatan masyarakat manusia, dimana lingkungan yang berguna ditingkatkan dan diperbanyak, sedangkan yagn merugikan diperbaiki atau dihilangkan.

4) Pendidikan kesehatan kepada masyarakat 

   Tujuan pendidikan kesehatan masyarakat adalah untuk membantu masyarakat agar dapat hidup sehat dengan usahanya sendiri setelah diberikan pendidikan, misalnya mandi yang teratur dan memakai sabun dapat menghindari penyakit kulit, cuci tangan sebelum makan dapat menghindari penyakit perut menular dan lain-lain.
Melalui pendidikan kesehatan diharapkan dapat menimbulkan perubahan yang baik sesuai dengan nilai-nilai kesehatan (yang tidak tahu menjadi tahu, yang salah menjadi benar) dan dapat menggerakkan masyarakat untuk aktif berperan serta untuk mencapai hidup sehat.

5) Perawatan kesehatan masyarakat 

   adalah usaha perawatan yang dijalankan dalam masyarakat pada waktu sakit maupun sehat, untuk meningkatkan derajat kesehatan, memperbaiki hygiene lingkungan, pencegahan penyakit dan rehabilitas
Usaha perawatan kesehatan lingkungan meliputi:
a) Melakukan kunjungan rumah guna mengetahui masalah kesehatan yang dihadapi oleh keluarga-keluarga dalam masyarakat kemudian membantu dan membimbing keluarga tersebut untuk menyelesaikan masalahnya
b) Pendidikan kesehatan keluarga
c) Perawatan dan pengobatan pada anggota keluarga yang sakit
d) Perawatan lanjutan atau usaha rehabilitas pada bekas penderita
e) Dalam rangka pencegahan dan pemberantasan penyakit menular, membantu menemukan penderita atau sumber penularan
f) Membantu terselenggara system penampungan (referal system) antara rumah sakit atau instansi lainnya dengan masyarakat 
g) Membantu mengumpulkan data statistik kesehatan.

6) Keluarga berencana 

   Adalah upaya manusia untuk mengatur secara sengaja kehamilan dalam keluarga secara tidak melanggar hukum dan moral Pancasila demi kesejahteraan keluarga.

7) Usaha rehabilitas

   Adalah usaha untuk membantu bekas penderita agara dapat kembali kedalam masyarakat, berfungsi bagi dirinya dan masyarakat secara maksimal sesuai kemampuannya. Keberhasilan usaha rehabilitas harus didukung oleh pengertian dan kesediaan masyarakat untuk menerima dan membantu bekas penderita.

8) Usaha Farmasi

   Adalah usaha yang berkaitan dengan tugas pemerintah dalam menyediakan obat-obat, bahan obat, perbekalan kesehatan lainnya yang bermutu dan terjangkau oleh masyarakat, termasuk juga pengaturan dan pengawasan penyimpanan, peredaran dan pemakaiannya.

9) Laboratorium 

   Laboratorium sangat berperan dalam keberhasilan usaha kesehatana. Antara lain diperlukan untuk pemeriksaan :
a) Kimia klinis, faeces, urine dan darah
b) Serologis, virologist, toksikolgis, makanan dan sebagainya
c) Mutu obat

10) Statistik Kesehatan

   Statistik kesehatan gambaran suatu keadaan yang dinyatakan dalam bentuk angka, table, grafik, diagram dan narasi. Tujuan statistik adalah untuk menilai hasil kerja yang sedang dan telah dilaksanakan, sebagai bahan untuk menyusun rencana kerja untuk yang akan datang.

11) Administrasi usaha kesehatan masyarakat

   Terdiri atas penyusunan rencana kerja, penyusunan rencana pelaksanaan, koordinasi, pengawasan, penilaian dan tata usaha. 

Usaha - Usaha Kesehatan Masyarakat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

1 komentar:

  1. Sudah saatnya kita sadar bahwa bumi hanya satu.
    Ayo gunakan dus makanan ramah lingkungan sebelum terlambat. Coba gunakan Greenpack.

    ReplyDelete

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.