Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Wednesday, March 18, 2015

Bentuk-Bentuk Muka Bumi

Bentuk-Bentuk Muka Bumi. Apabila kita mengamati bentuk muka bumi dengan teliti, tentu kita akan mendapatkan beberapa bentukan yang sangat unik dan beragam. Bentukan tersebut ada yang posisinya miring, tegak lurus, mendatar, sejajar, dan di beberapa tempat lainnya ada yang bentuknya melipat. Fenomena ini disebabkan karena bumi senantiasa berubah, yang disebabkan tenaga eksogen (luar bumi) maupun tenaga endogen (dalam bumi). Sumber tenaga tersebut secara berkelanjutan mempengaruhi bentuk permukaan bumi dan sekaligus memberi dampak seperti gempa bumi, patahan, dan sebagainya.

Proses pembentukan muka bumi membutuhkan waktu yang sangat lama. Macam-macam bentuk muka bumi yang berasal dari proses struktural dan vulkanisme secara umum dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Patahan

Batuan di muka bumi tidak semua merupakan massa yang padat dan homogen, tetapi terdapat retakan-retakan yang bermacam- macam ukurannya. 
Patahan merupakan fenomena umum yang terjadi pada batuan, terutama pada batuan yang berlapis- lapis seperti batuan sedimen. Patahan normal biasanya melalui proses lipatan yang monoklinal. Patahan ini biasanya dapat dibedakan menjadi dua bentuk, yaitu bentuk graben dan bentuk horst.

Bentuk-Bentuk Muka Bumi lipatan

  1. Graben (slenk) adalah bentuk patahan yang mengalami penurunan ke bawah, di antara dua bagian yang tinggi, dan masing-masing dari bagian tersebut dipisahkan oleh bidang-bidang patahan.
  2. Horst adalah bentuk patahan yang mengalami pengangkatan diantara dua bagian yang rendah dan masing-masing dari bagian tersebut dipisahkan oleh bidang-bidang patahan.

2. Lipatan (Fenomena Pelengkungan)

Batuan endapan pada umumnya memiliki lapisan yang mendatar. Adanya kekuatan yang mendesak lapisan batuan ke atas, menyebabkan lapisan tersebut berkembang menjadi kubah (dome)  atau dapat juga menjadi cekungan (basin) yang tidak begitu luas. Apabila tenaga endogen yang bekerja memiliki kekuatan yang hapir sama besar, maka pada umunya terbentuk lapisan tegak.
Lipatan yang umum ditemukan adalah bentuk lipatan yang terjadi akibat kekuatan yang teratur dan paralel. Lipatan mempunyai bagian punggung lipatan yang disebut antiklinal dan lembah lipata yang disebut sinklinal.
Jika poros-poros lipatan tersebut mengalami proses tekanan satu, maka akan terbentuk lipatan miring, lipatan menggantung, lipatan isoklinal, lipatan rebah, serta lipatan rebah berpindah menjadi sesar sungkup. Jika dilihat dari lapisan, lipatan batuan mempunyai bagian yang disebut strike (arah punggung lipatan) dan lip (kemiringan lapisan pada lipatan).
Keunikan lain dari proses batuan adalah bentuk lipatan yang lapisan-lapisannya menunjukkan kemiringan menurun ke segalajurusan dan berasal dari sebuah titik. Bentuk lipatan itu disebut kubah.
Kebalikan dengan bentuk kubah adalah bentuk cekungan. Bentuk cekungan merupakan depresi kemiringan lapisan-lapisan yang menurun dan menuju kesatu titik di tengah. Cekungan yang mengandung lapisan tebal ini disebut geosinklinal.


3. Vulkanisme

Vulkanisme adalah peristiwa pembentukan muka bumi yang berhubungan dengan aktifitas gunung api. Dapur magma yang terdapat di dalam bumi, memilik daya yang besar, sehingga mampu menembus lapisan bumi dan mengeluarkan material hingga ke permukaan bumi. Akan tetapi magma tidak selalu mampu keluar dari permukaan bumi. Apabila lapisan bumi mengalami pengangkatan karena dorongan magma, hingga membentuk kubah (dome) yang lebih tinggi dari dataran di sekelilingnya, bentukan ini disebut pegunugan kubah (dome mountains) .

Bentuk-Bentuk Muka Bumi vulkanisme


Hasil dari lapisan kulit bumi yang pecah dan patah disertai dengan dislokasi (perubahan posisi) dan penganglatan disebut pegunugan patahan (block mountains). Sedangkan batuan endapan yang mengalami tekanan mendatar menjadi suatu lipatan, disebut pegunungan lipatan (folded mountains).
Gabungan atau kombinasi dari beberapa peristiwa seperti pengangkatan, lipatan dan patahan akan membentuk pegunungan kompleks (complex mountains). Jika magma bergerak ke luar dari dapur magma ke permukaan melalui lubang kepundan (volcanic form).



Referensi :
IPS Terpadu Tim Abdi Guru 
SMP Kelas VII Jilid A

Sumber gambar : 
gambar 1. Wikipedia: Fault Tectonic Plates
gambar 2. Wikipedia: Volcanism

Bentuk-Bentuk Muka Bumi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.