Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Monday, March 23, 2015

Definisi Dan Sifat-Sifat Cahaya

Definisi Dan Sifat-Sifat Cahaya.Semua cahaya berasal dari sumber cahaya. Semua benda yang dapat memancarkan cahaya disebut sumber cahaya. Contoh sumber cahaya antara lain: Matahari, Bintang, Api, Lampu dan kilat. Benda-benda yang dapat ditembus cahaya disebut Benda Bening. Sedangkan benda-benda yang tidak dapat ditembus cahaya disebut benda gelap.

Sifat-sifat Cahaya

a. Cahaya merambat lurus
Cahaya dapat merambat lurus melalui:
1. Ruang hampa udara
2. Udara
3. Air jernih
4. Kaca atau benda yang tembus cahaya

b. Cahaya menembus benda bening
Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat melihat cahaya dapat menembus benda bening. Air jernih merupakan benda bening sehingga cahaya dapat menembusnya, sedangkan air keruh bukan benda bening sehingga sinar matahari tidak bisa menembusnya.

c. Cahaya dapat dipantulkan
Mata dapat melihat sesuatu benda karena benda tersebut memantulkan cahaya yang datang padanya ke lensa mata. Macam-macam pemantulan:
1. Pemantulan baur (difus), yaitu pemantulan yang menghasilkan berkas cahaya pantul yang arahnya tidak teratur.
2. Pemantulan teratur, yaitu pemantulan yang menghasilkan berkas cahaya pantul yang sejajar.

d. Cahaya dapat dibiaskan
Cahaya dapat dibiaskan jika cahaya melalui dua medium yang berbeda. Jika cahaya merambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat maka cahaya akan mendekati garis normal dan sebaliknya. Contoh peristiwa pembiasan dalam sehari-hari misalnya pensil yang dimasukan ke dalam gelas berisi air tampak patah

e. Cahaya putih terdiri dari berbagai warna
Warna-warna cahaya yang membentuk cahaya putih disebut spektrum yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Contohnya peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari adalah terbentuknya pelangi.

Definisi Dan Sifat-Sifat Cahaya

Penerapan Sifat-Sifat Cahaya

Agar benda dapat terlihat jelas, mata membutuhkan cahaya yang cukup. Orang yang mempunyai cacat mata membutuhkan kacamata agar dapat melihat dengan baik. Beberapa macam cacat mata antara lain:

a. Rabun jauh (Miopi)
Pada cacat mata rabun jauh, bayangan benda yang jauh jatuh di depan retina. Agar bayangan benda itu jatuh di retina maka diperlukan bantuan kacamata berlensa cekung.

b. Rabun dekat (Hipermetropi)
Pada cacat mata rabun dekat, bayangan benda yang jauh jatuh di belakang retina. Agar bayangan benda itu jatuh tepat di retina maka diperlukan bantuan kacamata berlensa embung.

c. Cacat mata tua (Presbiopi)
Cacat mata tua disebabkan karena berkurangnnya daya akomodasi mata sehingga mata tidak bisa melihat benda yang jatuh dan dekat. Orang yang menderita cacat matatua dapat ditolong menggunakan kacamata berlensa rangkap (silinder).

Demikianlah penjelasan tentang Definisi Dan Sifat-Sifat Cahaya. Semoga bermanfaat!

Referensi:
Legowo, dkk. 2005. Fokus Sains. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sumber gambar:
commons.wikimedia: Light

Definisi Dan Sifat-Sifat Cahaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.