Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Thursday, March 19, 2015

Definisi dan Sifat-Sifat Gaya

A. Definisi Gaya
Gaya adalah suatu tarikan atau dorongan. Besar kecilnya gaya dapat diukur oleh sebuah alat yaitu dinamometer. Satuan gaya yaitu Newton (N), Kgf (Kilogram gaya), dan dyne.

B. Sifat-Sifat Gaya

  1. Gaya Menyebabkan Benda Bergerak. Kegiatan-kegiatan yaitu mendorong dan menarik merupakan cara bekerjanya gaya terhadap benda. Saat orang mendorong mobil mogok atau menendang bola, berarti orang tersebut sedang memberikan gaya dorong pada mobil atau bola. Saat kita menarik gerobak atau melakukan permainan tarik tambang, berarti kita sedang memberikan gaya tarik pada gerobak dan tali tambang.
  2. Gaya Menyebebkan Perubahan Bentuk. Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu memberikan gaya pada benda. Pernahkah kamu melihat mobil tabrakan? Mengapa mobil tabrakan menjadi rusak? Mobil bisa menjadi berubah bentuknya karena gaya yang diberikan pada benda melebihi kekuatan gaya dapat mengubah bentuk benda. Perubahan bentuk juga terjadi pada kegiatan-kegiatan berikut:
  • Membuat asbak dari tanah liat atau platisin 
  • Memecahkan celengan 
  • Karet gelang yang terbentuk lingkaran jika ditarik maka bentuknya menjadi berbeda.
C. Faktor yang mempengaruhi gaya
Besar kecilnya gaya yang bekerja pada suatu benda dipengaruhi oleh:

  1. Kekuatan gaya itu sendiri, misalnya saat kita memberikan gaya otot untuk merentangkan ketapel maka semakin besar gaya otot yang kita berikan akan semakin jauh lemparan batu pada ketapel tersebut.
  2. Gaya  gravitasi (gaya tarik bumi), Jika kita melempar benda ke atas maka kecepatan jatuh benda tersebut akan lebih cepat jika mendekati bumi karena pengaruh gaya gravitasi bumi. Semakin jauh dari bumi maka gaya gravitasi semakin berkurang dan sebaliknya jika lebih dekat ke bumi gaya gravitasi semakin besar.
  3. Gaya gesek, Semakin halus permukaan semakin kecil gaya geseknyadan semakin kasar permukaan, gaya geseknya semakin besar. Gaya gesek dipengaruhi oleh faktor kehalusan dan kekerasan permukaan benda.
Definisi dan Sifat-Sifat Gaya

Demikianlah Definisi dan Sifat-Sifat Gaya. Semoga bermanfaat!

Referensi:
Sulistyanto, Heri, Edy, Wiyono, 2008. Ilmu Pengetahuan Alam
Jakarta: Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Sumber gambar:
Wikipedia: Gravitation

Definisi dan Sifat-Sifat Gaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.