Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Sunday, March 29, 2015

Gangguan dan Kelainan Pada Sistem Saraf dan Alat Indra

Sistem saraf dan alat indra manusia memegang peran penting dalam aktivitas kehidupan manusia. Oleh karena itu, jika sistem saraf dan alat indra terganggu, keseluruhan kerja faal tubuh pun terganggu. Beberapa Gangguan dan Kelainan Pada Sistem Saraf dan Alat Indra adalah sebagai berikut:

1. Amanesia

Amnesia adalah suatu kondisi di mana ingatan si penderita terganggu. Amnesia dapat terjadi karena kerusakan otak yang disebabkan benturan maupun karena suatu penyakit. Amnesia juga terjadi karena penderita mengalami guncangan batin atau trauma.

2. Epilepsi

Epilepsi adalah penyakit yang disebabkan oleh aktivitas saraf yang menyebabkan serangan epileptik. Epilepsi disebabkan oleh aktivitas listrik pada neuron di otak. Tidak semua epilepsi berlangsung seumur hidup. Beberapa jenis epilepsi hanya terjadi pada beberapa tahap di masa kecil.

3. Gangguan Akomodasi Mata

Bagi orang bermata normal, benda jauh maupun dekat dapat dilihat dengan jelas, karena daya akomodasi lensa mata normal. Mata normal disebut emetropi. Daya akomodasi mata yang tidak normal menyebabkan gangguan penglihatan, karena bayangan benda tidak jatuh tepat pada bintik kuning dalam retina.

Gangguan dan Kelainan Pada Sistem Saraf dan Alat Indra


Beberapa gangguan penglihatan yang diakibatkan oleh daya akomodasi yang tidak normal antara lain rabun jauh (miopi), rabun dekat (hipermetropi), dan mata tua (prebiopi)


4. Kekurangan Vitamin A

Kekurangan vitamin A  (avitaminosis A), menyebabkan gangguan penglihatan secara bertahap. Mula-mula penderita akan mengalami rabun senja. Penderita rabun senja tidak dapat mengamati benda dengan jelas pada saat senja. Jika rabun senja tidak segera diobati, pada kornea mata penderita muncul bintik-bintik putih. Selanjutnya, kornea mata akan mengering dan akhirnya akan mengalami kebutaan bola mata pecah. Keadaan kornea mata yang mengering ini disebut dengan xeroftalmia. Untuk mencegah nya kita cukup makan makanan yang mengandung vitamin A.

5. Buta Warna

Buta warna adalah gangguan penglihatan di mana seseorang tidak dapat membedakan warna. Buta warna dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu buta warna total dan buta warna sebagian. Buta warna total adalah jika seseorang tidak dapat membedakan warna dan hanya melihat warna hitam dan putih. Buta warna sebagian adalah jika seseorang tidak dapat membedakan warna tertentu. 

6. Mata Juling

Kelainan otot penggerak bola mata kanan dan kiri yang tidak serasi dapat menyebabkan mata juling. Mata juling dapat diperbaiki dengan cara operasi.

7. Gangguan pada Telinga

Gangguan pada telinga dapat terjadi baik pada telinga bagian luar maupun bagian dalam. Gangguan telinga bagian lura dapat disebabkan oleh kerusakan jaringan tulang rawan pada telinga, misalnya karena terkena benda tajam. Gangguan pada telinga tengah dapat disebabkan oleh masuknya benda tajam ke dalam telinga. Gangguan telinga dalam dapat disebabkan karena mendengar suara yang sangat bising dalam jangka waktu lama. Selain itu juga dapat disebabkan karena mengkonsumsi obat-obatan.


Demikianlah penjelasan tentang Gangguan dan Kelainan Pada Sistem Saraf dan Alat Indra. Semoga bermanfaat!

Referensi:
Istamar Syamsuri, dkk. 2006. IPA Biologi SMP Kelas IX

Sumber gambar:
Wikipedia: Miopi

Gangguan dan Kelainan Pada Sistem Saraf dan Alat Indra Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.