Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Wednesday, March 25, 2015

Gangguan Pada Ginjal

Gangguan Pada Ginjal. Kelainan pada ginjal dapat mengganggu fungsi sistem ereksi. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh kelainan ginjal antara lain sebagai berikut:

a. Nefritis

Nefritis terjadi karena oleh bakteri Streptococcus pada nefron. Bakteri ini masuk melalui saluran pernafasan, kemudian dibawa oleh darah ke ginjal. Akibat infeksi ini, protein dan sel-sel darah akan keluar bersama urin. Selain itu, kadar urea dalam darah menjadi tinggi sehingga penyerapan air terganggu. Akibatnya, air akan tertimbun di kaki (kaki penderita bengkak).

b. Diabetes Melitus

Diabetes melitus (Kencing Manis) terjadi karena kadar hormon insulin dalam tubuh sangat rendah sehingga proses pengubahan glukosa menjadi glikogen terganggu. Akibatnya, kadar glukosa dalam darah tinggi dan tidak mampu diserap kembali di tubulus sehingga akan diekskeriskan bersama urin.

c. Diabetes Insipidus

Diabetes insipidus terjadi karena di dalam tubuh kekurangan hormon antidiuretik, sehingga volume urin yag dihasilkan dapat mencapai 30 kali volume urin normal. Akibatnya, penderita sering buang air kecil.

d. Albuminuria

Penyakit ini disebabkan kegagalan proses penyaringan protein, sehingga urin mengandung protein.
Gangguan Pada Ginjal

e. Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal terjadi karena terdapat endapan senyawa kalsium dan penumpukan asam urat di dalam rongga ginjal atau kandung kemih. Kurang minum atau sering menahan kencing dapat menyebabkan nya batu ginjal.

f. Anuria

Anuria adalah kegagalan ginjal karena kerusakan di glomerulus sehingga urin yang dihasilkan oleh penderita.


Demikianlah penjelasan tentang Gangguan Pada Ginjal. Semoga bermanfaat!

Referensi:
Istamar Syamsuri, dkk. Ipa Bilogi. Penerbit Erlangga

Sumber gambar:
Wikipedia: Albuminuria

Gangguan Pada Ginjal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.