Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Thursday, March 26, 2015

HIV/AIDS

Penyakit Menular Seksual HIV/AIDS

AIDS adalah singkatan dari acquired immune deficiency syndrome. Penyakit ini adalah kumpulan gejala akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh yang terjadi karena seseorang terinfeksi HIV.
HIV adalah singkatan dari hhuman immunodefiency virus. Orang yang terinfeksi oleh virus ini tidak dapat mengatasi serangan infeksi penyakit lain karena sistem kekebalan tubuhnya menurun terus secara drastis. AIDS termasuk Penyakit Menular Seksual, karena salah satu cara penularannya adalah melalui hubungan seksual dengan orang yang telah terinfeksi HIV.

a. Cara Penularan HIV

HIV terdapat pada seluruh cairan tubuh penderita AIDS, tetapi yang dapat ditularkan hanya pada sperma (air mani), darah, dan cairan vagina.
Penularan HIV terjadi melalui cara sebagai berikut:
  1. Berganti-ganti pasangan seksual, atau berhubungan seksual dengan orang yang positif terinfeksi HIV.
  2. Memakai jarum suntik bekas orang yang terinfeksi HIV.
  3. Menerima transfusi darah yang tercemar HIV.
  4. Ibu hamil yang terinfeksi HIV akan menularkannya ke bayi dalam kandungannya.

b. Tanda dan Gejala HIV/AIDS

Awalnya, penyakit ini tidak memperlihatkan gejala-gejala khusus. Beberapa minggu sesudah terinfeksi, penderita akan sering menderita penyakit ringan seperti flu atau diare. Secara fisik, penderita tampak sehat; selama 3-4 tahun penderita tidak memperlihatkan gejala yang khas. Pada tahun k-5 atau ke-6,  mulai timbul diare berulang, penurunan berat badan secara drastis mendadak, sering sariawan di mulut, dan terjadi pembengkakan di daerah kelenjar getah bening. Penderita akhirnya meninggal karena kekebalan tubuhnya sangat rendah sehingga mudah terserang oleh berbagai macam kuman penyakit.

HIV/AIDS

c. Cara Menghindari HIV/AIDS

Untuk menghindari terkena HIV/AIDS, caranya antara lain sebagai berikut:
  1. Tidak berganti-ganti pasangan dan menghindari hubungan seksual di luar nikah
  2. Sedapat mungkin menghindari transfusi dara yang tak jelas asalnya
  3. Menggunakan alat-alat medis dan nonmedis yang terjamin kebersihannya / steril

d. Pengobatan HIV/AIDS

Sampai sekarang, belum ditemukan cara pengobatan HIV/AIDS yang tuntas. Saat ini, yang ada hanyalah menolong penderita untuk mempertahakan tingkat kesehatan tubuhnya.
Kamu telah mempelajari penyakit HIV/AIDS dan PMS (Penyakit Menular Seksual) lainnya. Untuk itu kamu harus berusaha agar tidak tertular penyakit mematikan ini. Cara pencegahan yang paling tepat untuk remaja adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual diluar nikah.

Baca juga >> Gangguan Pada Ginjal

Demikianlah Medrec07 menjelaskan tentang HIV/AIDS.  Semoga bermanfaat!

Referensi: 
Istamar Syamsuri, dkk. IPA BIOLOGI untuk SMP Kelas IX.

Sumber gambar:
Wikimedia: HIV/AIDS

HIV/AIDS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.