Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Friday, March 20, 2015

Pengertian dan Contoh Naskah Pidato

Pengertian Pidato. Pidato adalah penyajian penjelasan lisan kepada suatu kelompok orang-orang tertentu. Berpidato merupakan kegiatan menyampaikan gagasan kepada banyak orang di depan umum. Biasanya seseorang berpidato dengan cara dan gayanya sendiri sesuai kemampuannya dan situasi saat ia hendak berpidato. Berdasarkan hal itu, metode ata cara dalam berpidato yaitu sebagai berikut:
  1. Metode serta merta, yaitu seseorang yang berpidato sesuai dengan pengetahuan dan kemahirannya.
  2. Metode menghafal, Seseorang menghafal teks yang telah dipersiapkannya.
  3. Metode naskah, seseorang membaca naskah dan ini biasanya pada situasi yang bersifat resmi
  4. Metode ekstemporen, yaitu sebelum berpidato seseorang menyiapkan catatan kecil mengenai apa yang akan ia sampaikan pada saat berpidato.
Dalam berpidato biasanya seseorang membutuhkan persiapan agar tampil dengan baik di depan umum. Oleh karena itu, beberapa perlu diperhatikan langkah-langkah untuk mempersiapkan diri untuk berpidato diantaranya:
  1. Menentukan topik yang akan di bicarakan. Tema disesuaikan dengan peristiwa yang melatar belakangi pidato. Misalnya, untuk acara perpisahan, kamu bisa menyampaikan tema :Berterima kasih kepada Bapak-bapak/Ibu-ibu Guru. Dalam acara ulang tahun, kamu mengucapkan terima kasih atas kehadiran teman-temanmu.
  2. mendaftar pokok-pokok isi yang akan disampaikan dalam pidato.
  3. Menentukan tujuan pidato. Tujuan pidato bermacam-macam, misalnya untuk mengemukakan atau menyampaikan sesuatu, menghibur, menjelaskan sesuatu atau mempengaruhi pendengar
  4. Menyusun kerangka pidato. Kerangka pidato terdiri atas pendahuluan, isi dan penutup.
  5. Mengembangkan kerangka pidato menjadi naskah pidato
  6. Melatih diri untuk menyajikan pidato dengan baik
Baca juga >> Sastra (Prosa)

Menulis Naskah Pidato

Menulis naskah pidato memerlukan langkah-langkah yang tepat. Hal ini bertujuan agar pidato yang kita sampaikan sesuai dan dapat disampaikan dengan baik pula. Berikut langkah-langkah dalam menulis pidato yaitu:
  • Bagian pembuka. Bagian pembuka berisi kata pengantar atau salam pembuka.
  • Kata pengantar. Berisi tentang sapaan kepada peserta dengan salam hormat, memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan.
  • Bagian isi. Berisi tentang ucapan terima kasih, permintaan maaf bila ada kekurangan dalam penyelenggaraan acara.
  • Bagian penutup. Berisi terima kasih atas terselnggaranya acara, ucapan maaf bila ada salah satu kesalahan saat pidato, mengucapkan kalimat.
Pengertian Pidato

Contoh Naskah Pidato

Pidato Perpisahan Sekolah

Assalamualaikum wr. wb
Salam sejahtera bagi kita semua.
          Kepada yang terhormat, Bapak Seno Gusta Pratama, selaku kepala sekolah SDN 07 Palembang. Kepada yang terhormat Bapak Ibu wali murid kels 6, guru lainnya beserta staff SDN 07 Palembang dan kepada teman-teman, serta adik-adik kelas SDN 07 Palembang yang saya sayangi.
          Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan karunia-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di acara perpisahan anak kelas 6 SDN 07 Palembang ini, dalam keadaan sehat dan sejahtera.
          Saya di sini sebagai wakil dari teman-teman saya kelas 6, ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Ibu guru yang telah membimbing kami selama ini. Memberikan ilmu dan mengajar kami dengan sabar, sehingga kami menjadi pintar dan lulus dengan prestasi yang membanggakan. Itu semua berkat bimbingan Bapak Ibu guru semua. Kami berharap semoga adik-adik kami lebih rajin belajar agar dapat mengahrumkan nama SDN 07 Palembang yang kita cintai ini.
          Kami juga minta maaf kepada Bapak Ibu guru, karyawan dan adik-adik semua, jika selama saya belajar di SDN 07 Palembang ini, banyak melakukan kesalahan, baik yang kami sengaja maupun tidak kami sengaja.
          Terakhir, kami berharap SDN 07 Palembang lebih maju lagi setelah kami lulus dari sekolah ini. Apabila ada kata-kata yang salah, saya mohon maaf. Akhir kata, Wassalamualaikum wr. wb

Demikianlah Pengertian Pidato. Semoga bermanfaat!

Referensi:
Nur'aini, Umri dan Indriyanti. 2008. Bahasa Indonesia. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sumber gambar:
commons.wikipedia: Speech

Pengertian dan Contoh Naskah Pidato Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.