Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Monday, March 2, 2015

Pengertian Dan Definisi Sosiologi

Secara etimologis, sosiologi berasal dari bahasa latin dan yunani. Bahasa latin "socius" yang berarti teman, kawan, atau masyarakat. Bahasa yunani "logos" yang memiliki arti ilmu pengetahuan.
berdasarkan uraian diatas kita dapat menyimpulkan bahwa sosiologi dapat dimaknai sebagi ilmu yang mengkaji atau mempelajari tentang masyarakat.

Definisi sosiologi menurut para ahli :

1. Gustav Ratzenhofer
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang kaitan dengan manusia dengan kewajibannya untuk menyelidiki dasar dan terjadinya evolusi sosial serta kemakmuran umum bagi kelompoknya.

2.Emile Durkheim
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta – fakta sosial, merupakan fakta - fakta yang berisikan prilaku, berpikir, dan berperasaan yang ada di luar individu.

3. Pitirim A. Sorokin
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kaitan dan pengaruh antar timbal balik dengan aneka macam gejala – gejala sosial, hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dan non-sosial, dan ciri-ciri umum dari semua jenis gejala-gejala sosial.

4.Joseph Roucek dan Warren
Sosiologi adalah sesuatu ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia di dalam anggotanya.

5. Soerjono Soekanto
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari masyarakat dalam keseluruhannya dan hubungan-hubungan antara orang-orang dalam masyarakat.

6. Hasan Shadily
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hidup bersama dalam masyarakat dan mengawasi hubungan antar manusia yang menguasai kehidupan itu.

7. Paul B. Horton
Sosiologi adalah ilmu yang memfokuskan pemahaman pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.

8. Allan Jhonson
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, diutamakan dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut mempengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya mempengaruhi sistem tersebut.

9. M. Sitorus
Sosiologi adalah ilmu yang mengkaji interaksi manusia dengan manusia lain dalam kelompok (seperti keluarga, kelas sosial, masyarakat) dan produk-produk yang timbul dari interaksi tersebut seperti nilai, norma, serta kebiasaan-kebiasaan yang dianut oleh kelompok-kelompok atau masyarakat tersebut.

10. J.L.Gilin dan J.V.Gilin
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi yang timbal balik dalam masyarakat , kenyataan – kenyataan yang ada dalam kehidupan kelompok.

11. MR.J.Bieren de haan
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan hidup atau ilmu yang mempelajari masyarakat dari pergaulan suatu kelompok.

12. Georg Simmel
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari ilmu pengetahuan analitis yang abstrak di antara semua ilmu pengetahuan Kemasyarakatan.



Meskipun banyak definisi tentang sosiologi yang dikemukakan para ahli, namun secara garis besar definisi tersebut memiliki beberapa kesamaan dalam tujuan pembahasan sosiologi, yaitu membahas aspek sebagai berikut:
  • kehidupan masyarakat.
  • perkembangan masyarakat dengan segala aspeknya.
  • hubungan antar manusia.


Pengertian Dan Definisi Sosiologi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.