Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Wednesday, March 25, 2015

Pengertian dan Jenis-Jenis Uang

Pengertian dan jenis-jenis Uang. Pada zaman sekarang kebutuhan manusia semakin banyak dan beraneka ragam. Setiap orang bekerja keras untuk mendapatkan uang. Uang dapat memenuhi berbagai kebutuhan manusia baik berupa barang (benda) maupun jasa. Semakin banyak seseorang memiliki uang, semakin besar kemungkinan ia mampu memenuhi kebutuhan hidupnya.

Uang dalam perekonomian suatu negara besar pengaruhnya dalam menentukan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Definisi uang menurut Ensiklopedia Indonesia (1984) adalah segala sesuatu yang biasanya digunakan dan diterima secara umum sebagai alat penukar atau standar pengukuran nilai, standar daya beli, standar utang, dan garansi (jaminan) menanggung utang. Dengan kata lain, Pengertian Uang adalah barang yang mempunyai sifat-sifat tertentu dan fungsinya untuk mempermudah tukar-menukar. Dan yang terakhir adalah definisi uang menurut hukum yaitu, uang adalah suatu benda atau alat yang digunakan untuk membayar atau biasa di sebut dengan alat pembayaran yang sah serta secara fungsional uang merupakan suatu benda yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran atau penukaran dengan barang atau jasa sesuai dengan satuan hitung untuk menyatakan nilai.
Oleh karena itu, pada zaman sekarang ini, uang memiliki peran yang sangat penting, karena hampir semua aktivitas manusia terkait dengan uang. Uang tersebut digunakan untuk perantara tukar-menukar sehingga seseorang dapat memperoleh segala yang dibutuhkannya dengan uang

Pengertian Uang Menurut Para Ahli

1. Menurut Albert Gailort Hart 
Dalam bukunya yang berjudul Money Debt and economic Activity menyebutkan bahwa definisi uang adalah merupakan suatu kekayaan yang dimiliki oleh seseorang atau jumlah tertentu pada waktu tertentu pula yang digunakan untuk melunasi utang.

2. Menurut A.C Pigou
Dalam bukunya yang berjudul The Vell Of Money mengatakan bahwa uang merupakan sesuatu yang umum untuk di gunakan sebagai alat tukar.

3. Menurut H.Robertson 
Mengatakan bahwa uang merupakan segala sesuatu yang umum diterima dalam pembayaran barang maupun jasa dalam bukunya yang berjdul Money.

4. Menurut Rollin G.Thomas 
Dalam bukunya yang berjudul Our Modern Banking and Monetary System mengatakan bahwa uang merupakan sesuatu yang tersedia serta umumnya digunakan sebagai alat pembayaran jasa dan barang serta sebagai pelunasan hutang.

5. Menurut Walker 
Bahwa uang adalah uang yang berarti uang adalah semua hal yang di lakukan oleh uang tersebut. Dia berkata bahwa "Money is what money does" yang berarti bahwa uang adalah semua hal yang dapat di lakukan oleh uang itu karena fungsinya sebagai uang bukan fungsi yang lain-lain.

Jenis-Jenis Uang

Uang yang beredar di masyarakat dapat dibedakan dalam dua jenis, yaitu uang kartal dan uang giral.

1. Uang Kartal
Uang kartal ialah uang yang dikeluarkan oleh pemerintah atau bank sirkulasi. Uang kartal memiliki fungsi sebagai alat pembayaran yang sah berdasarkan undang-undang. Uang kartal dibedakan menjadi dua, yaitu uang negara dan uang bank.
a. Uang negara (uang pemerintah) berupa uang kertas dan uag logam. Sejak tahun 1968, uang negara sudah tidak beredar lagi.
b. Uang bank adalah uang yang dikeluarkan bank sirkulasi atau bank peredaran. Bank ini memperoleh wewenang untuk mencetak uang dari pemerintah. Bank sirkulasi di Indonesia yang mendapat wewenang mencetak uang adalah Bank Indonesia.

2. Uang Giral
Uang giral adalah tagihan atau rekening pada suatu bank yang sewaktu-waktu dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah dengan perantara cek, giro, dan perintah pembayaran telegraphic transfer (pemindahan bukuan antar bank melalui telegram).
a. cek adalah perintah tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening di bank.
b. giro adalah surat perintah dari seseorang yang mempunyai rekening di bank agar bank memindahkan sebagian rekeningnya kepada pihak yang dibayar.
c. telegraphic transfer adalah perintah memindahkan bukuan dari bank yang satu ke bank yang lain melalui telegram.


Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Uang. Semoga bermanfaat!

Referensi: 
Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga. Ips Terpadu

Sumber gambar:
Pixabay: Money

Pengertian dan Jenis-Jenis Uang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.