Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Tuesday, March 17, 2015

Pengertian Negara dan Menurut Para Ahli

Pengertian Negara dan Menurut Para Ahli. Negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang lebih dikenal dengan Nusantara artinya negara yang berada diantara dua benua Asia dan Benua Australia, dan dua samudera, yaitu Samudera Indonesia dan Samudera Pasifik. Sebagai sebuah negara kepulauan, setiap warga negara mempunyai kewajiban untuk mempertahankan keutuhannya. Untuk mempertahankan keutuhan negara, kita bisa mempunyai cara tersendiri. Tentara Nasional dan Polisi bertugas menjaga dan keamanan dan ketertiban, sedangkan warga negara yang lain bisa menjaga dan membela negara dengan berusaha membangun dengan caranya sendiri-sendiri. Misalnya, sebagai pelajar kita harus rajin dalam belajar.

Pengertian Negara

Sebagai makhluk yang selalu berdampingan. Manusia membentuk persekutuan sosial. Ada banyak persekutuan sosial diantaranya adalah Nagara. Negara terbentuk karena kebutuhan dan keinginan kodrati manusia. Dalam negara, manusia harus harus dihargai dan mertabatnya dijunjung tinggi. Sebagai kegiatan yang dilaksanakan oleh negara membantu manusia menjadi lebih bermatanat, artinya, pribadi manusia pribadi manusia itu lebih dihargai dan dijunjung tinggi.

Negara ada untuk membantu manusia mewujudkan tujuan dan cita-citanya. Penyelenggaraan negara harus membawa manfaat bagi manusia. Tugas negara adalah bertanggung jawab atas kepentingan bersama warganya. Negara harus melindungi hak-hak warganya dan menetapkan kewajiban-kewajibannya sebagai warga negara. Ia juga harus menciptakan kehidupan bersama yang dilandasi oleh semangat cinta kasih, keadilan, dan perdamaian. Mengapa manusia butuh ketenteraman, kedamaian dan berkumpul.


Agar kita dapat memahami apakah sesungguhnya negara itu, maka kita perlu menelusuri istilah negara itu. Dalam bahasa Inggris negara disebut state, dalam bahasa Belanda disebut staat, dan dalam bahasa Perancis disebut etat. Kata state, staat, dan etat berasal dari bahasa Latin status atau stacum, yang berarti keadaan yang tegak dan tetap atau sesuatu yang memiliki sifat-sifat yang tegak dan tetap.

Ada banyak ahli mendefinisikan Negara. Definisi yang mereka berikan sangat bervariasi. Berikut ini definisi para ahli tentang negara.

Pengertian dan Definisi Negara

Pengertian Negara Menurut Para Ahli:

1. Harold J. Laski
Menurut pendapatnya, negara adalah suatu masyarakat yang dipadukan karena mempunyai wewenang yang bersifat memaksa dan yang secara fisik lebih agung daripada individu atau kelompok dalam masyarakat.

2. Max Weber
Negara adalah suatu masyarakat yang mempunyai monopoli dalam menggunakan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah.

3. Robert M. Mac  Iver 
Negara adalah perkumpulan yang menyelenggarakan penertiban dalam suatu masyarakat tertentu dengan berdasarkan sistem hukum, dan untuk maksud tersebut negara diberikan kekuasaan memaksa.

4. Karl Marx
Negara adalah suatu kekuasaan bagi manusia (penguasa) untuk menindas manusia yang lain.

5. H.J. Laski
Negara adalah suatu masyarakat yang diintergrasikan karena mempunyai wewenang yang bersifat memaksa dan secara sah. lebih agung daripada individu atau kelompok yang merupakan bagian dari masyarakat itu.

6. Prof. Mr. Soenarko
Negara adalah suatu organisasi masyarakat yang mempunyai daerah tertentu di mana kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai kedaulatan (souvereign).

7. Prof. Miriam Budiardjo
Negara adalah organisasi yang dalam suatu wilayah dapat memaksakan kekuasaannya secara sah terhadap semua golongan kekuasaan lainnya dan yang dapat menetapkan tujuan-tujuan dari kehidupan bersama itu.

Unsur-Unsur Negara

Unsur-unsur suatu negara itu meliputi berikut ini.
a. Rakyat
Rakyat merupakan semua orang mendiami wilayah suatu negara. Rakyat adalah unsur yang terpenting dalam negara karena rakyat yang mendirikan dan membentuk suatu negara. Rakyat terdiri atas penduduk dan bukan penduduk.
Penduduk, yaitu semua orang yang tinggal dan menetap dalam suatu negara. Mereka lahir secara turun-temurun dan besar di dalam suatu negara.
Bukan penduduk adalah orang yang tinggal sementara di suatu negara. Misalnya, turis mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.
Penduduk dapat dibedakan menjadi warga negara dan orang asing. Warga negara adalah semua orang yang menurut undang-undang diakui sebagai warga negara. Sebaliknya, orang asing atau warga negara asing adalah orang yang mendapat izin tinggal di suatu negara, bukan sebagai duta besar, konsul, dan konsuler.

b. Wilayah
Wilayah merupakan tempat tinggal rakyat di suatu negara dan merupakan tempat menyelenggarakan pemerintahan yang sah. Wilayah suatu negara terdiri atas daratan, lautan, dan udara. Wilayah suatu negara berbatasan dengan wilayah negara lainnya. Batas-batas wilayah negara dapat berupa bentang alam contohnya sungai, danau, pegunungan, lembah, laut; batas buatan contohnya pagar tembok, pagar kawat berduri, patok; batas menurut ilmu pasti berdasarkan garis lintang, garis bujur.

c. Pemerintahan yang Sah
Pemerintahan yang sah dan berdaulat ialah pemerintahan yang dibentuk oleh rakyat dan mempunyai kekuasaan tertinggi. Pemerintahan yang sah juga dihormati dan ditaati oleh seluruh rakyat serta pemerintahan negara lain.

d. Pengakuan dari Negara Lain
Negara yang baru merdeka memerlukan pengakuan dari negara lain karena menyangkut keberadaan suatu negara. Apabila negara merdeka tidak diakui oleh negara lain maka negara tersebut akan sulit untuk menjalin hubungan dengan negara lain. Pengakuan dari negara yang lain ada yang bersifat de facto dan ada yang bersifat de jure.
Pengakuan de facto, artinya pengakuan tentang kenyataan adanya suatu negara merdeka. Pengakuan seperti ini belum bersifat resmi.
Sebaliknya, pengakuan de jure, artinya pengakuan secara resmi berdasarkan hukum oleh negara lain sehingga terjadi hubungan ekonomi, sosial, budaya, dan diplomatik.

Demikianlah ulasan tentang Pengertian Negara dan Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat!

Referensi :
Pendidikan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas IX
Saronji & Asy'ari

Pengertian Negara dan Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.