Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Tuesday, March 17, 2015

Pengertian Otonomi Daerah

Apakah Otonomi Daerah Itu?

Sebuah keluarga biasanya terdiri dari ayah, ibu dan anak-anak. Dalam sebuah keluarga ada orang yang menjadi pemimpin keluarga, seorang bapak memiliki kekuasaan untuk mengatur keluarganya, meskipun kadang-kadang bapak melibatkan ibu dan anak-anak dalam membuat peraturan atau kegiatan keluarga.
Sejak kecik pasti kalian telah diatur oleh orang tua kalian, bukan? Kalian masih diatur oleh orang tua karena belum dianggap dewasa untuk membuat pilihan sendiri. 
Kemandirian  bisa tampak pada kegiatan kalian dikamar, kalian sudah bisa mengatur kamarmu sendiri, bebas menghias kamar sesuai dengan selera kalian, karena kamar merupakan wilayah pribadi kalian. Walaupun demikian, orang tua masih mempunyai kewenangan untuk mengontrol kamarmu, apakah sudah diatur dengan baik atau belum. Dengan demikian kalian tidak bisa berlaku sebebas mungkin tetapi masih harus mendapat pengontrolan dari orang tuamu.
Dari penjelasan diatas, kita bisa memahami lebih jauh tentang apa itu otonomi daerah. 

Baca juga >>Pengertian HAM 

Otonomi Daerah  berarti kekuasaan mengatur diri sendiri sesuai dengan aturan yang berlaku. Oleh karean itu, Otonomi sesungguhnya ialah kemandirian atau kebebasan untuk mengatur diri sendiri.
Sejak zaman reformasi, otonomi daerah menjadi salah satu tema yang dibahas dalam pengaturan negara kita. Munculnya ide otonomi daerah ini berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat dalam mengatur negara. Ide otonomi daerah ini kemudian dikukuhkan dalam Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Pasal 1 ayat 5 dan 6 menegaskan bahwa Otonomi Daerah adalah hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Pengertian Otonomi Daerah
Jembatan AMPERA Palembang

Sedangkan yang di maksud dengan Daerah Otonom adalah kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas-batas wilayah yang berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Dengan adanya otonomi daerah, maka daerah tersebut harus bisa mengatur dirinya sendiri dan tidak lagi bergantung pada pemerintahan pusat. Meskipun demikian, daerah tetap harus memperhatikan aspirasi masyarakat dan peraturan perundang-undangan yang ada. Peraturan daerah tidak boleh bertentangan dengan keinginan masyarakat dan tidak boleh melanggar peraturan yang lebih tinggi, yaitu UUD 1945 atau peraturan lain yang kedudukannya lebih tinggi dari perda.

Demikian Penjelsan tentang Pengertian Otonomi Daerah. Semoga bermanfaat!

Referensi :
Pendidikan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas IX
Saronji & Asy'ari

Pengertian Otonomi Daerah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.