Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Thursday, March 19, 2015

Pengertian Prasejarah atau Praaksara

Bumi merupakan planet tempat tinggal manusia dan makhluk hidup lainnya yang diperkirakan telah berusia sekitar 2.500 juta tahun. Perkembangan bumi dapat diketahui melalui ilmu geologi, yakni mengenai komposisi, proses dan sejarah pembentukan muka bumi serta strukturnya. 

Arkeozoikum adalah zaman tertua (zaman awal atau permulaan) dalam sejarah perkembangan bumi yang berlangsung kira-kira 2.500 juta tahun yang lalu. Pada masa ini, keadaan bumi masih belum stabil, kulit bumi masih dalam proses pembentukan, dan udara saat itu masih sangat panas sehingga belum tampak tanda-tanda kehidupan.

Paleozoikum merupakan zaman primer kelanjutan dari Arkeozoikum dan diperkirakan berlangsung sekitar 340 juta tahun yang lalu. Pada masa ini, terjadi penurunan suhu yang mengakibatkan bumi lambat laun menjadi dingin serta adanya tanda-tanda kehidupan yang semakin jelas, yakni dengan munculnya makhluk bersel satu seperti bakteri dan sejenis amfibi. 

Baca juga >> Jenis-jenis Batuan

Mesozoikum disebut pula dengan zaman sekunder atau zaman reptil yang berlangsung kira-kira 140 juta tahun yang lalu. Pada masa ini, terjadi terjadi pertumbuhan kedua dalam tingkat kehidupan makhluk hidup, kemudian muncul pula reptil raksasa (Dinosaurus) dan Atlantosaurus serta jenis burung dan binatang menyui tingkat rendah.

zaman dinosaurus

Neozoikum atau Kainozoikum diperkirakan berusia sekita 60 juta tahun yang lalu. Pada masa ini, keadaan bumi sudah mulai stabil dan kehidupan semakin berkembang dan beraneka ragam. Pembagian zaman neozoikum antara lain sebagai berikut:

1. Zaman tersier (zaman ketiga), jenis-jenis binatang besar mulai berkurang dan telah hidup dari jenis-jenis binatang menyusui seperti kera dan monyet.
2. Zaman kuarter (zaman keempat), mulai muncul tanda-tanda kehidupan manusia purba. Zaman kuarter terbagi menjadi dua masa, yaitu masa pleistosen dan masa holosen.



Pembagian zaman di bumi ini mengakibatkan banyak tantangan alam yang cukup besar. Dalam hal ini, manusia adalah salah satu makhluk yang mempunyai daya adaptasi yang besar karena memiliki akal , sementara makhluk hidup lain hanya memiliki insting.

Pengertian Prasejarah atau Praaksara

Pengertian Prasejarah atau Praaksara

Pengertian Prasejarah atau Praaksara adalah sebagai suatu kurun waktu (zaman) pada saat manusia belum mengenal tulisan atau huruf. Zaman prasejarah atau praaksara sering disebut nirleka, berasal dari suku kata yakni nir dan leka. Nir berarti tidak ada dan leka artinya tulisan atau huruf. Dengan demikian nirleka memiliki pengertian kurun waktu kehidupan manusia yang belum mengenal tulisan karena pada saat itu tidak ada tulisan atau huruf, maka disebut zaman sejarah. Berakhirnya zaman prasejarah atau praaksara pada setiap wilayah tidak selalu sama kurun waktunya, karena dipengaruhi oleh cepat atau lambatnya informasi dari luar dan perkembangan wilayah yang bersangkutan.



Demikianlah Pengertian Prasejarah atau Praaksara. Semoga bermanfaat!

Referensi :
IPS Terpadu Tim Abdi Guru 
SMP Kelas VII Jilid A

Sumber gambar : 
gambar 1. Pixbay: Prasejarah
gambar 2. Wikipedia: Prasejarah

Pengertian Prasejarah atau Praaksara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.