Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Wednesday, March 4, 2015

Pengertian Sistem Informasi

Pengertian dan Definisi Sistem informasi yang artinya sebagai suatu sistem yang terintegrasi secara maksimal dan berbasis pada komputer yang dapat menyajikan dan mengumpulkan berbagai jenis data yang akurat untuk bermacam kebutuhan. 
Pengertian dan Definisi Sistem Informasi ialah suatu kumpulan terkelompok yang terdiri dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam menyajikan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam suatu kelompok. Selain itu, Sistem Informasi berfokus pada disiplin sistem informasi dan organisasi informatika.

Pengertian Sistem

1. Andi Kristanto, 2007 : 1
Suatu sistem ialah jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berkaitan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.

2. Basis Data, Fathansyah, 2002 : 9
Sistem ialah sebuah tatanan (keterpaduan) yang terdiri atas sejumlah komponen fungsional (dengan satuan fungsi / tugas khusus) yang saling berhubungan dan secara bersama-sama bertujuan untuk memenuhi suatu proses / pekerjaan tertentu. 

3. Andri Kristanto, 2007 : 1
Sistem ialah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. 

Berdasarkan pengertian para ahli tersebut maka dapat disimpulkan sistem ialah kumpulan elemen-elemen yang saling bekerja sama dan berinteraksi untuk memproses masukan kemudian saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk mencapai suatu sasaran tertentu.

Pengertian dan Definisi Sistem Informasi

Pengertian Informasi

1. Andri Kristanto, 2007 : 7
Informasi juga berarti kumpulan data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. 

2. Memahami Sistem Informasi, Witarto, 2004:9
Informasi ialah rangkaian data yang mempunyai sifat sementara, tergantung dengan waktu, mampu memberi kejutan atau surprise pada yang menerimanya. Informasi dapat juga dikatakan sebagai data yang telah diproses, yang mempunyai nilai tentang tindakan atau keputusan. 

Berdasarkan pengertian para ahli yang disampaikan diatas maka dapat disimpulkan informasi ialah data yang telah diproses kemudian diolah menjadi bentuk yang lebih berguna, digunakan untuk mengambil keputusan.

Pengertian dan Definisi Sistem Informasi

Pengertian dan Definisi Sistem informasi ialah suatu sistem di dalam suatu kelompok yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasasi, dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan yang diperlukan. ( Analisis dan Disain Sistem Informasi, Jogiyanto, 2005 :11 ).

Jadi dapat disimpulkan bahwa sistem informasi ialah suatu alat yang membantu dalam menyampaikan informasi bagi penerimanya dan untuk membantu dalam pengambilan keputusan bagi manajemen didalam operasi perusahaan sehari-hari dan informasi yang layak untuk pihak luar perusahaan.


 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

1. Pengertian sistem informasi Menurut Laudon, Kenneth, Jane
Sistem informasi ialah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. (Laudon, Kenneth C.; Laudon, Jane P. (2007:42) Sistem Informasi Manajemen. Palgrave, Basingstoke)

2. Pengertian sistem informasi menurut Robert A. Leitch 
Sistem informasi ialah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang  mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

3. Pengertian sistem informasi menurut Rommey (1997:16) yang dialihbahasakan oleh Krismiaji (2002; 12) 
Sistem Informasi ialah cara-cara yang diorganisasi untuk mengumpulakn, memasukkan, mengolah, dan menyimpan data dan cara-cara yang diorganisasi untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan dan melaporkan informasi sedemikian rupa sehingga sebuah organisasi dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

4. Pengertian sistem informasi menurut Menurut John F. Nash (1995:8) yang diterjemahkan oleh La Midjan dan Azhar Susanto 
Sistem Informasi ialah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.


5. Pengertian sistem informasi Menurut Gelinas, Oram, dan Wiggins (1990) 
Sistem informasi ialah suatu sistem buatan manusia yang secara umum terdiri atas sekumpulan komponen berbasis komputer dan manual yang dibuat untuk menghimpun, menyimpan, dan mengelola data serta menyediakan informasi keluaran kepada pemakai.


Demikianlah ulasan tentang Pengertian dan Definisi Sistem Informasi. Semoga bermanfaat!

Pengertian Sistem Informasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.