Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Monday, April 6, 2015

Bahan Kimia Pada Makanan

Bahan Kimia Pada Makanan saat ini sudah banyak beredar dan tanpa kita sadari kita sudah termasuk mengkonsumsi makanan tersebut. Bahan kimia pada makanan sangat berbahaya bila di konsumsi secara terus-menerus, dampaknya memang tidak langsung terjadi, dampak yang di timbulkan akan datang pada beberapa tahun kemudian. Berikut bahan kimia pada makanan:

1. Zat Aditif adalah bahan kimia yang dicampurkan ke dalam makanan yang bertujuan meningkatkan kualitas makanan, menambah kelezatan, dan mengawetkan makanan. Zat aditif yang biasa digunakan pada makanan antara lain zat pewarna, zat pemanis, zat pengawet, dan zat penyedap.

Bahan Kimia Pada Makanan


2. Zat Pewarna adalah makanan yang digunakan untuk memberikan warna menarik pada makanan.

  • Zat pewarna alami, dibuat dari ekstrak bagian-bagian hijau daun pandan atau daun suji, warna kuning dari kunyit, warna cokelat dari buah cokelat, warna merah dari daun jati, dan warna kuning merah dari wortel.
  • Zat pewarna sintetik, dibuat dari bahan-bahan kimia.

3. Zat Pemanis berfungsi untuk menambah rasa manis pada makanan dan minuman. Contoh pemanis alami adalah kelapa, tebu, dan aren. Contoh pemanis sintetik yaitu sakarin, natrium siklamat, aspartam, sorbitol, dan magnesium siklamat.

4. Zat Pengawet berfungsi untuk menjaga makanan dan minuman agar tetap segar, tidak bau dan rasanya tidak berubah atau melindungi makanan dari kerusakan akibat pembusukkan atau kontaminasi bakteri/jamur.
  • Contoh pengawet alami adalah garam dan gula.
  • Contoh pengawet sintetik adalah asam cuka sebagai pengawet acar, natrium propionat atau kalsium propionat untuk mengawetkan roti dan kue kering, serta garam natrium benzoat, asam sitrat, dan asam tatrat untuk mengawetkan makanan.

5. Zat Penyedap makanan ditambahkan ke dalam makanan untuk mempertegas cita rasa dan aroma makanan. Bahan penyedap rasa yang banyak digunakan yaitu vetsin atau MSG (Monosodium Glutamat).

Demikianlah penjelasan tentang Bahan kimia pada makanan. Semoga bermanfaat!

Bahan Kimia Pada Makanan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.