Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Friday, April 10, 2015

Jenis-Jenis Penyakit Menular Seksual (PMS)

Jenis-Jenis Penyakit Menular Seksual (PMS). Penyakit-penyakit yang ditularkan dari satu ke orang lain melalui hubungan seksual disebut Penyakit Menular Seksual (PMS), termasuk HIV/AIDS. PMS mempengaruhi tingkat kesehatan sistem reproduksi manusia, bahkan HIV/AIDS dapat mengakibatkan kematina. PMS menyebabkan infeksi pada organ reproduksi. Jika tidak diobati secara tepat, infeksi dapat menjalar dan menyebabkan penderitaan, sakit berkepanjangan, kemandulan, dan bahkan kematian.

Ada beberapa macam penyakit menular seksual. Di Indonesia, penyakit yang banyak ditemukan saat ini adalah sebagai berikut:

1. Gonorea

Bakteri penyebab penyakit ini adalah Neisseria Gonorrhoeae. Masa inklubasinya adalah 2-10 hari setelah kuman masuk ke dalam tubuh melalui hubungan seksual. Gejala Gonorea antara lain alat kelamin terasa nyeri, merah, bengkak, dan bernanah. Gejala pada pria adalah rasa sakit pada saat kencing, keluarnya nanah, ujung penis merah dan bengkak. Pada wanita, 60% kasus tidak menunjukkan gejala. Namun, ada juga rasa sakit pada saat kencing dan terjadi keputihan.

2. Sifilis (Raja Singa)

Bakteri penyebab Sifilis adalah Treponema Pallidum. Masa inklubasinya berlangsung selama 3-4 minggu, kadang-kadang sampai 13 minggu. Kemudian timbul benjolan di sekitar alat kelamin. Sifilis kadang-kadang disertai pusing dan nyeri tulang seperti flu, yang akan hilang sendiri tanpa di obati. Ada bercak kemerahan pada tubuh setelah sekitar 6-12 minggu. Gejala ini akan hilang dengan sendirinya dan sering kali pendeerita tidak memperlihatkan hal ini.
Selama 2-3 tahun pertama, penyakit ini tidak menunjukkan gejala apa-apa, atau disebut masa laten. Setelah 5-10 tahun, penyakit sifilis akan menyerang susunan saraf otak, pembuluh darah, dan jantung. Pada wanita hamil, sifilis dapat ditularkan kepada bayi yang dikandungannya dan bayi tersebut dapat lahir dengan kerusakan kulit, hati, limpa, dan keterbelakangan mental. Jadi, penyakit ini juga menyerang berbagai organ tubuh, tidak hanya pada alat kelamin.

3. Herpes Genital

Penyakit Herpes Genital disebabkan oleh virus Herpes Simplex dengan masa inklubasi 4-7 hari sesudah virus masuk ke dalam tubuh.
Gejala-gejala Penyakit Herpes Genita:
  • Bintil-bintil berair (berkelompok seperti anggur) yang sangat nyeri pada sekitar alat kelamin.
  • Bintil pecah dan meninggalkan luka yang kering mengerak, lalu hilang sendiri.
  • Gejala akan kambuh lagi, namun tidak senyeri tahap awal.
Pada wanita, penyakit Herpes Genital sering kali berkembang menjadi kanker mulut rahim beberapa tahun kemudian. Penyakit ini belum ada obatnya, tetapi pengobatan antivirus bisa mengurangi rasa sakit dan lamanya penyakit yang diderita.

Baca juga: Virus Ebola

4. Klamidis

Penyakit Klamidis disebabkan oleh virus Chlamydia Trachomatis. Masa inklubasi berlangsung 7-21 hari. Gejalanya adalah timbul peradangan pada alat reproduksi pria dan wanita.
Gejala klamidis pada wanita:
  • Keluarnya cairan dari alat kelamin atau keputihan encer berwarna putih kekuningan.
  • Rasa nyeri di rongga panggul.
Gejala klamidis pada pria:
  • Rasa nyeri saat kencing
  • Keluar cairan bening dari saluran kencing
  • Apabila ada infeksi lebih lanjut, cairan semakin sering keluar dan bercampur darah.

5. Trikomoniasis

Trikomoniasis disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis.
Gejala Trikomoniasis:
  • Cairan vagina encer, berwarna kuning kehijauan, berbusa dan berbau busuk.
  • Vulva bengkak, kemerahan dan gatal.
  • Nyeri saat kencing.


6. Kandidiasis Vagina

Kandidiasis vagina merupakan keputihan disebabkan oleh jamur Candida Albicans. Pada keadaan normal, jamur ini terdapat di kulit maupun di dalam vagina. Akan tetapi pada keadaan tertentu, jamur ini menimbulkan keputihan.
Gejala berupa keputihan berwarna putih seperti susu, bergumpal disertai rasa gatal, panas, dan kemerahan pada alat kelamin dan bagian di sekitarnya.

7. Kutil Kelamin

Penyebab kutil kelamin adalah Human papillomavirus (HPV). Gejala penyakit ini khas, yaitu terdapat satu atau beberapa kutil di sekitar kelamin. Pada wanita, kutil dapat timbul di daerah kelamin sampai dubur, selaput lendir bagiann dalam vagina, sampai leher rahim. Kutil kelamin dapat pula mengakibatkan kanker leher rahim atau kanker kulit di sekitar kelamin.
Pada pria, kutil dapat tumbuh di alat kelamin dan saluran kencing bagian dalam. Kadang-kadang, kutil tidak terlihat sehingga tidak disadari.

8. HIV/AIDS

Jenis-Jenis Penyakit Menular Seksual (PMS)

AIDS adalah singkatan dari acquired immune deficiency syndrome. Penyakit ini adalah kumpulan gejala akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh yang terjadi karena seseorang terinfeksi HIV.
HIV adalah singkatan dari hhuman immunodefiency virus. Orang yang terinfeksi oleh virus ini tidak dapat mengatasi serangan infeksi penyakit lain karena sistem kekebalan tubuhnya menurun terus secara drastis. AIDS termasuk Penyakit Menular Seksual, karena salah satu cara penularannya adalah melalui hubungan seksual dengan orang yang telah terinfeksi HIV.


Demikianlah Jenis-jenis Penyakit Menular (PMS). Semoga bermanfaat!

Referensi: 
Istamar Syamsuri, dkk. IPA BIOLOGI untuk SMP Kelas IX.

Sumber gambar:
Wikipedia: HIV/AIDS

Jenis-Jenis Penyakit Menular Seksual (PMS) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.