Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Saturday, April 4, 2015

Pengelompokkan (Klasifikasi) Makhluk Hidup

Pengelompokan (klasifikasi) makhluk hidup adalah kegiatan mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan banyaknya persamaan dan perbedaan, baik morfologi dan fisiologi.

Setiap kelompok yang termasuk dari hasil klasifikasi makhluk hidup disebut takson (takson = kelompok) yang terdiri atas kingdom, filum/devisi (filum untuk hewan dan devisi tumbuhan), kelas, ordo, familia, genus, dan spesies.

Menurut Whittaker, makhluk hidup dikelompokkan menjadi lima kingdom, yaitu monera, protista, fingi, plantae (tumbuhan) dan animalia (hewan).

Monera meliputi makhluk hidup bersel satu (uniseluler) anggota kingdom monera tidak memiliki selubung intisel sehingga bersifat prokariotik, contohnya bakteri dan ganggang biru.

Pengelompokkan (Klasifikasi) Makhluk Hidup

Protista meliputi berbagai jenis makhluk hidup (sebagian besar uniseluler) yang mempunyai sel eukariotik (mempunyai inti sel yang diselubungi membran inti), contohnya Amoeba proteus dan ganggang (selain ganggang biru), contohnya Chlorella (ganggang hijau) dan Sargamssum siliquosum (ganggang cokelat).

Fungi meliputi berbagai jenis kapang dan jamur. Contohnya yaitu lumut, paku, dan tumbuhan biji. Ciri khas Plantae adalah mempunyai klorofil, eukariotik, dinding selnya memiliki selulosa, tidak mempunyai alat gerak aktif, dan tumbuh hampir tak terbatas.

Animalia meliputi berbagai jenis hewan. Animalia dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan ada atau tidak adanya tulang belakang (vertebra), yaitu vertebrata (hewan bertulang belakang) dan avertebrata/invertebrata (hewan tidak bertulang belakang).

Avertebrata dibedakan menjadi enam filum, yaitu:
1. Hewan berpori (Porifera)
2. Hewan berongga (Coelenterata)
3. Hewan cacing (Vermes)
4. Hewan lunak (Mollusca)
5. Hewan berkaki beruas-ruas (Arthropoda)
6. Hewan berkulit duri (Echinodermata)

Vertebrata dibedakan menjadi lima klas, yaitu:
1. Pisces (berbagai jenis ikan bertulanng keras dan bertulang rawan)
2. Amfibi (berbagai jenis kodok, katak, dan salamander)
3. Reptilia (hewan melata, yaitu berbagai jenis ular, kadal, buaya, dan kura-kura)
4. Aves (unggas dan berbagai jenis burung)
5. Mamalia (berbagai jenis hewan menyusui)

Demikianlah Pengelompokkan Makhluk Hidup. Semoga bermanfaat!

Pengelompokkan (Klasifikasi) Makhluk Hidup Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.