Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Saturday, April 11, 2015

Pengertian Sel Dan Cara Mengamatinya

Pengertian Sel berasal dari kata Latin cella yang berarti ruangan kecil. Orang yang pertama kali mengemukakan adanya sel adalah Robert Hooke (1665). Ia melakukan pengamatan terhadap sayatan gabus dengan menggunakan mikroskop. Hooke melihat adanya ruangan-ruangan kecil yang menyusun gabus tersebut. Ruangan-ruangan kecil tersebut diberi nama sel. Saat ini telah diketahui bahwa ruangan-ruangan kecil itu sebenarnya bukan sel yang hidup, melainkan sel yang telah mati, yang kosong tanpa isi. Robert Brown (1831) mengemukakan bahwa "sel merupakan suatu ruangan kecil yang dibatasi oleh membran, yang di dalamnya terdapat cairan (protoplasma)". Protoplasma terdiri dari plasma sel atau sitoplasma dan inti sel atau nukleus. Di dalam inti sel terdapat plasma inti atau nukleoplasma. Pada tahun 1839, ahli fisiologi Jerman, Theodor Schwann, mengungkapkan bahwa semua organisme tersusun atas sel. Dari mana sel itu? Ahli fisika Jerman Rudolf Virchow menyatakan bahwa sel berasal dari sel yang ada sebelumnya. Teori "sel berasal dari sel" tersebut diperkuat oleh berbagai eksperimen ahli mikrobiologi Prancis, Louis Pasteur, yang dilakukan antara tahun 1859-1861.

Pengertian Sel Dan Cara Mengamatinya


Ukuran sel bermacam-macam. Ada yang hanya 1-10 mikron, misalnya bakteri. Ada yang mencapai 30-40 mikron, misalnya Protozoa. Ada pula yang mencapai beberapa sentimeter, misalnya serabut kapas. Bentuk sel juga bermacam-macam. Meskipun ukuran sel sangat kecil, strukturnya (susunannya) sangat rumit dan tiap bagian sel memiliki fungsi khusus. Misalnya, mitokondria yang terdapat di dalam sel berfungsi sebagai penghasil energi, sedangkan lisosom berfungsi sebagai pencerna. Bagian-bagian sel itu tidak dapat berdiri sendiri atau terpisah dari sel. Jadi, bagian-bagian sel itu harus berada di dalam kesatuan sel agar dapat berfungsi secara normal. Antarbagian sel itu terdapat hubungan dan saling ketergantungan. Oleh karena itu, sel dipandang sebagai unit terkecil dari makhluk hidup.

Cara Mengamati Sel

Untuk mengamati sel diperlukan alat bantu yang disebut mikroskop, yang dapat memperbesar bayangan objek yang diamati. Ada beberapa macam mikroskop yang dapat digunakan. Berikut akan diuraikan prinsip dan cara kerja kedua mikroskop tersebut:

a. Mikroskop Cahaya

  1. Mikroskop cahaya menggunakan cahaya sebagai sumber penyinaran. Oleh karena itu diperlukan lensa untuk memperbesar bayangan benda.
  2. Untuk mengamati objek diperlukan preparat (sediaan) yang tembus cahaya. Oleh karena itu, preparat harus diiris setipis mungkin dengan ketebalan tidak lebih dari 50 mikron. Medium yang umum digunakan adalah air yang diteteskan ke atas kaca objek.
  3. Objek (sel) dapat diamati dalam keadaan hidup atau mati.
  4. Pengamat dapat mengamati langsung melalui lensa okuler sehingga pengamat dapat menentukan bentuk, warna, dan gerakan objek.
  5. Bayangan yang diperoleh dapat diperbesar hingga mencapai 100x, 400x, atau 1.000x.

b. Mikroskop Elektron

  1. Mikroskop elektron menggunakan elektron sebagai pengganti cahaya dan medan magnet sebagai pengganti lensa. Bayangan yang dihasilkan ditampilkan di layar monitor.
  2. Objek yang akan diamati harus sangat tipis dan berada di ruangan hampa udara agar dapat ditembus elektron.
  3. Tidak dapat mengamati objek yang masih hidup. Biasanya digunakan untuk mengamati bagian-bagian sel, misalnya organel, membran, atau molekul besar, seperti DNA.
  4. Tidak dapat mengamati secara langsung. Untuk menentukan bentuk objek, diperlukan rekonstruksi dari beberapa hasil pengamatan.
  5. Bayangan yang diperoleh dapat diperbesar hingga mencapai sejuta kali.

Demikianlah Pengertian Sel dan Cara Mengamatinya. Semoga bermanfaat!

Referensi:
Istamar Syamsuri, DKK. BIOLOGI. SMA Kelas XI

Sumber gambar:
en.wikipedia.org : Cell

Pengertian Sel Dan Cara Mengamatinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.