Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Friday, April 10, 2015

Perubahan Sosial Budaya Pada Masyarakat

Pengertian Perubahan Sosial Budaya 

Perubahan Sosial Budaya Pada Masyarakat. Manusia, selama hidup bermasyarakat pasti mengalami perubahan-perubahan, baik perubahan sosial maupun perubahan budaya. Menurut Soemardjan, perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya. Unsur-unsur yang termasuk ke dalam sistem sosial adalah nial-nilai, sikap-sikap, dan pola-pola perilakunya di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Selain itu, Kingsley Davis mendefinisikan peubahan sosial sebagai perubahan yang terjadi pada struktur dan fungsi masyarakat.

Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa Perubahan Sosial budaya adalah unsur-unsur sosial dalam masyarakat, sehingga terbentuk tata kehidupan sosial yang baru dalam masyarakat. Perubahan dalam masyarakat dapat mengenai nila-nilai sosial, norma-norma sosial, pola-pola perilaku, organisasi, susunan lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan dalam masyarakat, kekuasaan dan wewenang, interaksi sosial dan lain sebagainya. Perubahan budaya sosial adalah perubahan unsur-unsur kebudayaan karena perubahan pola pikir masyarakat sebagai pendukung kebudayaan.
Unsur-unsur kebudayaan yang berubah adalah sistem kepercayaan/religi, sistem mata pencarian hidup, sistem kemasyarakatan, sistem peralatan hidup dan teknologi, bahasa, kesenian, serta ilmu pengetahuan.

Demikianlah penjelasan Perubahan Sosial Budaya-Budaya Pada Masyarakat. Semoga bermanfaat!

Sumber referensi:
Tim Abdi Guru. IPS Terpadu. SMP Kelas IX

Perubahan Sosial Budaya Pada Masyarakat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.