Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Sunday, September 27, 2015

Konsep Geografi Menurut Henry J. Warman


Konsep adalah pengertian abstrak dari sesuatu hal. Konsep geografi akan selalu berhubungan dengan ruang, baik secara fisik maupun sosialnya. Banyak para ahli mengemukakan konsep geografi, ntara lain Henry J. Warman. Berikut 15 Konsep Geografi Menurut Henry J. Warman:

Konsep Geografi Menurut Henry J. Warman

  1. Konsep Wilayah (regional), yaitu lokasi atau tempat di permukaan bumi memiliki karakteristik tersendiri sehingga dapat dibedakan dengan tempat lainnya.
  2. Konsep Lapisan Kehidupan (life layer), yaitu permukaan bumi sebagai tempat hidup manusia, hewan, dan tumbuhan.
  3. Konsep Manusia sebagai Ekologi yang Dominan (man ecological dominant), yaitu manusia dapat mengubah permukaan bumi sesuai dengan kebutuhannya.
  4. Konsep Bumi sebagai Bola (globalism), yaitu bumi merupakan salah satu planet dari tata surya.
  5. Konsep Interaksi Keruangan (spatial interaction), yaitu gejala yang terdapat di permukaan bumi selalu saling berhubungan. Jika di tempat lain terjadi gejala, akan berhubungan dengan tempat lainnya. Misalnya, di daerah hulu terjadi erosi, maka di daerah hilir terjadi sedimentasi.
  6. Konsep Relasi Wilayah (area relationship), yaitu hubungan antar wilayah, Misalnya, rotan dari Kalimantan dijual ke Cirebon sebagai bahan baku kerajinan.
  7. Konsep Persamaan Wilayah (area likenesses), yaitu wilayah di permukaan bumi banyak yang memiliki kesamaan, baik keadaan alam maupun budaya masyarakat. Misalnya, kesamaan bahasa Melayudi Provinsi Riau, Malaysia, dan Brunei Darussalam.
  8. Konsep Perbedaan Wilayah (area differences), yaitu wilayah di permukaan bumi memiliki perbedaan. Misalnya, di pulau Sumatra terdapat gajah, di pulau Kalimantan terdapat orang utan, dan di pulau Papua terdapat cendrawasih.
  9. Konsep Keunikan Wilayah (area uniqueness), yaitu setiap wilayah memiliki keunikan (ciri khas) tersendiri. Misalnya, Brasil dengan sungai amazonnya, dan Australia dengan Ayers Rock-nya.
  10. Konsep Persebaran Wilayah (area distribution), yaitu setiap gejala di permukaan bumi selalu tersebar.
  11. Konsep Lokasi Relatif (relative location), yaitu suatu gejala yang terjadi di permukaan bumi keadaannya selalu mengalami perubahan. Misalnya, Karawang saat ini merupakan lumbung padi Jawa Barat. Akan tetapi, dimungkinkan pada masa yang akan datang akan berubah karena saat ini banyak lahan pertanian yang sudah berubah menjadi kawasan pemukiman dan industri.
  12.  Konsep Keuntungan (comparative advantage), yaitu manusia memanfaatkan alam sesuai dengan keuntungan dan dihasilkannya.
  13. Konsep Perubahan yang Terus Menerus (perpectual transformation), yaitu setiap gejala di permukaan bumi akak selalu mengalami perubahan.
  14. Konsep Sumber Daya Alam yang Dibatasi Budaya (culturally defined resources concept), yaitu pemanfaatan sumber daya alam akan selalu berkaitan dengan kemampuan teknologi manusia.
  15. Konsep Bumi Bulat di Atas Kertas Datar (round earth on flat paper), yaitu gejala-gejala di permukaan bumi dapat ditunjukkan dengan peta.
Demikianlah Konsep Geografi Menurut Henry J. Warman. Semoga bermanfaat!


Sumber:
Lili Somantri
Nurul Huda
Materi Geografi Kelas X

Sumber Gambar:
Pixbay.com

Konsep Geografi Menurut Henry J. Warman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

1 komentar:

  1. Baru dari selltiket.com,
    untuk semua agen selain anda
    bisa menjual tiket pesawat dan tiket kereta api
    sekarang anda juga dapat melakukan pembayaran :
    PLN, Pembelian pulsa, Pembayaran Telkom,
    pembayaran multifinance ADIRA, BAF, MAF, MEGA WOM.
    Gabung sekarang juga di http://agen.selltiket.com

    ReplyDelete

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.