Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Sunday, September 27, 2015

Pembentukan Sel Kelamin Tumbuhan

Sel kelamin tumbuhan terbagi atas dua yaitu sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Mekanisme proses dalam tahap-tahap pembentukan sel kelamin tumbuhan. Proses pembuahan melibatkan sel kelamin jantan dan betina. Sel-sel kelamin tersebut dihasilkan oleh alat-alat kelamin yang terbentuk setelah organisme dewasa. Proses pembentukan sel kelamin disebut juga dengan gametogenesis. Gametogenesis meliputi pembentukan sperma (spermatogenesis) dan pembentukan telur atau ovum (oogenesis).  

Penjelasan pembentukan sel kelamin jantan pada tumbuhan dan pembentukan sel kelamin betina pada tumbuhan dapat dilihat dibawah ini:

pembentukan sel kelamin tumbuhan

Pembentukan Sel Kelamin Tumbuhan

1. Pembentukan Sel Kelamin Jantan pada Tumbuhan
Pada tumbuhan biji tertutup, pembentukan sel kelamin (gamet) jantan berlangsung di dalam kepala sari. Kepala sari mempunyai kantong sari. Di dalam kantong sari terdapat sel induk serbuk sari yang bersifat diploid. Sel induk ini membelah secara mitosis berulang kali sehingga dihasilkan sel induk serbuk sari yang banyak sekali. Sel-sel inilah yang kemudian mengalami pembelahan miosis. Satu sel induk serbuk sari menghasilkan 4 buah sel spora yang haploid. 

Selanjutnya sel spora haploid tersebut mengalami mitosis sekali. Hasilnya adalah dua sel haploid, yaitu sel vegetatif dan satu sel generatif. Sel spora yang telah memiliki satu sel vegeratif ini disebut serbuk sari. Inti generatif serbuk sari kemudian bermitosis sekali menghasilkan 2 inti sperma. Pembelahan mitosis inti generatif terjadi di pembuluh serbuk sari. Jadi, gamet jantan terbentuk terbentuk melalui pembelahan mitosis.

2. Pembentukan Sel Kelamin Betina pada Tumbuhan
Pembentukan sel kelamin betina terjadi di dalam bakal biji yang berada di dalam bakal buah. Di dalam bakal biji terdapat sel-sel diploid yang aktif membelah secara mitosis. Di antara sel-sel diploid tersebut terdapat satu sel yang berukuran lebih yang berukuran lebih besar dibandingkan sel-sel lainnya. Sel tersebut merupakan sel induk kandung lembaga yang diploid. Sel induk tersebut kemudian membelah secara miosis menghasilkan empat sel anak yang haploid. Tiga sel spora dari empat buah sel spora tersebut melebur dan hanya tinggal satu sel. Satu sel ini kemudian mengalami mitosis tiga kali sehingga terbentuk delapan inti yang haploid.

Pembentukan Sel Kelamin Tumbuhan
Selanjutnya, tiga inti bergerak ke kutub antipoda bakal biji, dan tiga inti bergerak ke kutub mikropil (liang bakal biji). Sel yang letaknya di tengah di antara tiga sel yang berada di kutub mikropil adalah sel telur (ovum). Dua inti yang ada ditengah sel kandung lembaga bergabung menjadi satu disebut inti kandung lembaga sekunder (inti polar sekunder) yang bersifat diploid. Jadi, gamet betina terbentuk melalui pembelahan mitosis. 

Demikianlah ulasan tentang Pembentukan Sel Kelamin Tumbuhan. Semoga bermanfaat!

Pembentukan Sel Kelamin Tumbuhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.