Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Sunday, September 27, 2015

Pengertian, Karakteristik dan Jenis-jenis Ilmu Sejarah

Pengertian, Karekteristik dan Jenis-jenis Ilmu Sejarah - Istilah sejarah berasal dari bahasa Arab, yaitu syajaratun yang berarti pohon. Menurut bahasa Arab, sejarah sama artinya dengan sebuah pohon yang terus berkembang dari tingkat yang sangat sederhana ke tingkat yang lebih maju atau kompleks. Itulah sebabnya sejarah diumpamakan sebagai pohon yang terus berkembang dari akar sampai ranting yang terkecil.

Dalam bahasa Inggris, kata "sejarah" adalah History yang berarti masa lampau umat manusia, dari bahasa Yunani Historia yang artinya orang pandai. Dalam bahasa Belanda, kata "sejarah" adalah Geschiedenis yang berarti terjadi. Adapun dalam bahasa Jerman, kata "sejarah" adalah geschicte yang berarti sesuatu yang telah terjadi. Kedua kata itu dapat memberikan arti yang sesungguhnya tentang sejarah, yaitu sesuatu yang telah terjadi pada waktu lampau dalam kehidupan umat manusia. Dengan demikian, sejarah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia dan bahkan kehidupan manusia sesuai dengan perkembangan kehidupan manusia dari tingkat yang sederhana ke tingkat yang lebihh maju atau modern.

Ilmu Sejarah


Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajarisegala peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia.

3 Unsur Penting Sejarah:
  1. Semua kejadian masa lalu
  2. Metode ata cara kerjanya yang digunakan oleh sejarawan untuk merekonstruksi masa lalu
  3. Pernyataan para sejarawan dalam bentuk lisan dan tulisan

Karekteristik Sejarah

Unsur terpenting dari sejarah adalah kejadian masa lalu. Oleh karena itu, yang menjadi konsep dasar sejarah adalah waktu (time), ruang (space), kegiatan manusia (human activities), perubahan (change), dan kesinambungan (continuity).
Adapun karakteristik dari mata pelajaran sejarah, di antaranya sebagai berikut:
  1. Sejarah terkait dengan peristiwa masa lampau.
  2. Sejarah bersifat kronologi.
  3. Dalam sejarah, terdapat 3 unsur pokok, yaitu manusia, ruang, dan waktu
Perspektif waktu dalam sejarah adalah waktu lampau yang terus berkesinambungan, yang mana waktu  dilihat sebagai sebuah garis linier (lurus). Dengan demikian, sejarah dilihat sebagai sebuah proses yang terus berjalan dari masa lampau, masa kini yang akan datang. Sejarah merupakan prinsip sebab akibat antara fakta yang satu dan yang lainnya. Hal itu semua merupakan sebuah rangkaian yang tidak terpisah-pisah. Peristiwa sejarah yang satu diakibatkan atau disebabkan oleh sejarah yang lain.

Jenis-Jenis Sejarah

Berdasarkan subyeknya, sejarah terbagi menjadi dua jenis yaitu:
  1. Sejarah konvensional (sejarah lama/ old history)
  2. Sejarah baru (new history)
Dalam sejarah konvesional, subyek yang menjadi kajian adalah kisah perkembangan kerajaan, negara, pemimpin, raja (kaisar), para tokoh penting, dan aspek politik yang disajikan secara kronologis. Dengan demikian, sejarah konvesional lebih mengutamakan unsur kejadian, peristiwa, kisah, serta urutan kejadian.

Dalam sejarah baru, subyek yang menjadi kajian lebih luas meliputi berbagai golongan masyarakat (di luar istana dan birokrasi pemerintahan). Penulisan sejarah baru sering menggunakan berbagai teori dari disiplin ilmu sosial yang lain. Sejarah baru lebih berorientasi kepada masalah, bukan pada peristiwa dan urutan kejadian. Dengan demikian, sejarah baru lebih bersifat tematis, seperti sejarah kebudayaan, sejarah sosial, sejarah lokal, atau sejarah politik.

Demikianlah ulasan tentang Pengertian, Karekteristik dan Jenis-jenis Ilmu Sejarah. Semoga bermanfaat!

Materi Sejarah Kelas X

Pengertian, Karakteristik dan Jenis-jenis Ilmu Sejarah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.