Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Sunday, September 20, 2015

Pengertian Modem Beserta Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Pada kesempatan kali medrec07 aka sedikit membahas apa itu modem? Mungkin sekarang sudah banyak yang tahu bentuk dan fungsi modem. Tapi sedikit yang tahu definisi modem itu apa?
Oke langsung saja kita akan membahasnya...

Pengertian dan fungsi modem secara singkat

Modem memiliki dua suku kata yaitu mo dan dem yaitu sebuah singkatan kata dari mo=modulator dan dem=demodulator, adapun modulator sebagai fungsi untuk mengantarkan signal informasi menuju signal pembawa kemudian di kirim ke pengguna, pada proses ini data komputer yang awalnya berbentuk signal digital akan di rubah menjadi signal analog, sehingga proses demikian di sebut dengan mosdulasi, sedangkan demodulator adalah kebalikan dari modulator artinya demodulator ini berfungsi untuk mengembalikan data data yang telah dikirim oleh pengirim, artinya ada sebuah proses perbahan signal analog menjadi signal digital agar data bisa terbaca oleh komputer. jadi modem adalah sebuah perangkat keras yang difungsikan untuk berkomunikasi dari dua signal yang saling bergantian dari signal digital ke signal analog atau sebaliknya untuk dapat mengirim sebuah pesan atau data kepada alamat yang di tuju.
Modem juga dapat diartikan sebagai perangkat perantara antara komputer anda dengan saluran telepon agar dapat berhubungan dengan ISP (Internet Service Provider - penyedia jasa internet) anda.

Pengertian Modem

Fungsi modem

Dari penjelasan yang dikemukakan di atas, maka dapat diambil penjelasan mengenai apa fungsi dari modem. Dan fungsi yang paling utama sebenarnya adalah mengubah sinyal digital dari kabel menjadi sinyal analog (suara) dan sebaliknya.

Bagaimana cara kerja modem ?

Ketika sebuah komputer mengirimkan data ke internet, maka modem akan mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal suara sehingga sinyal tersebut dapat dilewatkan via kabel telepon. Dan pada saat suatu komputer menerima data dari internet, maka modem akan mengubah sinyal suara yang dibawa melalui kabel telepon menjadi sinyal digital, selanjutnya komputer akan mampu membaca sinyal tersebut.

Jenis-jenis modem

Pada dasarnya berdasarkan bentuk fisiknya, ada 2 jenis modem yang sering kita temui sehari-hari yaitu modem internel dan modem eksternal. Modem internal ialah modem yang langsung dipasang pada motherboard komputer atau dipasang dalam CPU, sedangkan untuk modem eksternal biasanya dihubungkan dengan kabel USB atau kabel serial. Tentu saja masing-masing ada kelebihan dan keurangannya.

Demikianlah Pengertian Modem. Semoga bermanfaat!

Pengertian Modem Beserta Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.