Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Sunday, October 18, 2015

Cabang-Cabang Seni Rupa Murni dan Terapan

Seni rupa murni (pure / fine art) merupakan seni rupa yang tidak memperhatikan unsur praktis. Karya seni rupa murni diciptakan khusus berdasarkan kreativitas dan ekspresi pribadi pembuatnya.
Dalam seni rupa murni terdapat beberapa aliran gaya. Aliran gaya, yaitu aliran dalam gerakan seni rupa yang memiliki ideologi dan ciri khas dan baru dalam karya-karya yang dihasilkannya. Aliran seni rupa, di antaranya romantisme, ekspresionisme, impresionisme, dan surealisme. Cabang-cabang seni rupa murni, di antaranya sebagai berikut.

1. Seni Lukis

Seni lukis merupakan cabang seni rupa murni yang karyanya berwujud dua dimensi. Karya seni lukis, umumnya dibuat di atas kain kanvas dengan menggunakan cat minyak, atau cat akrilik. Karya seni lukis bergaya ekspresionis (penuh perasaan) dibuat sesuai dengan ekspresi emosi pelukisnya, seperti dalam pemilihan objek, figur, warna, dan garis.

Seni Lukis

Karya seni lukis abstrak, berbentuk tidak nyata atau tersamar sesuai dengan khayalan pelukisnya sehingga kurang dimengerti oleh orang awam. Namun, karya seni lukis abstrak mengandung berbagai alternatif baru dalam karya rupa.

2. Seni Grafis

Seni grafis merupakan cabang seni rupa murni yang karyanya berwujud dua dimensi. Seni grafis dapat dibuat dengan teknik sablon (cetak saring), cukil kayu (cetakan), etsa (pengasaman pada bahan metal), dan lite (pencetakan dengan batu litho).

3. Seni Patung

Seni patung merupakan cabang seni rupa murni yang karyanya berbentuk tiga dimensi. Bahan yang digunakan untuk membuat patung di antaranya kayu, batu, atau logam. Karya patung yang besar biasa disebut seni monumental.

4. Seni Keramik

Seni keramik dapat juga di kategorikan sebagai cabang seni rupa murni yang karyanya berwujud tiga dimensi. Keramik dibuat dengan menggunakan bahan utama lempung, kaolin, atau tanah.




Seni rupa terapan merupakan cabang seni rupa yang megkhususkan penciptaannya pada nilai praktis karya yang dihasilkan. Salah satu cabang seni rupa terapan, yaitu desain. Desain merupakan aktivitas seni rupa yang mengutamakan unsur, guna, ekonomi, promosi dan kebutuhan masyarakat. Cabang-cabang seni desain dapat dikelompokkan sebagai berikut.

1. Desain Produk

Desain produk merupakan suatu kegiatan yang berusaha memecahkan masalah kebutuhan manusia untuk memperoleh peralatan dan benda yang menunjang kegiatan sehari-hari. Karya desain produk, di antaranya alat transportasi, alat rumah tangga, mebel, alat makan, perhiasan, pakaian, sepatu, cindera mata, mainan, dan kerajinan.

2. Desain Grafis/Desain Komunikasi Visual

Desain grafis merupakan kegiatan yang berusaha memecahkan kebutuhan media komunikasi masyarakat yang dicetak. Karya desain grafis, di antaranya buku, brosur, undangan, majalah, surat kabar, dan logo perusahaan.

3. Desain Arsitek

Desain arsitek merupakan kegiatan berusaha memecahkan kebutuhan dalam masalah hunian masyarakat yang indah dan nyaman. Karya desain arsitektur, di antaranya rumah tempat tinggal, perkantoran, sarana rekreasi, dan rumah sakit.

4. Desain Interior

Desain interior merupakan suatu kegiatan yang berusaha memecahkan kebutuhan manusia untuk mempunyai ruangan yang nyaman dan indah. Karya desain interior, di antaranya ruangan museum, restoran, hotel, kafe, dan pusat hiburan.

Demikianlah penjelasan tentang Cabang-Cabang Seni Rupa Murni dan Terapan. Semoga bermanfaat!


Referensi:
Yuliawan Kasmahidayat
Harry Sulastianto
Nanag Supriatna
Kiki Sukarta
Yudi Sukmayadi
Rika Riwayani

Materi Seni Budaya Kelas X

Cabang-Cabang Seni Rupa Murni dan Terapan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

1 komentar:

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.