Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Friday, October 9, 2015

Definisi Sosiologi Menurut Para Sosiolog (Para Ahli Sosiologi)

Sesuai dengan perkembangan sosiologi yang demikian pesat, banyak pula tokoh-tokoh yang  memprakarsai ide dalam kajian-kajiannya. Di antaranya ialah tokoh-tokoh berikut ini yang juga memberikan definisi atas istilah sosiologi:

Berikut Definisi Sosiologi Menurut Para Sosiolog (Para Ahli Sosiologi):

Definisi Sosiologi Menurut Para Sosiolog (Para Ahli Sosiologi)

1. Peter L. Berger

Sosiologi adalah studi ilmiah mengenai hubungan antara masyarakat dan individu.

2. Pitirim A. Sorokin

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari:
  • Hubungan dan pengaruh timbal balik antaraneka masam gejala sosial, misalnya ekonomi dan agama serta keluarga dan moral;
  • Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dan gejala nonsosial, misalnya antara gejala sosial dan gejala biologis;
  • Ciri-ciri umum dari semua jenis gejala sosial;

3. William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff

Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.

Baca Juga >> Pengertian dan Sifat-Sifat Ilmu Sosiologi

4. Roucek dan Warren

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antarmanusia dalam kelompok-kelompok.

5. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari struktur sosial, proses-proses sosial dan perubahan sosial. Struktur sosial adalah keseluruhan jaringan antarunsur sosial yang pokok, yaitu kaidah-kaidah sosial (norma-norma sosial), lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok, serta lapisan-lapisan sosial. Adapun proses-proses sosial adalah pengaruh timbal balik antar berbagai segi kehidupan bersama, misalnya antara kehidupan ekonomi dan politik.

6. Soerjono Soekanto

Sosiologi merupakan ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk pola-pola umum darinya.

7. William Kornblum

Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan prilaku sosial anggotanya dan mejadikan masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi.

8. Auguste Comte (1798-1857)

Sebagai tokoh awal yang menamai berbagai ilmu tentang masyarakat dengan istilah sosiologi, Comte membagi sosiologi ke dalam dua bagian studi penting, yakni struktur sosial dan dinamika sosial. Berbagai institusi sosial yang kompleks seperti ekonomi, negara, dan keluarga diambil sebagai satuan utama dalam analisis sosiiologi.
Oleh karena itu, sosiologi merupakan kajian mengenai hubngan antar institusi sosial. Dalam konsep struktur sosial, masyarakat dipahami sebagai bagian-bagian yang terpisah, namun memiliki timbal balik yang membentuk kesatuan. Adapun dalam konsep dinamika sosial, keseluruhan masyarakat dianggap sebagai suatu satuan analisis yang mengalami perubahan mengikuti waktu. 

9. Emile Durkheim (1858-1917)

Sebagai sebuah ilmu, sosiologi harus terlibat dengan lingkungan institusi dan proses sosial yang yang luas. Durkheim menekankan bahwa yang terpenting dalam sosiologi ialah dilakukannya analisis tentang hubungan antara institusi sosial sehingga memunculkan kesadaran mengenai fakta-fakta sosial.
Fakta sosial adalah suatu cara bertindak yang umum dalam suatu masyarakat yang terbentuk dengan sendirinya dan terbebas dari manifestasi individu. Fakta sosial terdiri atas hukum, undang-undang, adat istiadat, sistem bahasa, kepercayaan dan upacara agama, sistem mata uang, serta kebiasaan. Disebut fakta sosial karena hal tersebut terjadi dan terwujud di luar kesadaran individu.

10. Max Weber (1864-1920)

Dalam sosiologi, Weber mengemukakan kaidah pemahaman atau verstehen, yaitu mengamati tindakan sosial dengan menguraikan proses motivasi para prilaku dalm lingkup situasi, sejarah, dan simbolik. Maka, sosiologi menurut Weber adalah suatu ilmu yang mencoba untuk memahami tindakan sosial dalam usaha mencapai uraian tentang sebab dan akibat.

Demikian lah pada kesempatan ini saya membahas Definisi Sosiologi Menurut Para Sosiolog (Para Ahli Sosiologi). Semoga bermanfaat!

Referensi:
Janu Murdiyatmoko
Citra Handayani
Materi Sosiologi Kelas X

Definisi Sosiologi Menurut Para Sosiolog (Para Ahli Sosiologi) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.