Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Friday, October 23, 2015

Fungsi dan Peranan Musik Daerah

Keragaman musik Nusantara memiliki fungsi dan peranan tertentu dalam kehidupan masyarakat. Menurut Alan P. Merriam dan Soedarsono, Seni musik mempunyai delapan fungsi penting, yaitu sebagai berikut.

  1. Suatu kenikmatan estetis, yaitu sesuatu yang bisa dinikmati oleh pencipta dan penontonnya.
  2. Hiburan bagi warga masyarakat yang menyukai musik.
  3. Alat komunikasi bagi masyarakat yang mengerti musik. Artinya, jenis musik yang disajikan dan dimengerti oleh sekelompok masyarakat tertentu belum tentu dimengerti oleh sekelompok masyarakat yang lain. Dengan demikian, musik seperti bahasa yang dikenal, dipahami, dan dipelajari dengan cara banyak melihat, mendengar, dan menganalisis karya musik tersebut.
  4. Simbolisasi, yaitu musik melambangkan suatu kejadian atau peristiwa.
  5. Respon fisik, yaitu musik berfungsi sebagai sebuah iringan tari tradisional.
  6. Hal yang bisa memperkuat norma-norma sosial.
  7. Pengesahan institusi-institusi sosial dan acara-acara keagamaan.
  8. Sumbangan pada pelestarian dan stabilitas kebudayaan.


Delapan fungsi musik etnis tersebut secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lima fungsi utama, yaitu sebagai media ekspresi, media hiburan, media upacara, media komersial, dan sebagai iringan tarian.

a. Musik sebagai media ekspresi

Seni merupakan media yang dapat mengungkapkan ekspresi yang ada di dalam diri seniman. Seniman musik akan mengungkapkan ekspresinya dalam musik. Pemusik (musikus) menjadikan musik sebagai satu-satunya alat untuk mencurahkann berbagai ekspresi yang dimilikinya. Karya-karya musik hasil curahan ekspresi pemusik tersebut ada yang berbentuk musik vokal, instrumental, serta gabungan vokal dan instrumental.

b. Musik sebagai media hiburan

Musik merupakan hasil karya cipta para seniman yang dapat memberikan hiburan kepada masyarakat. Banyak cara yang dapat dilakukan masyarakat untuk dapat mendengarkan musik. Ada yang menonton pergelaran musik di gedung pertunjukan, aa yang menonton pertunjukan di acara hajatan, ada yang mendengarkan musik melalui radio, atau menyaksikan tayangan-tayangan musik dari siaran televisi.

c. Musik sebagai media upacara

Musik ada yang khusus diciptakan untuk kebutuhan upacara yang dilakukan masyarakat. Di daerah Jawa Tengah, terdapat gamelan sekaten yang biasanya dimainkan pada acara Maulid Nabi. Selain itu, di Ranca Kalong, Sumedang (Jawa Barat), ada musik Jentreng yang dimainkan pada setiap upacara panen padi. Dengan demikian, fungsi musik sebagai media upacara diperuntukkan bagi sesuatu yang diupacarakan.

Fungsi dan Peranan Musik Daerah

d. Musik sebagai media komersial

Kegiatan bermusik tidak hanya dapat digunakan untuk menyalurkan bakat dan hobi para seniman musik. Musik juga dapat dijadikan sebagai salah satu mata pencarian. Bahkan, ada sebagian orang yang mata pencariannya dalam bidang seni musik, baik yang berprofesi pencipta lagu, pemain musik maupun pengelola sanggar musik.

e. Musik sebagai iringan tari

Jika anda meliihat pertunjukan tari, di dalamnya terdapat unsur musik yang khusus dimainkan untuk mendukung gerka-gerak tari yang dipertunjukan.


Demikianlah penjelasan tentang fungsi dan peranan musik daerah. Semoga bermanfaat!


Referensi:
Yuliawan Kasmahidayat
Harry Sulastianto
Nanag Supriatna
Kiki Sukarta
Yudi Sukmayadi
Rika Riwayani

Materi Seni Budaya Kelas X

Fungsi dan Peranan Musik Daerah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

1 komentar:

  1. bagus banget,ditingkatkan lagi ya biar nambah bagusnya

    ReplyDelete

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.