Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Saturday, October 3, 2015

Pendekatan Geografi Terlengkap

Pendekatan Geografi Terlengkap - Seperti yang telah disampaikan bahwa objek kajian geografi adalah geosfer. Akan tetapi, ada beberapa ilmu yang mengkaji tentang bagian-bagian geosfer. Perbedaan kajian geografi dengan kajian ilmu lain terletak pada pendekatannya. Ada pendekatan keruangan, pendekatan ekologis (lingkungan), dan pendekatan kompleks wilayah.

1. Pendekatan Keruangan

Ruang adalah seluruh permukaan bumi yang merupakan tempat hidup tumbuhan, hewan, dan manusia. Pendekatan keruangan menganalisa gejala-gejala atau fenomena geografi berdasarkan penyebarannya dalam ruang. Analisa keruangan dapat dijadikan dasar untuk perencanaan penggunaan lahan tertentu.
Analisa keruangan mempelajari perbedaan karakteristik suatu wilayah, baik yang menyangkut keadaan alam maupun manusianya. Dalam analisis keruangan perlu diperhatikan:
a. Penyebaran penggunaan ruang yang telah ada
b. Penyebaran ruang yang akan digunakan untuk berbagai kegunaan yang direncanakan

Pendekatan Geografi Terlengkap


Dalam analisis keruangan terdapat teori difusi, yaitu teori yang menjelaskan bagaimana suatu fenomena dapat menyebar atau menjalar ke tempat lain. Difusi dibedakan atas beberapa macam, yaitu sebagai berikut:
  • Difusi ekspansi, yaitu difusi yang berasal dari suatu tempat kemudian menyebar ke tempat lain dan semakin meluas. Contohnya, penyebaran penyakit tifus.
  • Difusi relokasi, yaitu difusi yang berpindah ke tempat lain, kemudian di tempat baru mengembang lagi. Contohnya, orang yang terkena tifus kemudian pindah ke tempat lain dan penyakitnya menyebar di tempat baru.
  • Difusi menjalar, yaitu bagian dari difusi ekspansi yang penyebarannya melalui kontak langsung antarmanusia. Misalnya, inovasi di bidang pertanian.
  • Difusi cascade, yaitu difusi yang diproses penyebarannya melalui beberapa tingkatan (hierarki). Misalnya, sosialisasi program KB dari tingkat kabupaten, kecamatan, desa, dan kelurahan.
Data dalam analisis keruangan dapat dikumpulkan, diantaranya data lokasi, yang meliputi data titik dan data wilayah. Data titik antara lain ketinggian tempat, sampel batuan, sampel tanah, dan sampel air. Adapun data wilayah di antaranya luas hutan, luas perkebunan, dan luas permukaan.

2. Pendekatan Ekologis (Lingkungan)

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme hidup dan lingkungannya. Organisme hidup meliputi manusia, hewan, dan tumbuhan, sedangkan lingkungan meliputi air, tanah, dan udara. Ekologi manusia (Human Ecology) adalah studi mengenai interaksi antara manusia dan lingkungannya, atau manusia dan manusia lainnya. Ekologi manusia sering pula disebut sebagai objek kajian geografi.
Pendekatan ekologis menekankan hubungan antar makhluk hidup dan komponen lingkungan hidup lainnya, dalam hal ini hubungan antara manusia dan lingkungannya. Interaksi antara manusia dan lingkungan bersifat sebab akibat. Misalnya, jika manusia merusak hutan, manusia juga akan terkena dampaknya, seperti bencana tanah longsor dan banjir. Jadi, melalui pendekatan ini diharapkan manusia selalu menjaga lingkungannya.

3. Pendekatan Kompleks Wilayah

Pendekatan kompleks wilayah merupakan gabungan antara pendekatan keruangan dan pendekatan ekologi. Hal ini karena setiap daerah memiliki perbedaan (areal diferetiation), baik kondisi alam maupun manusia sehingga setiap daerah akan melakukan interaksi dengan daerah lain untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, terjadi penawaran dan permintaan sehingga antar daerah yang subur dan banyak memiliki sumber daya akan banyak dikunjungi penduduk dari daerah yang miskin sumber daya.

Demikianlah penjelasan tentang Pendekatan Geografi Terlengkap. Semoga bermanfaat!

Referensi:
Lili Somantri
Nurul Huda
Materi Geografi Kelas X

Pendekatan Geografi Terlengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.