Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Saturday, October 3, 2015

Teori Terbentuknya Jagat Raya

Teori Terbentuknya Jagat Raya - Jika disadari bahwa manusia tinggal di permukaan bumi yang ternyata sangat luas, tetapi jika dikaitkan dengan jagat raya, bumi belum ada apa-apanya. Jagat raya merupakan ruang angkasa dengan segala benda, zat, dan energi yang ada didalamnya. Benda-benda yang terdapat di ruang angkasa, antara lain nebula, bintang, dan galaksi.
Ilmu yang mempelajari tentang jagat raya adalah Astronomi. Adapun ilmu yang mempelajari jagat raya kaitannya dengan kehidupan di bumi adalah Kosmografi.

Teori Terbentuknya Jagat Raya

Berikut Teori Terbentuknya Jagat Raya:

1. Teori Ledakan Besar (The Big Bang Theory)

Teori ini dikemukakan oleh Georges Lemaitres seorang astronom Belgia 1930. Menurut teori ini, jagat raya berawal dari adanya suatu massa yang sangat besar dengan berat jenis yang besar pula dan mengalami ledakan yang sangat dahsyat karena adanya reaksi pada inti massa. Ketika terjadi ledakan besar, bagian-bagian dari massa tersebut berserakan dan terpental menjauh dari pusat ledakan. Setelah miliaran tahun lamanya kemudian bagian-bagian yang terpental tersebut membentuk kelompok-kelompok yang dikenal sebagai galaksi-galaksi dalam sistem tata surya.

Baca juga >> Pengertian Tata Surya

2. Teori Mengembang dan Memampat (The Oscillating Theory)

Teori ini dikenal pula dengan nama Teori Ekspansi dan Kontraksi. Menurut teori ini jagat raya terbentuk karena adanya suatu siklus materi yang diawali dengan massa ekspansi (mengembang) yang disebabkan oleh galaksi-galaksi. Tahap ini diperkirakan berlangsung selama 30 miliar tahun. Selanjutnya, galaksi-galaksi dan bintang yang telah terbentuk akan meredup, kemudian panas yang sangat tinggi. Setelah tahap memampat, maka tahap berikutnya adalah tahap mengembang dan kemudian pada akhirnya memampat lagi.

Demikian ulasan singkat mengenai Teori Terbentuknya Jagat Raya. Semoga bermnafaat!

Referensi:
Lili Somantri
Nurul Huda
Materi Geografi Kelas X

Teori Terbentuknya Jagat Raya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.