Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Sunday, November 8, 2015

Pengertian dan Perkembangan Ilmu Ekonomi

Apa dan Mengapa Ilmu Ekonomi?

Manusia sebagai subjek dalam kegiatan ekonomi tentu selalu dihadapkan kepada masalah-masalah yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan hidupnya. kebutuhan manusia berbeda untuk setiap lapisan dan kondisi masyarakat. Artinya, kebutuhan pada satu tingkat sosial masyarakat atau lingkungan tertentu belum tentu menjadi kebutuhan di tingkat sosial masyarakat atau lingkungan lainnya.
Xenophon (440-355 SM) menyatakan bahwa secara etimologis (menurut asal kata), kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani, oikonomia yang merupakan gabungan dari dua kata yaitu oikos yang berarti rumah tangga, dan nomos yang berarti aturan, kaidah atau pengelolaan. Jadi, pengertian yang sangat sempit dan sederhana ekonomi adalah aturan-aturan, kaidah-kaidah, atau cara pengelolaan suatu rumah tangga.

Pengertian dan Perkembangan Ilmu Ekonomi

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

  1. Paul A. Samuelson (2001), mendefinisikan ekonomi sebagai kajian masyarakat menggunakan sumber daya yang langka untuk memproduksi komoditi-komoditi berharga dan mendistribusikannya kepada masyarakat luas.
  2. Alfred Marshall, dalam bukunya Principles of Economics seperti dikutip oleh Mubyarto (1987), mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai suatu studi tentang manusia dalam kehidupannya atau kelompok yang berkaitan erat dengan pencapaian dan pemenuhan alat kebutuhan materi bagi kesejahteraannya.
  3. Menurut Dominick Salvatore dan Eugene A. Diulio (2004). ekonomi adalah ilmu sosial yang mempelajari individu dan organisasi yang terlibat dalam produksi, konsumsi, dan distribusi barang dan jasa.
Berdasarkan pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa illmu ekonomi sebagai ilmu yang mempelajari bagaimana individu atau masyarakat memilih cara penggunaan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan sebagai usaha mencapai kemakmuran.

Perkembangan Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi mulai dirintis oleh para Merkantilis atau Kameralis (kaum pedagang) dan kaum Fisiokratis di Perancis antara abad ke-16 dan ke-17. Merekalah orang-orang yang pertama kali memandang ekonomi sebagai hal yang bersifat otonom (mandiri).
Sejarah ilmu ekonomi yang lahir pada tahun 1776 disebut sebagai ilmu ekonomi politik bukan ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi politik adalah suatu ilmu kemasyarakatan modern yang membahas  hubungan antara proses-proses politik  dan ekonomi. Perubahan nama ekonomi politik menjadi nama ilmu ekonomi baru terjadi pada tahun 1890 pada saat Alfred Marshall, seorang ahli ekonomi dari Universitas Cambridge, Inggris menerbitkan karyanya "the Principles of Economics".
Dalam perkembangan ilmu ekonomi, aliran ekonomi yang dikemukakan oleh Adam Smith dikenal dengan nama "aliran (mazhab) ekonomi klasik" atau aliran pertama dari ilmu ekonomi modern. Aliran ekonomi klasik menginginkan diberlakukannya hukum alamiah (natural law) yang mengkehendaki kebebasan dan pengembangan individualisme. Menurut Adam Smith, jika setiap orang diberi kebebasan untuk mengembangkan diri dalam mencapai keinginan dan motif pribadinya, masyarakat secara keseluruhan akan mencapai kesejahteraan atau kemakmuran.


Referensi:
Herian Firmansyah
Romi Pernandi
Agus Awaludin

Materi Ekonomi Kelas X

Pengertian dan Perkembangan Ilmu Ekonomi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.