Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Friday, November 13, 2015

Pengertian Satelit Beserta Fungsinya

Setiap planet memiliki satelit alam sebagai pengikutnya. Pengertian satelit adalah benda langit yang merupakan pengikut  planet. Bulan merupakan satu-satunya satelit bumi. Terbentuknya satelit bersama-sama dengan proses pembentukan planet. Oleh karena massanya lebih kecil dan berlokasi dalam lingkungan gravitasi planet tertentu, maka satelit beredar mengelilingi planet tersebut.

Permukaan bulan tidak rata seperti yang dilihat dari bumi, tetapi relief karena hantaman benda-benda langit seperti meteor yang menyebabkan di permukaan bulan banyak terdapat kawah-kawah. Hal ini dikarenakan bulan tidak memiliki atmosfer sehingga meteor tidak dapat dihancurkan.
Kawah-kawah tersebut terbentuk karena benturan batuan meteroit raksasa ketika permukaan bulan masih lembut. Tidak ada proses geologi dan angin di bulan menyebabkan kawah-kawah tersebut terpelihara. Hal ini tidak terjadi di bumi. Bumi pernah mengalami hujan meteroit besar, tetapi kawah-kawahnya banyak yang telah hilang oleh proses geologis atau proses atmosferik, seperti hujan dan angin.

Pengertian Satelit Beserta Fungsinya

Bukti-bukti astronomis dan geologis menunjukkan bahwa bulan diduga berasal dari bumi juga. Hal ini dapat dilihat dari tidak adanya inti besi, kemiripan komposisinya dengan kerak bumi, dan bidang orbitnya yang tidak terlalu menyimpang dari ekuator bumi. Para ilmuwan beranggapan bahwa bulan terbentuk lontaran materi bumi ketika bumi yang masih lembut tertabrak asteroid pada masa awal pembentukan tata surya.

Baca Juga >> Teori Terjadinya Tata Surya

Bulan yang beredar mengelilingi bumi sering mengalami fase, yaitu bentuknya teratur jika dilihat dari bumi. Jika bulan berada pada posisi terdekat matahari, bagian bulan yang menghadap ke bumi akan tampak gelap yang disebut fase bulan baru. Sementara bulan melanjutkan pergerakannya untuk mengitari bumi, tampak bulan berubah pula menjadi fase bulan sabit, lalu bulan setengah, bulan tiga perempat, kemudian menjadi bulan purnama. Setelah mencapai fase purnama, fase berikutnya adalah kebalikannya sampai pada akhirnya terjadi fase gelap atau bulan baru kembali. Waktu yang diperlukan untuk perubahan bentuk bulan, yaitu selama satu bulan.

Pengertian Satelit Beserta Fungsinya

Bulan bergerak mengelilingi bumi dari arah barat ke timur dengan memakan waktu satu bulan. Bulan juga berotasi pada porosnya, yaitu waktunya satu bulan sehingga yang tampak dari bumi hanya bagian itu-itu saja. Selain itu, bulan juga bersama-sama bumi mengelilingi matahari. Oleh karena itu, sering terjadi gerhana bulan karena posisi matahari yang sejajar dengan bulan dan bumi. Selain gerhana bulan, terjadi juga gerhana matahari.

Fungsi-fungsi Satelit 

  1. Satelit sebagai transmisi sinyal jarak jauh. Seperti contohnya pada sistem jaringan WAN (World Area Network), yang dimana sinyal internet secara global.
  2. Satelit sebagai repeater di langit. Ialah sebagai penguat sinyal, Seperti misalnya jarak sinyal yang akan dikirimkan sangat jauh, maka diperlukan yang namnya repeater atau pembantu sinyal istilah lainnya adalah penambah daya sinyal ataupengeuat sinyal.
  3. Untuk mengkaji benda-benda yang ada dilangit. Maksudnya yaitu fungsi satelit sebagai alat yang digunakan untuk meneliti benda yang terdapat di alam ini, baik itu benda yang ada dibumi maupun diluar angkasa.
  4. Untuk melihat keadaan cuaca dan iklim. Biasanya digunakan pada BMKG yaitu untuk memantau keadaan alamat seperti angin, air laut, tanah, gunung merapi, gempa bumi dan yang lainnya, yang dapat dipantau melalui satelit.
  5. Dan masih banyak lagi fungsi satelit yang lainnya.

Demikianlah Pengertian Satelit Beserta Fungsinya. Semoga bermanfaat!


Referensi:
Referensi:
Lili Somantri
Nurul Huda
Materi Geografi Kelas X

Pengertian Satelit Beserta Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.