Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Wednesday, November 18, 2015

Pengertian Sistem Hukum

Sistem adalah perangkat unsur yang saling berkaitan sehingga membentuk satu totalitas. Selain itu pengertian hukum adalah peraturan atau tata tertib yang mempunyai sifat memaksa, mengikat, dan mengatur hubungan manusia dan manusia lainnya dalam masyarakat dengan tujuan menjamin keadilan dalam pergaulan hidup dalam bermasyarakat. Hukum yang berlaku di Indonesia disebut hukum nasional. Tata hukum nasional adalah peraturan hukum yang berlaku bagi segenap bangsa dan seluruh tanah air Indonesia. Tata hukum nasional terdiri atas hukum tertulis dan hukum tidak tertulis. Dengan demikian, hukum akan berjalan dengan baik jika sistem yang dibangun saling berkaitan.

Mochtar Kusumaatmadja seorang pakar hukum menjelaskan bahwa "hukum adalah keseluruhan kaidah-kaidah serta asas-asas yang mengatur pergaulan hidup dalam bermasyarakat yang bertujuan memelihara ketertiban serta meliputi lembaga-lembaga dan proses guna mewujudkan berlakunya kaidah itu sebagai kenyataan dalam masyarakat".

Baca Juga >> Fungsi dan Tujuan Negara Menurut Para Ahli

Berdasarkan hal tersebut, hukum adalah norma yang bersumber dari pemerintah atau negara. Pelanggaran terhadap norma hukum akan dikenal sanksi. Norma hukum bersifat tegas dan memaksa atau mengikat. 
Tujuan memahami tata hukum adalah untuk mengatahui perbuatan atau tindakan manakah yang bertentangan atau sesuai dengan hukum. Selain itu, tujuan memahami tata hukum, yaitu untuk memahami kedudukan seseorang dalam masyarakat, apakah kewajiban-kewajiban dan wewenang-wewenangnya itu sudah sesuai dengan hukum. Hukum merupakan peraturan-peraturan yang bersifat memaksa dan mengatur tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat. Hukum dibuat oleh badan-badan resmi dan pelanggaran terhadap peraturan-peraturan tersebut, mengakibatkan diambilnya tindakan yang berupa sanksi tertentu.

Pengertian sistem hukum

Berdasarkan pengertian atau definisi hukum, maka dapat diambil kesimpulan bahwa hukum itu meliputi beberapa unsur, yaitu sebagai berikut:

  1. Peraturan mengenai tingkah laku manusia dalam pergaulan masyarakat;
  2. Peraturan yang dibuat oleh badan-badan resmi;
  3. Peraturan yang bersifat memaksa;
  4. Adanya sanksi yang tegas atas pelanggaran peraturan tersebut.
Adapun ciri-ciri dari hukum, yaitu sebagai berikut:
  1. Adanya perintah dan/atau larangan;
  2. Perintah dan/atau larangan tersebut harus ditaati oleh setiap orang.
Selain itu, hukum mempunyai fungsi terhadap subjek hukum, yaitu sebagai berikut:
  1. Menjamin kepastian hukum bagi setiap orang di dalam masyarakat;
  2. Menjamin ketertiban, ketenteraman, kedamaian, keadilan, kemakmuran, kebahagiaan, dan kebenaran;
  3. Menjaga tidak terjadi perbuatan main hukum sendiri dalam masyarakat.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian sistem hukum. Semoga bermanfaat!


Referensi:
Aim Abdulkarim
Materi Kewarganegaraan Kelas X

Pengertian Sistem Hukum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.