Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Saturday, March 26, 2016

Pengertian Iman Kepada Malaikat

Gaib merupakan segala sesuatu yang diyakini adanya, tetapi tidak bisa ditangkap oleh indar manusia. Sesuatu yang gaib itu hanya dapat diketahui dari dalil naqli, yaitu ayat-ayat Al-Quran dan hadis-hadis Nabi Muhammad saw.

Pengertian Iman Kepada Malaikat

Apa itu Pengertian Iman Kepada Malaikat? Kata Malaikat adalah jamak dari kata Malakun yang artinya utusan. Menurut istilah, malaikat adalah makhluk rohani yang bersikap gaib, diciptakan dari nur, selalu taat, tunduk serta patuh kepada Allah swt., dan tidak pernah ingkar kepada-Nya. Mereka tidak membutuhkan makan, minum, atau tidur. Mereka tidak memiliki keinginan apapun secara fisik, serta mnghabiskan waktunya siang dan malam hanya untuk mengabdi kepada Allah swt.
Beriman kepada Malaikat berarti mempercayai dengan sepenuh hati bahwa Allah swt., telah menciptakan makhluk dari nur yang bernama Malaikat. Mengimani keberadaan Malaikat merupakan hal yang sangat penting. Kepercayaan tersebut akan memurnikan amalan umat Islam dari segala bentuk kesyirikan.

Allah swt. berfirman dalam ayat berikut ini yang artinya:
"Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu kearah timur dan ke barat, tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi (Q.S. al-Baqarah/2: 177)

Secara tersirat, ayat tersebut menjelaskan bahwa beriman kepada Malaikat itu adalah pangkal keimanan kepada wahyu yang diturunkan Allah swt. kepada rasul-Nya. Hal itu disebabkan, Allah swt. menurunkan wahyu kepada para rasul-Nya melalui perantara. Perantara tersebut Malaikat Jibril.
Demikian pula sebaliknya, jika ada orang yang mendustakan keberadaan Malaikat berarti ia telah mendustakan wahyu dan kitab-kitab Allah swt. dan mendustakan risalah para rasul. Oleh sebab itu, dalam redaksi ayat tersebut, Allah swt. mendahulukan keimanan kepada Malaikat di atas keimanan kepada kitab-kitab dan para nabi.

Pengertian Iman Kepada Malaikat

Adapun orang yang mengingkari keberadaan para Malaikat beserta sifat-sifat adalah orang yang kafir dan akan tersesat sejauh-jauhnya. Allah swt. berfirman di dalam Al-Quran Surah an-Nisa Ayat 136 berikut ini yang artinya:
"...Barang siapa ingkar kepada Allah, Malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari kiamat, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh (Q.S. an-Nisa'/4:136)


Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Iman Kepada Malaikat. Semoga bermanfaat!

Sumber:
H. Khuslan Haludhi dan Abdurrohim Sa'id
Agama Islam materi kelas XII
Sekolah Menengah Atas

Pengertian Iman Kepada Malaikat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdi Basariyadi

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.