close

Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Friday, August 11, 2017

Batas-Batas Wilayah Indonesia Lengkap Utara, Barat, Timur, Selatan



Batas-Batas Wilayah Indonesia Lengkap Utara, Barat, Timur,Selatan - Setiap negara di dunia ini tentu saja sudah memiliki batas-batasan wilayahnya masing-masing. Sementara itu, bentuk perbatasan atau tanda yang membatasi bahwa wilayah tersebut sudah masuk wilayah dari negara lain bisa beragam, mulai dari gapura besar, pagar, tugu berupa sungai, atau mungkin perairan seperti laut.

Batas-Batas Wilayah Indonesia Lengkap Utara, Barat, Timur, Selatan
Batas-Batas Wilayah Indonesia Lengkap Utara, Barat, Timur, Selatan


Nah sebagai warga negara Indonesia yang baik, tentunya kita juga harus mengetahui tentang dimana saja batas-batas wilayah indonesia baik itu wilayah darat (kontinen) maupun wilayah perairan atau sering disebut dengan wilayah maritim. Kita semua psti juga sudah tahu bahwa wilayah Indonesia ini sebagian besar merupakan wilayah maritim yang mana hampir 70 persen wilayahnya berupa laut dan terdiri dari banyak pulau.

Hal itu menjadi negara Indonesia ini hanya memiliki 3 batasan untuk wilayah darat, selebihnya semua batasan wilayah negara indonesia ada di perairan. Total ada sekitar 10 batas wilayah negara Indonesia yang ada di lautan.

Sesuai dengan tema kita kali ini, kami akan berbagi informasi mengenai batas-batas wilayah negara Indonesia lengkap di sebelah utara, timur, selatan dan bagian barat. Tidak hanya itu saja, kita juga akan memberikan informasi tentang batasan maritim dan batasan kontinennya sekaligus.

Oke, langsung saja tanpa perlu panjang lebar lagi berikut ini adalah batas-batas wilayah Indonesia lengkap baik di timur, utara, barat dan selatan serta dari sabang sampai merauke.

Batas-Batas Wilayah Indonesia Lengkap

Batas Indonesia Bagian Utara ( Pulau Kalimantan )
Batas Kontinen ( Batas Darat ) : Malaysia ( bagian timur )
Batas Maritim ( Batas Laut ) : Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan Filipina.

Batas Indonesia Bagian Barat
Batas Kontinen ( Batas Darat ) : tidak ada
Batas Maritim ( Batas Laut ) : Samudera Hindia dan Perairan Negara India

Keterangan : Secara geografis daratan Indonesia terpisah jauh dengan daratan India, tapi keduanya memiliki batas wilayah pulau dimana ada titik tertentu di sekitar Samudera Hindia dan Laut Andaman yang ditandai dengan dua pulau. Pulau tersebut ialah Pulau Ronde (di Aceh) dan Pulau Nicobar (di India).

Batas Indonesia Bagian Timur ( Pulau Papua )
Batas Kontinen ( Batas Darat ) : Papua Nugini
Batas Maritim ( Batas Laut ) : Samudra Pasifik

Keterangan : Berdasarkan kesepakatan bilateral mengenai batas wilayah Indonesia dan Papua Nugini, maka disepakati batas wilayah Indonesia di sebelah Timur yakni Provinsi Papua yang berbatasan dengan wilayah Papua Nugini sebelah barat  : Provinsi Barat (Fly), Provinsi Sepik Barat (Sandaun).

Batas Indonesia Bagian Selatan
Batas Kontinen ( Batas Darat ) : Timor Leste
Batas Maritim ( Batas Laut ) : Perairan Australia dan Samudera Hinda

Itulah batas-batas wilayah negara Indonesia lengkap dari batasan kontinen maupun batas wilayah maritim. Dengan mengatahui batas-batas wilayah ini maka diharapkan setiap warga negara tahu betul seberapa luas negara Indonesia ini, atau sebarapa besar kekayaan negara indonesia. Sedikit informasi dan juga untuk menambah pengetahuan kita sebagai warga negara Indonesia, bahwa keberadaan negara Indonesia yang mana beberapa pulaunya dilewati oleh garis katulistiwa membuat negara ini menjadi negara tropis yang kaya akan hasil alamnya seperti tambang batu bara, bahkan ada kabar yang menyebutkan tambang emas di indonesia ini adalah yang terbesar di dunia.

Batas-Batas Wilayah Indonesia Lengkap Utara, Barat, Timur, Selatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hana Masaru

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.