close

Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Tuesday, August 15, 2017

Kumpulan Contoh Pidato Singkat Buat Tugas Sekolah



Kumpulan Contoh Pidato Singkat Buat Tugas Sekolah - Halo sahabat Medical Record, ketemu lagi nih sama kita, pasti lagi pusing dengan tugas pidato ya? Tenang, datang kesini adalah pilihan tepat sebab kali ini kita juga akan berbagi tentang berbagai macam contoh pidato singkat buat tugas sekoalah kalian semua. 

Tapi sebelumnya pasti tidak afdol kalau kita langsung kasih contoh pidato begitu saja, sebagian dari kalian pasti sudah tahu kan apa sih pidato itu. Sekedar untuk mengulangi materi saja, Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan (dikutip dari Wikipedia).

Jenis-jenis pidato sendiri sebenarnya tidak hanya ada satu saja, akan tetapi lebih dari satu. Berikut ini adalah jenis-jenis pidato:

  1. Pidato Pembukaan
  2. Pidato Pengarahan
  3. Pidato Sambutan 
  4. Pidato Peresmian
  5. Pidato Laporan 
  6. Pidato Pertanggungjawaban

Dari semua jenis pidato diatas tentu kalian sudah tahu pidato seperti apa yang kalian dapatkan dari tugas sekolah. Satu lagi hal penting yang harus kita ketahui bahwa sebelum kita berpidato, tentu saja kita harus tahu jenis pidato yang bagaimana yang akan kita sampaikan pada para pendengar semuanya. Setiap jenis pidato memiliki metode sendiri-sendiri di setiap jenisnya, akan tetapi secara umum ada 4 metode pidato. Metode pidato disini maksudnya adalah metode tentang bagaimana cara kita menyampaikan pidato nantinya. Nah, berikut ini adalah beberapa metode pidato yang bisa kalian terapkan sebelum atau ketika kalian berada di deppan.

  • Metode naskah (pidato dengan membawa naskah)
  • Metode menghafal (pidato tanpa membawa naskah tapi menghafal semua isi pidato yang ada di dalam naskah)
  • Metode impromptu/serta-merta (Pidato muncul dari ide-ide pikiran kita yang muncul secara tiba-tiba. Biasanya sering digunakan bagi mereka yang sudah terbiasa berpidato)
  • Metode ekstemporan (pidato dengan membawa catatan kecil, catatan tersebut hanya berisi tentang inti dari isi pidato yang akan kita sampaikan. Selanjutnya kita kembangkan sendiri)
Defini pidato sudah, jenis pidato sudah, metode pidato juga sudah, sekarang saatnya kita menuju ke contoh-contoh pidato singkat untuk tugas sekolah kalian. Dari contoh-contoh pidato yang akan kita bagikan disini hanyalah sebagai inspirasi kalian saja, jadi kalian tidak harus mencotoh persis seperti apa yang kami berikan. Sebab kalian juga perlu untuk mengembangkannya lagi menjadi lebih baik. Oke ya?

Berikut ini adalah contoh pidato singkat tentang narkoba: (dikutip dari infokekinian.com):

Pembukaan Pidato Tentang Narkoba :

"Assalamualaikum Wr. Wb.

Para hadirin yang saya hormati.

Pada kesempatan yang cukup teduh ini, marilah kita senantiasa memanjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT atas segala nikmat dan rahmat berupa kesehatan sehingga pada kesempatan ini kita bisa hadir di forum penerangan bahaya narkotika ini.

Isi Pidato Tentang Narkoba :
Hadirin yang saya hormati.

Menkonsumsi narkoba adalah salah satu perbuatan yang menyebabkan timbulnya kejahatan dan juga perbuatan syetan dan sekaligus perbuatan keji yang harus kita jauhi agar kita selamat di dunia dan akhirat, serta lingkungan masyarakat pun tentram tidak ada satu kejahatan pun.

Hadirin yang saya hormati.

Janganlah sekali kali kita mencoba untuk menggunakan narkoba, karena jika kita mencobanya maka kita akan rugi seumur hidup kita. Hidup terasa terbelenggu dan ketergantungan terhadap sesuatu yang justru merusak hidup kita.

Maka dari itu, marilah para putra dan putri bangsa.. Mulai dari sekarang menjauhi narkotika dan mulailah berlomba-lomba meraih cita-cita yang tinggi agar kelak menjadi orang yang tidak merugi.

Penutup Pidato Tentang Narkoba :
Hadirin yang saya hormati.

Mungkin hanya ini pidato yang bisa saya sampaikan, bila ada salah kata atau ucapan mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum Wr. Wb."

Pidato Singkat tentang Perpisahan Sekolah

"Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati,

Pertama-tama, kita patut bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan izin Tuhan kita bisa hadir dalam rangka pembukaan pelaksanaan acara perpisahan sekolah ini.

Saya mewakili seluruh siswa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyempatkan hadir dalam acara istimewa ini. Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran para orang tua siswa, guru-guru, kepala sekolah, staf sekolah serta teman-teman semua.

Isi pidato perpisahan sekolah :
Hadirin yang saya hormati,

Tidak terasa waktu telah berlalu hingga pada hari ini kita sedang menuju gerbang perpisahan dan akan melangkah dalam perjalanan kehidupan yang baru di depan. Segala hal yang kami peroleh selama ini di sekolah ini sangatlah berarti dan akan terus kami kenang.
Kami mengucapkan terima kasih kepada guru-guru yang telah sabar dan telaten membimbing kami menimba ilmu. Kami berdoa semoga apa yang telah diberikan menjadi bekal kami untuk menjadi manusia yang berguna.

Penutup Pidato Perpisahan Sekolah :
Di mana ada perjumpaan, pasti ada perpisahan. Semoga pula perpisahan kali ini bukanlah akhir dari segalanya. Kami yang nantinya akan menjadi alumni sekolah akan tetap menjalin silaturahmi dengan sekolah kami yang tercinta ini. Kami pun selaku siswa mungkin telah banyak membuat kesalahan dan merepotkan pihak-pihak pendidik di sekolah ini. Kami mengucapkan beribu-ribu maaf kepada ibu dan bapak guru semua.

Demikianlah sambutan dari saya selaku perwakilan siswa dalam acara perpisahan sekolah tercinta ini. Semoga kelak kita dapat meraih cita-cita dengan terus semangat!

Wassalamu’alaikum Wr. Wb."

Seperti itulah contoh pidato singkat untuk tugas sekolah kalian. Selamat belajar dan tetap semangat!

Kumpulan Contoh Pidato Singkat Buat Tugas Sekolah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hana Masaru

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.