close

Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Saturday, August 12, 2017

Pengertian Dan Contoh Paragraf Narasi Pendek Bahasa Indonesia

Pengertian Dan Contoh Paragraf Narasi Pendek BahasaIndonesia - Kita boleh jadi adalah warga Negara Indonesia, akan tetapi belum tentu kita mengenal dengan baik tata bahasa Indonesia. Seperti halnya orang bule, mereka tentu saja sangat pandai sekali berbahasa inggris akan tetapi ketika ditanya apa itu grammar, apa itu kalimat nominal, dan lain sebagainya belum tentu mereka paham betul mengenai semua itu. Begitu juga dengan kita, kita belum tentu tahu dan mengerti tentang apa itu narasi, apa itu kalimat majemuk bertingkat, dan lain sebagainya. 

Pengertian Dan Contoh Paragraf Narasi Pendek Bahasa Indonesia
Pengertian Dan Contoh Paragraf Narasi Pendek Bahasa Indonesia
Nah, untuk itulah pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi tentang pengertian narasi, ciri-ciri narasi dan juga contoh-contoh kaliamat narasi. Kalian yang datang kesini hampir pasti belum mengerti apa itu narasi, iya kan? Kalau sudah mengerti buat apa kalian repot-repot searching di google tentang narasi dan bertemu dengan artikel ini.

Langsung saja ke inti pembahasan, narasi adalah salah satu jenis pengembangan paragraph dalam sebuah tulisan yang meliputi beberapa rangkaian peristiwa dari waktu ke waktu. Yang mana persitiwa tersebut dijabarkan kembali mulai dari awal, tengah hingga akhir.

Untuk mengenali apakah itu paragraph narasi atau bukan, maka tentu kita terlebih dahulu harus tahu tentang ciri-ciri paragraph narasi. Berikut ini adalah ciri-ciri paragraph narasi agar kalian bisa membedakan apakah itu paragraph narasi atau bukan:

-          Berupa cerita tentang peristiwa atau pengalaman penulis.
-          Kejadian atau peristiwa yang disampaikan berupa peristiwa yang benar-benar terjadi, dapat berupa semata-mata imajinasi atau gabungan keduanya.
-          Berdasarkan konfiks, karena tanpa konfiks biasanya narasi tidak menarik.
-          Memiliki nilai estetika.
-          Menekankan susunan secara kronologis.

Setela kita tahu tentang ciri-ciri paragraph narasi, maka kita tentu juga harus tahu bahwa paragraph narasi itu terbagi menjadi dua jenis, berikut ini adalah jenis paragraph narasi:

1. Teks Narasi Ekspositorik

Paragraf Narasi Ekspositorik adalah sebuah paragraph narasi yang memiliki maksud atau sasaran dalam rangka memberikan sebuah informasi secara tepat mengenai suatu peristiwa dengan maksud untuk memperluas wawasan serta pengetahuan tentang kisah seseorang.

2. Teks Narasi Sugestif 

Sementara itu paragraph Narasi Sugestif adalah sebua paragraph narasi yang bertujuan untuk memberikan sebuah informasi tersembunyi kepada para pembaca. Sehingga dengan adanya paragraph narasi ini pembaca bisa mengerti maksud dari paragraph tertentu tanpa harus menjelaskannya secara gambling.

Nah untuk lebih jelasnya, kami juga akan mencantumkan contoh dari kedua jenis paragraph narasi. Simak baik-baik contoh-contoh di bawah ini:

Contoh Teks Narasi Ekspositoris


“Pada tanggal 4 Juli 1927 Ir. Soekarno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) dengan tujuan Indonesia segera merdeka. Namun nyatanya pada tanggal 29 Desember 1929, Belanda memasukkan beliau ke dalam penjara Sukamiskin di Bandung sampai pada tanggal 31 Desember 1931.”
Contoh Teks Narasi Sugestif


“Hari minggu adalah hari yang paling melelahkan bagiku. Jika di pagi hari banyak remaja yang menghabiskan waktunya untuk bersantai dan pergi untuk jalan-jalan bersama temannya, tidak berlaku bagiku. 

Pukul 5 pagi aku sudah harus bangun dan membantu ibuku untuk memasak dan setelah itu aku harus menemani adik-adik ku bermain sampai mereka lelah tertidur.”

Pengertian Dan Contoh Paragraf Narasi Pendek Bahasa Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hana Masaru

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.