close

Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Monday, August 14, 2017

Pengertian, Macam-Macam dan Contoh Hak Asasi Manusia (HAM)

Pengertian, Macam-Macam dan Contoh Hak Asasi Manusia (HAM) - Sebagai manusia yang manusiawai tentunya kita harus mengerti mengenai hak-hak antara manusia, dan kewajiban. Bicara soal hak manusia, pasti kita ingat dengan yang namanya hak asasi manusia, lantas apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan hak asasi manusia itu? Di lansir dari wikipedia, hak asasi manusia adalah prinsip-prinsip moral atau norma yang menggambarkan standar tertentu dari setiap perilaku manusia. Sementara hak tersebut dilindungi secara teratur sebagai hak-hak hukum dan internasional.

Pengertian, Macam-Macam dan Contoh Hak Asasi Manusia
Pengertian, Macam-Macam dan Contoh Hak Asasi Manusia

Jika dilihat dari pengertiannya diatas seperti masih teramat sulit untuk dimengerti terutama bagi kalian yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP). Untuk itulah kali ini kami akan membahasnya lebih detail lagi agar lebih mudah untuk dipahami tentang segala hal yang meliputi Hak asasi manusia mulai dari pengertian HAM, macam-macam HAM, dan contoh HAM.

Pengertian Hak Asasi Manusia ( HAM )

Menurut Undang Undang No. 39 Tahun 1999, HAM atau hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat keberadaan manusia sebagai makhluk dari Tuhan. Hak itu merupakan anugerah Tuhan yang wajib di hormati, di junjung tinggi dan di lindungi oleh Negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan terhadap harkat dan martabat manusia.

Macam-Macam Hak Asasi Manusia HAM

1. Hak Asasi Pribadi

Hak asasi pribadi merupakan hak yang berkaitan dengan dengan kehidupan pribadi kita.

Contoh Hak Asasi Pribadi :  Hak Kebebasan untuk menyampaikan pendapat,Hak Kebebasan untuk menjalankan peribadatan serta dalam memeluk agama,Hak Kebebasan untuk berpergian,Hak Kebebasan untuk memilih serta aktif di dalam suatu organisasi.

2. Hak Asasi Ekonomi

Hak asasi ekonomi adalah hak yang berkaitan dengan kehidupan perekonomian seperti Hak dalam membeli memiliki serta menjual dan dalam memanfaatkan sesuatu.

Contoh Hak Asasi Ekonomi: Hak untuk jual beli,Hak melakukan kontrak /perjanjian,Hak untuk sewa menyewa,Hak untuk memiliki sesuatu,Hak mendapatkan pekerjaan.

3. Hak Asasi Politik

Hak asasi politik adalah hak asasi yang berkaitan dengan persoalan politik seperti hak ikut serta didalam pemerintahan, hak untuk dipilih contohnya mencalonkan diri menjadi Presiden , serta memilih dalam pemilu contoh memilih presiden dan wakli Presiden, hak untuk mendirikan partai politik, dan lain lain.

Contoh Hak Asasi Politik: Kebebasan untuk memilih dan dipilih dalam demokrasi,Kebebasan untuk mendirikan partai,Hak untuk mengajukan dan membuat petisi.

4. Hak Asasi Peradilan

Hak asasi peradilan adalah hak seseorang untuk mendapatkan perlakuan yang sama dan adil dalam pengadilan.

Contoh Hak Asasi Peradilan: Hak memperoleh perlakukan yg adil dlm hukum,hak memperoleh pembelaan dalam hukum,hak untuk memperoleh hal yang sama di berlangsungnya sebuah proses hukum baik itu penyelidikan, penggeledahan, penangkapan, ataupun penahanan.

5. Hak Asasi Sosial dan Budaya

Hak asasi sosial budaya adalah hak asasi yang berhubungan dengan kehidupan di masyrakat seperti untuk memilih pendidikan, hak untuk mengembangkan kebudayaan dan lain lain.

Contoh Hak Asasi Sosial dan Budaya: Hak untuk memperoleh pendidikan yang layak,Hak untuk memperoleh pelajaran,Hak untuk memilih serta menentukan pendidikan,Hak mengembangkan bakat serta minat.

6. Hak Asasi Hukum

Hak asasi hukum adalah hak setiap orang di dalam kehidupan pemerintahan dan hukum.

Contoh Hak Asasi Hukum: Hak untuk memperoleh layanan serta perlindungan hukum,Hak untuk memperoleh serta mempunyai pembelaan hukum diperadilan,Hak untuk mendapat perlakuan adil didalam hukum.

7. Hak HanKam

Pasal 30 menyatakan, bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara”. Arti pesannya : bahwa setiap warga negara berhak dan wajib dalam usaha pembelaan negara.

Pengertian, Macam-Macam dan Contoh Hak Asasi Manusia (HAM) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hana Masaru

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.