close

Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Thursday, August 10, 2017

Penjelasan Unsur Teknik Seni Rupa 2 Dimensi Beserta Contohnya



Penjelasan Unsur Teknik Seni Rupa 2 Dimensi BesertaContohnya - Seni rupa dua dimensi ada salah satu karya seni yang hanya mempunyai dua sisi saja, yaitu sisi panjang dan sisi lebar, sehingga seni rupa dua dimensi ini tidak memiliki ruang sebab tidak memiliki unsur ketebalan. 

Unsur Teknik Seni Rupa 2 Dimensi
Unsur Teknik Seni Rupa 2 Dimensi

Beberapa teknik seni rupa dua dimensi terdiri dari empat jenis, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Teknik Plakat, teknik ini merupakan teknik melukis yang menggunakan peralatan seperti cat poster, cat minyak, cat akrelik. Setiap goresannya terlihat tebal sehingga menjadikan hasil warna lukisannya tampak pekat dan padat sekali.
  • Teknik Transparan yaitu teknik menggambar / melukis dengan menggunakan cat air, dengan sapuan warna yang tipis sehingga hasilnya nampak transparan.
  • Teknik Kolase yaitu melukis dengan memotong kertas yang kemudian ditempel sehingga membentuk lukisan yang realis atau abstrak.
  • Teknik 3M (melipat, menggunting, dan merekat) adalah merupakan proses manipulasi lembaran kertas menjadi suatu bentuk tiga dimensi.

Unsur – unsur Seni rupa 2 dimensi

a. Titik /Bintik

Teknik titik atau bintik menjadi teknik dasar seni rupa yang paling kecil, sebab semua wujud atau gambar yang dihasilkan itu dimulai dari titik. Titik bisa menjadi pusat perhatian, itu apabila berkumpul atau mempunyai warna yang beda.

b. Garis

Garis adalah goresan atau batas limit dari suatu benda, ruang, bidang, warna, texture, dan lainnya. Garis mempunyai dimensi memanjang dan mempunyai arah tertentu, garis mempunyai berbagai sifat, seperti pendek, panjang, lurus, tipis, vertikal, horizontal, melengkung, berombak, halus, tebal, miring, patah-patah, dan masih banyak lagi sifat-sifat yang lain.

c. Bidang

Sementara bidang adalah seni rupa yang merupakan salah satu unsur seni rupa yang telah terbentuk dari hubungan atau gabungan dari beberapa garis.

d. Bentuk

Berbeda dengan bidang yang telah terbentuk dari gabungan beberapa garis dan memiliki unsur panjang dan lebar saja, bentuk memiliki unsur panjang, lebar dan tinggi.

e. Tekstur

Tekstur adalah sifat dari permukaan sebuah benda, sifat tersebut bisa bermacam-macam jenisnya, seperti halus, kasar, kusam, mengkilap, licin, dan lain sebagainya. Sedangkan semua sifat-sifat tersebut bisa dirasakan dengan menggunakan penglihatan serta diraba.

Selain kelima unsur seni rupa yang sudah kami sebutkan diatas, masih ada lagi unsur-unsur seni lainnya, yaitu warna, gelap dan terang, serta ruangan (kedalaman). Dengan mengenali teknik serta unsur seni rupa tersebut maka kita bisa membuat sesuatu yang disebut dengan gambar ata lukisan.

Teknik seni rupa dua dimensi sudah, unsur-unsur seni rupa juga sudah. Sekarang saatnya kami menunjukkan contoh-contoh seni rupa dua dimensi.Di bawah ini adalah beberapa conto karya seni rupa dua dimensi:

Unsur Teknik Seni Rupa 2 Dimensi
Unsur Teknik Seni Rupa 2 Dimensi

Unsur Teknik Seni Rupa 2 Dimensi
Unsur Teknik Seni Rupa 2 Dimensi

Penjelasan Unsur Teknik Seni Rupa 2 Dimensi Beserta Contohnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hana Masaru

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.