Pengertian Pendidikan Kesehatan Menurut Notoatmodjo, 2012

Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Saturday, February 13, 2021

Pengertian Pendidikan Kesehatan Menurut Notoatmodjo, 2012

Pengertian Pendidikan Kesehatan Menurut Notoatmodjo 2012. Berikut ini sedikit informasi mengenai apakah arti pendidikan kesehatan menurut Soekidjo Notoatmodjo. Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo, lahir di Boyolali pada tanggal 27 Desember 1940, jabatan fungsionalnya kini adalah Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Mengawali pendidikannya di bidang kesehatan di Universitas Indonesia, dengan gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat. Kemudian di Liverpool School of Tropical Medicine, England (Inggris), meraih Master in Community Health. DAn terakhir meraih Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat di Universitas Indonesia. Pekerjaan yang digelutinya dari tahun 1972 sampai sekarang adalah sebagai dosen Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dan sebagai guru besar luar biasa Fakultas Kesehatan Universitas Kristen Indonesia dari tahun 1980.

Pengertian Pendidikan Kesehatan Menurut Notoatmodjo, 2012

Pengertian Pendidikan Kesehatan Menurut Notoatmodjo, 2012

Pendidikan secara umum adalah segala upaya yang direncanakan untuk mempengaruhi orang lain, baik individu, kelompok atau masyarakat, sehingga mereka melakukan apa yang di harapkan oleh pelaku pendidikan, yang tersirat dalam pendidikan adalah: input adalah sasaran pendidikan (individu, kelompok, dan masyarakat), pendidik adalah (pelakupendidikan), proses adalah (upaya yang direncanakan untuk mempengaruhi orang lain), output adalah (melakukan apa yang diharapkan atau perilaku) (Notoatmodjo, 2012).

Kesehatan adalah keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual, maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi, dan menurutWHO yang paling baru ini memang lebih luas dan dinamis dibandingkan dengan batasan sebelumnya yang mengatakan, bahwa kesehatan adalah keadaan sempurna, baik fisik maupun mental dan tidak hanya bebas dari penyakit dan cacat (Notoatmodjo, 2012).

Pendidikan kesehatan adalah aplikasi atau penerapan pendidikan dalam bidang kesehatan. Secara opearasional pendidikan kesehatan adalahsemua kegiatan untuk memberikan dan meningkatkan pengetahuan, sikap, praktek baik individu, kelompok atau masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan mereka sendiri (Notoatmodjo, 2012). 

Terimakasih sudah membaca Pengertian Pendidikan Kesehatan Menurut Notoatmodjo, 2012. Jika sekiranya artikel ini bermanfaat silakan share dengan teman anda melalui sosmed, aritekel menarik lainnya adalah : Metode Pendidikan Kesehatan.

Pengertian Pendidikan Kesehatan Menurut Notoatmodjo, 2012 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: xapiqul

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.

 
close