Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi

Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Tuesday, May 25, 2021

Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi

 Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi. Kita hidup di planet yang bernama Bumi. Tanpa kita sadari dan tanpa bisa kita kendalikan siang dana malam silih berganti, angin bertiup kencang tanpa bisa dikendalikan, musim silih berganti datang dan pergi, dan masih banyak hal lain yang terjadi atas kuasa-Nya. Dan seandainya rotasi dan revolusi bumi kacau, bisa jadi tanda kiamat akan terjadi.

Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi


Apakah kamu tahu apa yang menyebabkan peristiwa yang sudah mimin sebutkan di atas? Jawabannya adalah karena Allah subhanahuwataala menciptakan sebuah sistem yang bernama rotasi dan revolusi bumi. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi efek sampingnya, mungkin ada lagi yang belum kita ketahui yang lainnya:

1. Terjadinya Siang dan Malam

Rotasi bumi mengakibatkan terjadinya siang dan malam. Hal ini terjadi karena ada dua bagian bumi yang sebagian menghadap matahari dan sebagian lagi membelakangi matahari. Bagian yang menghadap matahari mengalami waktu siang; bagian yang membelakangi matahari mengalami waktu malam.

2. Gerak Semu Harian Matahari

Nah, pasti kamu berpikir kalau matahari itu bergerak mengelilingi bumi, kan? Sebenarnya, bumi mengelilingi matahari. Matahari menjadi pusat tata surya yang dikelilingi oleh planet-planet di dalam orbitnya, termasuk bumi. Peristiwa itu disebut gerak semu harian matahari. Pergerakan semu harian matahari disebabkan oleh rotasi bumi yang membuat matahari seolah-olah mengelilingi bumi. Matahari merupakan bintang yang menghasilkan energi atau cahaya sendiri. Nah, matahari itu juga berkeliling, loh. Matahari bergerak mengelilingi sebuah lubang hitam yang berada di pusat galaksi Bima Sakti.

3. Perbedaan Waktu

Rotasi bumi juga berpengaruh pada perbedaan waktu di bagian-bagian bumi. Terdapat 24 daerah waktu yang ada di bumi. Pusat waktu berada di kota Greenwich, Inggris yang terletak pada bujur 0⁰. Setiap selisih bujur 15⁰, perbedaan waktu mengalami selisih satu jam. Bagian bumi di sebelah timur Greenwich mengalami waktu yang lebih cepat dari Greenwich, sedangkan bagian bumi di sebelah barat Greenwich mengalami waktu yang lebih lambat.

 

4. Perbedaan Percepatan Gravitasi Bumi

Rotasi bumi mengakibatkan gerakan yang arahnya menjauhi pusat. Akibatnya, bumi menjadi tidak bulat sempurna. Ada bentuk tidak baku di kedua kutubnya dan mengembang pada khatulistiwa, sehingga diameter kutub bumi lebih kecil daripada diameter khatulistiwa. Hal ini berakibat pada percepatan gravitasi di daerah kutub lebih besar dibandingkan khatulistiwa.

5. Pembelokan Arah Arus Laut

Angin mengakibatkan terjadinya arus laut. Pada belahan bumi selatan, arah arus laut berbelok searah perputaran jarum jam. Pada belahan bumi bagian utara, arah arus laut berbelok berlawanan dengan arah putaran jarum jam. Gerak pembelokan arah angin dan pembelokan arus laut disebut efek Coriolis.

Demikianlah artikel mengenai Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi. Semoga bermanfaat dan membantu kita mengingat kebesaran Allah dan memperoleh ilmu yang bermanfaat.

Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: xapiqul

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.

 
close