Jalur Peredaran Darah Kecil dan Jalur Peredaran Darah Besar

Medrec07.com adalah sebuah website tentang pendidikan dimana semua pelajaran dari SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi Lainnya.

Monday, May 24, 2021

Jalur Peredaran Darah Kecil dan Jalur Peredaran Darah Besar

Jalur Peredaran Darah Kecil dan Jalur Peredaran Darah Besar. Darah merupakan cairan yang ada di dalam tubuh manusia yang berfungsi sangat penting. Akan sangat berbahaya sekali jika kita tiba-tiba kehilangan banyak darah, bahkan bisa berakibat fatal jika tidak diberi tindakan sesegera mungkin. Banyak sekali fungsinya dan mungkin hanya akan disebutkan beberapa saja di dalam artikel ini.

Jalur Peredaran Darah Kecil dan Jalur Peredaran Darah Besar

Dalam sistem peredaran darah di tubuh manusia dapat dibedakan menjadi 2 sistem, yaitu: Jalur Peredaran Darah Kecil dan Jalur Peredaran Darah Besar. Kedua sistem tersebut mempunyai rute dan fungsi yang berbeda beda, dimana penjelasannya akan dijabarkan sebagai berikut:

Sistem peredaran darah besar

Peredaran darah dari bilik kiri jantung ke seluruh tubuh lalu kembali lagi ke jantung melalui serambi kanan. Saat darah terpompa keluar melalui bilik kiri menuju ke seluruh tubuh, darah tersebut mengandung oksigen (O2). Darah yang sudah tidak mengandung oksigen nantinya akan kembali lagi ke jantung melalui serambi kanan jantung

Secara singkat, sistem peredaran darah besar dapat dituliskan dengan skema sebagai berikut :

Ventrikel kiri ─ aorta ─ arteri ─ vena cava inferior ─ atrium kanan

(Jantung ─ seluruh tubuh ─ jantung)

Sistem peredaran darah kecil

Sistem peredaran darah yang keluar dari serambi kiri kemudian masuk ke paru-paru dan kembali lagi ke jantung. Pada peristiwa ini, terjadi difusi gas di paru-paru yang mengubah kandungan CO2 (karbondioksida) pada darah menjadi oksigen setelah keluar dari paru-paru. Jantung disini sangat memiliki pengaruh besar dalam sistem peredaran darah kecil, yang mana meliputi bilik kiri, bilik kanan, serambi kiri, dan serambi kanan.

Secara singkat, sistem peredaran darah kecil dapat dituliskan dengan skema sebagai berikut :

Ventrikel kanan ─ arteri pulmoner ─ kapiler paru-paru ─ atrium kiri

(Jantung ─ paru-paru ─ jantung)

Apa Perbedaan Jalur Peredaran Darah Kecil dan Jalur Peredaran Darah Besar

Untuk diketahui, dalam mengedarkan darah ke seluruh tubuh manusia, darah dialirkan melalui dua rute yang berbeda. Kita mengenalnya sebagai peredaran darah besar dan peredaran darah kecil. Bedanya apa? Bukan cuma namanya fungsi serta rute yang harus ditempuh dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh pun berbeda.

Peredaran darah besar atau sistemik terjadi dari jantung ke seluruh tubuh kemudian kembali lagi ke jantung. Ini bermula ketika darah yang kaya O2 dipompa oleh bilik kiri untuk diedarkan ke seluruh tubuh melalui aorta. Sementara itu darah yang mengandung CO2 dari seluruh tubuh memasuki serambi kanan melalui pembuluh darah vena kava superior (untuk tubuh bagian atas) dan vena kava inferior (untuk tubuh bagian bawah).

Peredaran darah kecil atau pulmonal terjadi dari jantung ke paru-paru kemudian kembali lagi ke jantung. Ini dimulai dari ketika darah yang mengandung banyak CO2 di bilik kanan dipompa ke paru-paru melalui pembuluh arteri pulmonalis. Di paru-paru, tepatnya pada bagian alveolus terjadi pertukaran gas CO2 dengan O2. Darah yang mengandung O2 dialirkan kembali ke jantung pada bagian serambi kiri melalui vena pulmonalis. 

Demikianlah artikel mengenai Jalur Peredaran Darah Kecil dan Jalur Peredaran Darah Besar, semoga bermanfaat untuk anda, teman dan saudara. 

Jalur Peredaran Darah Kecil dan Jalur Peredaran Darah Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: xapiqul

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan lah berterima kasih, Harap tinggalkan komentar yang relevan.

 
close