Contoh Pohon Literasi Sederhana Untuk Anak SD, SMP dan SMA

By | August 15, 2022

Sebelum membeberkan contoh pohon literasi untuk anak SD, SMP dan SMA alangkah baiknya kita memahami apa arti dari pohon literasi. Kita juga perlu tahu apa tujuan pembuatan pohon literasi ini. Beberapa informasi lainnya juga admin medrec07 sematkan dalam artikel ini.

Mari langsung kita bahas mengenai pohon literasi ini.

Apakah yang dimaksud dengan pohon literasi?

Mungkin sebagian orang belum mengetahui dari pohon literasi, yang dimaksud dari pohon literasi yakni suatu bentuk gambaran pohon berupa kertas yang di tempelan-tempel kan yang berbentuk pohon. Pada bagian daunnya adalah nama buku yang pernah dibaca ataupun penggalan isi buku yang telah dibaca. (sumber: https://bundaliterasi.indramayukab.go.id/literasi-adalah-pengertian-dan-contoh-gerakan-literasi/)

Manfaat Pohon Literasi

1. Meningkatkan pengetahuan kosakata siswa

Siswa memperoleh lebih banyak kosakata semakin banyak buku yang mereka baca. Mereka mendapatkan lebih banyak kemahiran bahasa dengan cara ini.

2. Memperkuat kemampuan otak

Membaca membantu otak bekerja secara maksimal dengan meningkatkan kinerja. Otak siswa harus bekerja sangat keras untuk memproses semua pengetahuan yang telah mereka pelajari dari membaca buku. Ini juga berlaku untuk otak manusia, yang menjadi lebih tajam dengan cara yang sama seperti pisau diasah. Kapasitas otak manusia akan berkembang jika terus-menerus digunakan untuk memperoleh pengetahuan, seperti saat membaca buku.

3. Memperkaya ilmu pengetahuan dan wawasan

Buku adalah jendela dunia. Pernah menemukan pepatah seperti itu? Ungkapan itu tepat, ya. Pengetahuan dan pemahaman anak-anak Anda akan tumbuh sebagai hasil dari membaca buku. Meskipun dalam hal ini siswa Anda hanya membaca teks naratif seperti cerita pendek dan cerita rakyat, mereka tetap belajar informasi baru dan mengembangkan perspektif baru sebagai hasil dari kegiatan membaca tersebut. Bukan berarti membaca buku nonfiksi atau formula akan membuat semua orang tampak lebih cerah.

4. Mengembangkan keterampilan mengumpulkan informasi murid 

Orang yang sering membaca mungkin secara tidak sadar merasa bahwa kepekaan mereka terhadap informasi akan meningkat. Misalnya, ketika membaca novel, pembaca secara tidak sengaja akan mengumpulkan semua informasi yang mereka pelajari dari plot dan melacak bagaimana perkembangannya, seperti hubungan sebab akibat dari suatu konflik.

5. Menumbuhkan pemikiran kritis pada anak-anak

Membaca akan meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak. Misalnya, setelah menyelesaikan sebuah buku, siswa akan mengumpulkan catatan mereka dan menyatukannya untuk membuat peta pikiran kausal dari konflik tersebut.

6. Meningkatkan fokus di kalangan siswa

Selain itu, literasi akan membantu siswa lebih fokus. Karena tidak semua siswa senang membaca buku, perubahan ini tidak dapat dirasakan secara langsung.

7. Ajari anak-anak bagaimana menulis dan merangkai kata-kata bersama-sama.

Siswa pada umumnya diajarkan untuk berbicara, berhitung, dan menggambar mulai dari anak usia dini. Siswa akan jarang menerima instruksi merangkai kata. Oleh karena itu diharapkan secara luas bahwa siswa akan menjadi lebih mahir merangkai kata atau menulis sebagai hasil dari pohon literasi.

Contoh Pohon Literasi Untuk Siswa SD

Buat pohon literasi untuk siswa SD sesederhana mungkin tetapi bisa kelihatan estetik dan indah. contoh di bawah ini contoh pohon literasi sederhana yang bisa anda pakai.

Contoh Pohon Literasi Untuk Siswa SMP

contoh pohon literasi siswa smp
contoh pohon literasi smp dan sma

Demikianlah Contoh Pohon Literasi Sederhana Untuk Anak SD, SMP dan SMA. admin akan menambahkan beberapa contoh lainnya jika telah tersedia. Jangan lupa untuk membagikan postingan ini dengan teman-teman anda melalui media sosial favorit anda.

Leave a Reply