Cara Nembung Ke Orang Tua Wanita Dalam Bahasa Jawa

By | November 10, 2022

Dalam adat jawa ada beberapa acara yang harus dilakukan sebelum berlangsungnya acara pernikahan. Nembung ke orang tua calon mempelai perempuan adalah salah satunya. Dalam postingan kali ini admin akan menceritakan pengalaman admin untuk memberikanmu wawasan sebagai persiapan pernikahan. Artikel yang berjudul Cara Nembung Ke Orang Tua Wanita dalam Bahasa Jawa ini semoga membantu mengurangi rasa galaumu jelang pertemuan antar orang tua.

Artikel menarik lainnya: Tanggalan Jawa Kalender 2001 Lengkap Dengan Weton

Nembung berasa dari tembung yang berawalan N-, menjadi kata kerja nembung. Arti kata nembung dalam bahasa Jawa adalah ngucap njaluk (mengucapkan sesuatu hal yang diinginkan atau diminta). Dalam acara nembung ini biasanya pihak dari mempelai pria datang untuk menyatakan keseriusan kepada calon mempelai wanita. Semua dialog yang dilakukan biasanya antar orang tua, atau bisa juga diwakili oleh seseorang yang dianggap pemuka warga.

Cara Nembung Ke Orang Tua Wanita Dalam Bahasa Jawa

Kalimat Nembung Ke Orang Tua Wanita Dalam Bahasa Jawa

Seperti sudah saya infokan di atas bahwasanya yang akan mengutarakan maksud dan tujuan adalah antara orang tua atau pemuka warga. Kamu sebagai calon pengantin santai saja. Yang perlu kamu lakukan yang pertama kali adalah mengkonfirmasikan bahwa keluargamu akan datang ke rumah calon mempelai wanita pada tanggal yang telah disepakati. Jangan lupa pastikan calonmu itu benar-bersedia untuk kamu nikahi supaya tidak mubadzir.

Artikel menarik lainnya: Tanggalan Jawa Kalender 2002 Lengkap Dengan Weton

Namun tidak ada salahnya juga jika kamu berani melakukannya sendiri, tetapi ajak juga beberapa orang keluargamu supaya terlihat serius di mata calon mertua. Adapun kalimat yang biasa digunakan dalam bahasa jawa adalah sebagai berikut:

  • Maksud kulo, niat lan tujuan kula teka mrene mboten namung dolan. Nanging aku uga pengin njaluk ijin marang bapak lan ibu kanggo nglamar putrimu lan dadi bojoku sing sah.
  • Wonten ing dinten menika, kula badhe ngaturaken sedoyo kalepatan dateng putri panjenengan. Kula matur kanthi ikhlas bilih kula tresnani dhumateng anak-anake bapak saha ibu. Keparenga kula ningkah lan njamin kabegjanipun sasampunipun punika.
  • Bapak kaliyan Ibu, kula badhe ngaturaken kanthi jujur ​​dhumateng panjenengan sedaya. Ingkang sejatosipun, sadangunipun kalih warsa kapengker punika, para putri kakung miwah ibu ingkang sampun ndhampingi, ndhampingi saha ndampingi kula. Pramila kula gadhah niyat badhe dhaup kaliyan putri-putri bapak saha ibu supados dados jamaah shalat. Punopo panjenengan purun nampi lamaran kulo kangem putri panjenengan?

Itulah beberapa kalimat yang bisa digunakan untuk sebagai Cara Nembung Ke Orang Tua Wanita Dalam Bahasa Jawa. Mohon maaf jika ada beberapa bahasa yang kurang pas, silakan dikoreksi dan sampaikan kami melalui kolom komentar di bawah ya, terimakasih sebelumnya.

Referensi: https://id.quora.com/Apa-perbedaan-nembung-dengan-lamaran-bagi-orang-Jawa

Leave a Reply