Makna dan Pesan Moral Lagu Heal The World dari Michael Jackson

By | November 16, 2022

Salah satu lagu paling populer dari Michael Jackson adalah sebuah tembang yang berjudul Heal The World. Lagu yang bergenre pop ini dirilis pada tahun 1991 dalam sebuah album yang berjudul Dangerous. Namun dalam postingan kali ini kita hanya akan fokus pada makna dan pesan moral lagu Heal The World dari Michael Jackson.

Tersirat dalam lagu ini bahwa siapa pun memiliki kekuatan untuk memperbaiki keadaan. Selama mereka dimotivasi oleh nilai-nilai, jaga diri, tunjukkan kasih sayang kepada orang lain, dan dukung satu sama lain. Agar dunia berubah menjadi lebih baik di masa depan ketika ada banyak orang baik yang tinggal di dalamnya,

Jika mengacu pada lagunya, “Heal The World” sebenarnya berarti “Healing the World”. Michael Jackson memilih judul tersebut karena dia percaya bahwa dunia telah hancur. mulai dari disakiti oleh orang jahat, lingkungan, rasisme, orang yang tidak punya hati nurani, dan orang yang kurang kasih sayang.

Harapannya, setelah mendengarkan lagu ini, pendengar bisa merubah atau memperbaiki dunia yang sedang sakit ini. Membantu merubah lingkungan di sekitar kita menjadi tempat yang ramah, indah, bersih dan sehat. Sehingga tercipta kedamaian, kemakmuran dan segala sesuatu yang baik-baik.

Makna dan Pesan Moral Lagu Heal The World dari Michael Jackson

Lirik Lagu dan Terjemahan Heal The World dalam Bahasa Indonesia

There’s a place in your heart
Ada sebuah tempat di hatimu

And I know that it is love
Dan aku tahu tempat itu adalah cinta

And this place could be much
Dan tempat ini bisa jadi

Brighter than tomorrow
Jauh lebih terang dari hari esok

And if you really try
Dan jika kau benar-benar berusaha

You’ll find there’s no need to cry
Kau kan temukan bahwa tak ada perlunya menangis

In this place you’ll feel
Di tempat ini kau kan merasa

There’s no hurt or sorrow
Tak ada duka atau nestapa

There are ways to get there
Ada banyak cara tuk sampai ke sana

If you care enough for the living
Jika kau peduli pada kehidupan

Make a little space, make a better place
Berilah ruang kecil, jadikanlah tempat yang lebih baik

REFF

Heal the world
Sembuhkanlah dunia

Make it a better place
Jadikan dunia ini tempat yang lebih baik

For you and for me and the entire human race
Untukmu dan untukku dan untuk seluruh manusia

There are people dying
Banyak orang sekarat

If you care enough for the living
Jika kau peduli pada kehidupan

Make a better place
Jadikan tempat yang lebih baik

For you and for me
Untukmu dan untukku
•••••••
If you want to know why
Jika kau ingin tahu kenapa

There’s a love that cannot lie
Ada cinta yang tak dapat berdusta

Love is strong
Cinta itu kuat

It only cares for joyful giving
Ia hanya peduli pada pemberian yang ikhlas

If we try we shall see
Jika kita berusaha kita kan melihat

In this bliss we cannot feel
Di dalam kebahagiaan ini kita tak dapat merasakan

Fear or dread
Ketakutan atau kengerian

We stop existing and start living
Kita berhenti ada dan mulai hidup

Than it feels that always
Lalu selalu terasa

Love’s enough for us growing
Cinta saja cukup bagi kita untuk tumbuh

Make a better world, make a better world
Jadikan dunia yang lebih baik

<<BACK TO REFF>>

And the dream we would conceived in
Dan impian yang kita angan-angankan

Will reveal a joyful face
Kan tunjukkan wajah ceria

And the world we once believed in
Dan dunia yang pernah kita yakini

Will shine again in grace
Kan bersinar lagi dengan eloknya

Then why do we keep strangling life
Lalu kenapa kita terus saja mencekik kehidupan

Wound this earth, crucify it’s soul
Melukai dunia ini, menyalib jiwanya

Though it’s plain to see, this world is heavenly
Meskipun kelihatan sederhana, dunia ini bagian dari surga

Be God’s glow
Jadilah kilau Tuhan

We could fly so high
Kita bisa terbang sangat tinggi

Let our spirits never die
Jangan biarkan jiwa kita mati

In my heart I feel
Di hatiku kurasakan

You are all my brothers
Kalian semua adalah saudaraku

Create a world with no fear
Ciptakan dunia tanpa rasa takut

Together we’ll cry happy tears
Bersama-sama kita kan menangis bahagia

See the nations turn their swords into plowshares
Melihat negara-negara mengganti pedang mereka dengan bajak

We could

You and for me / Heal the world we live in
Untukmu dan untukku / sembuhkan dunia tempat tinggal kita

You and for me / Save it for our children
Untukmu dan untukku / selamatkan untuk ana-anak kita.

Makna dan pesan moral lagu Heal The World

Tentu saja kita akan dapat merasakan dan memahami bahwa lagu Michael Jackson memang diciptakan sebagai lagu harapan yang menginginkan dunia berubah menjadi lebih baik setelah membaca lirik dan terjemahannya.

Penyanyi pop itu mengungkapkan dalam lagu ini bahwa menurutnya dunia sudah rusak. Oleh karena itu, dia menganggap lokasi ini kejam dan tidak dapat dihuni. Banyak orang meninggal karena kelaparan, penindasan, perang, rasisme, pelecehan, dan faktor lainnya.

Tapi banyak orang yang tidak terlalu peduli dengan masalah ini. Michael Jackson tampaknya mendorong kami untuk melakukan perbaikan pada rumah kami sendiri sebagai hasilnya. Mulailah mengerjakan penyembuhan dunia sehingga orang-orang yang tinggal di sana dapat menghujaninya dengan cinta dan kasih sayang.

Makna dan pesan moral pada Verse 1

Michael Jackson berusaha mengingatkan kita bahwa orang memiliki hati di bait pertama lagu tersebut. Michael Jackson juga memperhitungkan fakta bahwa cinta ada di setiap hati manusia. Ada titik di hatimu, dan aku tahu, tapi itu adalah cinta, menurut lirik lagunya, yang juga mengandung kata “hati”.

Di sini, Michael Jackson berusaha untuk menggugah hati para pendengarnya. Kita semua sadar bahwa hati mewakili keikhlasan seseorang. Karena setiap orang memiliki cinta dan kasih sayang di hati mereka.

Dengan cara ini, seseorang yang sudah memiliki cinta dan kasih sayang di hatinya niscaya akan menjadi orang yang baik, dapat membantu orang lain, bahkan menyelamatkan planet ini. Kita dapat mempengaruhi dunia dan segala isinya menjadi lebih baik dengan menunjukkan cinta dan kasih sayang.

Makna dan pesan moral Pre-Chorus 1

Michael Jackson juga sepertinya mengatakan bahwa menjadi orang yang baik tidak terlalu sulit dilakukan di jalur ini. Sederhananya, kita perlu lebih memperhatikan kehidupan di sekitar kita. Kita bisa menjadi orang baik yang peduli dengan dunia di sekitar kita jika kita memiliki sedikit cinta di dalam diri kita. Selama kita juga memiliki niat yang mulia, mengubah dunia menjadi lebih baik bukanlah hal yang mustahil.

Makna dan pesan moral Baris Chorus/Reff

Michael Jackson kembali menyoroti keinginan dalam lirik ini. untuk memperbaiki planet ini di masa depan. Michael Jackson juga mengklaim bahwa dunia modern sangat tidak ramah terhadap orang-orang baik dalam lagu-lagunya. Karena semua ketegangan dan masalah yang muncul, banyak orang menderita dan sekarat.

Tapi banyak orang tidak peduli. Michael Jackson sekali lagi mengajak pendengarnya melalui lagu-lagunya untuk membantu dunia kembali normal dan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Lingkungan yang tenang dan tentram tentunya akan membuat penghuninya menjadi orang yang bahagia.

Makna dan pesan moral Lirik Verse 2

Dalam lirik bait kedua, Michael Jackson menegaskan kembali pentingnya cinta dalam kehidupan manusia. “Cinta bukanlah apa-apa, ia hanya peduli pada pemberian yang menggembirakan,” kata lirik lagu tersebut. Di sini, Michael Jackson mengungkapkan keyakinannya bahwa cinta adalah kekuatan yang kuat yang dapat mengatasi tantangan apa pun dan tidak mudah putus.

Selain itu, cinta adalah hal yang jujur. Memberikan cinta sejati menarik ketulusan, kejujuran, kebahagiaan, dan kesenangan lainnya. Penekanan pada liriknya nampaknya pada pentingnya cinta sebagai salah satu faktor kebahagiaan. Hidup kita akan lebih bahagia dan planet ini akan menjadi lebih baik jika kita memiliki semuanya dan mampu memberikan cinta dan kasih sayang kepada orang lain.

Makna dan pesan moral Lirik Bride

Michael Jackson mengajukan pertanyaan dalam lirik lagu Bride. Jangan biarkan dunia semakin buruk jika kita memiliki cinta di hati kita, kasih sayang untuk orang lain, empati untuk orang di sekitar kita, dan keinginan untuk membantu satu sama lain. Berhentilah membiarkan dunia terus berkorban dan memukuli dirinya sendiri. Lirik dunia ini adalah surga menunjukkan bahwa ketika orang baik dan peduli satu sama lain, dunia ini seperti surga. Kita sendirilah yang memiliki kekuatan untuk mengubah segalanya. Sebagai hasilnya, jadilah salah satu penyembuh yang welas asih di dunia.

Makna dan pesan moral pada Lirik Verse 3

Kesimpulan naratif lagu tersebut diungkapkan dalam kata-kata ini. Untuk mencegah cinta yang ada di dalam diri kita mati, Michael Jackson mengimbau kita untuk gigih mempertahankannya di baris terakhir ini. Lirik lagu, “Let our spirits never die”, menunjukkan hal ini. Oleh karena itu, jangan pernah biarkan cinta yang ada di hati kita mati, meski tubuh kita sedang sekarat. Karena cinta dapat menginspirasi orang untuk mengulurkan tangan satu sama lain.

Hal-hal positif yang bisa kita ambil dari Lagu Heal The World

Salah satu lagu yang paling indah dan mengharukan adalah Heal The World. Michael Jackson tampaknya mendorong kita untuk memiliki cinta di hati kita dengan lagu ini. Selain itu, empati, hati nurani, rasa saling peduli, dan saling membantu adalah kualitas yang harus dimiliki orang.

Kami termotivasi oleh lagu untuk membantu semua orang yang meminta bantuan kami. Tidak ada bedanya ras, etnis, atau agama apa yang mereka praktikkan. Tidak peduli apa sejarah orang itu. Kita hanya perlu membantu mereka dan menciptakan dunia yang tenang dan menyenangkan.

Lagu ini juga sepertinya menyiratkan bahwa jika kita menunjukkan cinta kepada orang lain, kita pasti akan merasakan cinta sebagai balasannya di masa depan. Tentunya, orang-orang di sekitar kita akan menjaga kita bahkan saat kita merasakan empati terhadap orang lain.

Hasilnya, jadilah orang yang positif, penyayang, mudah bergaul, dan jujur. Diharapkan setiap orang di dunia akan dipenuhi dengan cinta dan pengabdian yang tulus.

Kesimpulan dari Lagu Heal The World

Kita mungkin menyimpulkan dari lagu Michael Jackson bahwa dunia telah menjadi begitu keras saat ini. Ada banyak orang jahat di dunia, juga banyak korban rasisme, kelaparan, dan masalah lainnya. Michael Jackson ingin mengajak para pendengarnya untuk memperbaiki dunia melalui lagu ini.

agar kualitas hidup manusia di sana menjadi lebih baik dan tentunya lebih tenteram. Dia mengklaim dalam lirik lagu bahwa siapa pun di dunia memiliki kekuatan untuk memperbaiki keadaan. selama kita, sebagai manusia, jujur dan penuh dengan cinta. Oleh karena itu, jika tercipta banyak orang baik, otomatis dunia akan membaik.

Michael Jackson juga memberikan kesan bahwa menjadi orang baik itu tidak sulit; yang diperlukan hanyalah kita memiliki perasaan empati yang kuat terhadap orang lain. Kita hanya membutuhkan cinta dan kasih sayang yang sudah ada dalam diri kita masing-masing untuk mengembangkan rasa peduli.

Michael Jackson mendesak kita untuk menjaga cinta dan kasih sayang yang sudah kita miliki agar tidak layu dan mati. Karena cinta dapat membuat seseorang bahagia dan baik hati, yang dapat membantu mereka menjadi orang yang baik dan menjaga orang lain.

Demikianlah akhir dari Makna dan Pesan Moral Lagu Heal The World dari Michael Jackson. Semoga kita bisa mengambil manfaat dari lagu tersebut. Jika kamu punya pendapat berbeda mengenai lagu ini jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar di bawah ya.

Leave a Reply