Sebutkan 3 Contoh Besaran Turunan Beserta Satuannya

By | November 8, 2022

Sebelum menjawab soal Sebutkan 3 Contoh Besaran Turunan Beserta Satuannya, mari kita bahas dulu pengertian dari besaran. Ini adalah bagian dari pelajaran fisika yang diajarkan di sekolah. Yuk langsung saja mari kita bahas mater yang menarik mengenai besaran serta materi lain yang berkaitan, seperti Perubahan Pada Benda

Berat badan saya 45 kg dan panjang tiang sekolah saya adalah 10 meter. Itulah hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika kita membahas jumlah dan satuan. Massa dan panjang adalah apa yang disebut sebagai besaran, dan satuannya adalah kilogram dan meter. Mari kita simak ikhtisar jumlah dan satuan kelas 10 berikut ini untuk lebih memahaminya!

Besaran dan Satuan

Dalam fisika, besaran adalah sesuatu yang dapat dihitung, memiliki nilai, dan satuan. Sementara itu, satuan digunakan sebagai pembanding dalam pengukuran. Kita akrab dengan Satuan Internasional (SI), satuan standar yang diterima untuk digunakan di seluruh dunia.

Pengertian Besaran

Besaran pokok adalah besaran yang tidak terdiri dari dari besaran lainnya, artinya tidak bergantung pada besaran yang lain (Sumber: Kemendikbud). Unit pengukuran dasar, sering dikenal sebagai unit dasar, telah ditentukan sebelumnya berdasarkan konsensus di antara para ilmuwan. Kemandirian besaran pokok mengacu pada kurangnya bahkan tidak ada ketergantungan mereka pada besaran pokok lainnya. Berikut adalah besaran-besaran utama yang telah ditentukan oleh saintis.

Besaran Pokok

besaran pokok adalah besaran dengan nilai tunggal yang disepakati oleh fisikawan. Anak-anak di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas akan menerima materi ini. Lebih tepatnya, di mata pelajaran fisika.

Besaran pokok yang paling umum adalah:

  • panjang (m)
  • massa (kg)
  • waktu (s)
  • suhu (K)
  • kuat arus (A
  • intensitas cahaya(cd)
  • jumlah zat (mol)

Besaran pokok, antara lain, mempunyai sifat khusus, diambil langsung dari pengukuran, mempunyai satuan (bukan banyak satuan), dan sudah ditentukan sebelumnya.

Besaran pokok akan menjadi dasar lahirnya besaran turunan. Nilai ini diambil dari kombinasi nilai dari besaran turunan baik dalam operasi penambahan, pengurangan, penjumlahan maupun perkalian. Nah simak terus artikelnya sampai tuntas yaa.

Contoh Besaran Turunan

Jika pada judul di atas adalah Sebutkan 3 Contoh Besaran Turunan Beserta Satuannya, maka mimin kasih kamu 14 contoh besaran turunan beserta satuannya. Kamu bisa pilih bebas jadi ada kemungkinan tidak sama dengan jawaban teman kamu.

Besaran TurunanSatuan Internasional (SI)DimensiSimbol dan Rumus
GayaNewton (kg m/s2)N : MLT-2F = m . a
UsahaJoule (kg m2 s-2)J : M L2 T−2W = F . s
KecepatanJarak/Waktu (m/s)V : LT-1V = s / t
PercepatanL T–2 (m/s2)a : LT-2a= Δv / Δt
MomentumKg m/s[M][L][T]P = m . v
DayaWatt (kg.m^2.s^-3)W : [M] [L] [T]⁻²P = W / t
Massa JenisRho (kg/m3)ρρ= m / V
FrekuensiHertz (s–1)Hzf = 1/t
MuatanCoulombCI = Q/t
Tegangan ListrikVoltVV = I . R
Hambatan ListrikOhm (Ω)RR = V / I
Luasm2[L]2L = P x L
Volumem3[L]3V = P x L x T
TekananPascal (Pa) (N / m2)[M][T]-2 [L]-1P = F / A
Tabel contoh besaran turunan, sumber: gramedia

Nah, itulah dia materi mengenai besaran dalam artikel kami yang berjudul Sebutkan 3 Contoh Besaran Turunan Beserta Satuannya. Kamu bisa membagikan artikel ini dengan temanmu supaya lebih cepat belajar tanpa harus membuka-buka halaman di google satu persatu.

Leave a Reply