Sebutkan Ciri-ciri Bahan Makanan Dari Umbi

By | November 4, 2022

Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia. Tanpa mengkonsumsi makanan dan nutrisi untuk tubuh, manusia normal tidak akan mampu bertahan hidup. Ada banyak sekali jenis-jenis makanan yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Umbi-umbian adalah salah satu bahan dasar yang dapat digunakan sebagai bahan makanan. Untuk itulah, artikel kali ini dibuat untuk menjawab pertanyaan, Sebutkan ciri-ciri bahan makanan dari umbi.

Sebutkan Ciri-ciri Bahan Makanan Dari Umbi

Umbi-umbian yang terbagi dalam tiga kelompok, yaitu:

  1. Umbi Batang
    Umbi batang merupakan jenis umbi-umbian yang terbentuk pada bagian pangkal batang tanaman, yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan yang dilakukan oleh tanaman tersebut. Umbi batang terletak di bawah permukaan tanah, dan sebagian ada pula yang terdapat di dalam tanah dan sebagian lagi terdapat pula di atas permukaan tanah.
    • Contoh umbi batang yang umbinya terdapat di dalam tanah secara keseluruhan adalah tanaman kentang.
    • Contoh umbi batang yang pada sebagian umbinya berada di dalam tanah dan kemudian pada sebagiannya lagi berada di atas tanah adalah tanaman talas.
  1. Umbi Akar
    Umbi akar merupakan jenis tanaman umbi-umbian yang terbentuk karena adanya perkembangan akar yang membesar, yang disebabkan oleh penumpukan nutrisi pada suatu waktu tertentu untuk menyimpan cadangan makanan pada tanaman tersebut. Secara keseluruhannya berada di bawah tanah. Umbi akar dalam satu tanaman ada yang berjumlah satu buah dan dalam satu tanaman ada yang berjumlah lebih dari satu.
    • Contoh tanaman yang memiliki satu umbi akar dalam satu tanaman adalah tanaman wortel.
    • Contoh tanaman yang dalam satu tanaman terdapat lebih dari satu umbi adalah tanaman singkong
  1. Umbi Lapis
    Umbi lapis yaitu salah satu dari jenis umbi-umbian yang berbentuk berlapis-lapis. Bentuk umbi lapis ini biasanya pada ujungnya bersatu dengan daun dan pangkalnya dengan akar.
    • Contoh tanaman umbi lapis tersebut adalah tanaman bawang merah dan bawang bombay.

Informasi di atas dikutip dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Umbi

Ciri-ciri bahan makanan dari umbi

Setelah memahami beberapa macam jenis umbi mari kita bahas mengenai ciri-ciri bahan makanan yang terbuat dari umbi. Dari bahan-bahan yang kita temui di kehidupan sehari-hari kita dapat menyimpulkan bahwa ciri-ciri bahan makanan dari umbi adalah sebagai berikut:

  1. Umumnya berbentuk tepung
  2. Mengandung karbohidrat tinggi
  3. Mengandung protein yang rendah
  4. Jika dimasak teksturnya menjadi lengket

Demikianlah artikel berjudul Sebutkan Ciri-ciri Bahan Makanan Dari Umbi, jika kamu bisa menyimpulkan fakta lain dari makanan yang berbahan umbi kamu bisa memasukkannya di kolom komentar di bawah. Jangan lupa untuk share info ini kepada temanmu yaa.

Leave a Reply