Takaran 1 Kg Beras Berapa Gelas?

By | November 22, 2022

Mungkin kamu yang baru belajar masak sering bertanya-tanya, takaran 1 kg beras itu berapa gelas? Apalagi jika kamu yang belum berpengalaman, disuruh ibumu untuk memasak nasi 1kg tanpa ada timbangan nah ribet banget tuh. Nah di halaman ini kita akan membahas berapa sih takaran 1 kg itu jika kita menggunakan gelas.

Karena banyaknya macam jenis dan bentuk gelas, sebaiknya kita menggunakan gelas takar yang biasanya terdapat pada saat membeli alat penanak nasi, atau biasa disebut rice cooker. Nah mari pertama-tama kita bahas cara menakar beras ini menggunakan alat takar bawaan rice cooker yang umum digunakan oleh ibu-ibu di rumah.

1 kg beras berapa gelas takar magicom?

1 kg beras berapa gelas takar magicom

Alat yang paling sering dijadikan paket dalam pembelian alat penanak nasi adalah gelas takar. Biasanya selalu dimasukkan dalam manci aluminium. Nah sebaiknya jika kamu ingin mengetahui berapa berat beras yang muat dalam satu gelas takar, kamu harus menimbangnya dengan timbangan yang akurat ya. Seperti gambar di atas 1 gelas takar magicom bisa menampung beras sekitar 153gr. Artinya jika kita memerlukan 1 kg beras berarti kita perlu sekitar 6.5 gelas takar, hasil ini didapat dari 1000gr (1kg): 153gr (kapasitas gelas takar)= 6.5. Jadi jawaban untuk pertanyaan 1 kg beras berapa gelas takar magicom? adalah 6.5 gelas.

Apakah semua gelas takar berkapasitas sama? tentu tidak. Ada bermacam-macam bentuk dan ukuran dari gelas takar magicom. Maka dari itu kamu perlu mengetahui berapa banyak kapasitas dalam gelas takar itu dengan cara menimbangnya. Berikut ini beberapa bentuk gelas takar magicom

info menarik lainnya: Profil Wanda Hara, Laki-Laki Atau Perempuan?

Bentuk gelas takar magicom

CUP TAKARAN BERAS / GELAS UKUR TAKARAN BERAS RICE COOKER dari shopee
Gelas Ukur Takar Takaran Beras PHILIPS Magic Com Rice Cooker 2L Shopee

1 kg beras berapa liter

Berapa banyak beras dalam 1 liter? Atau, berapa liter beras sama dengan satu kilogram? Jika kita ingin memasak menggunakan resep yang membutuhkan kilogram atau liter, kita harus menjawab pertanyaan ini. Atau mungkin hanya untuk orang yang ingin berjualan beras dan yang dengan segera ingin menanak nasi. Beras, 1 liter Kita dapat menentukan jumlah kilogram atau liter dalam 1 kilogram dengan menggunakan rumus sederhana. khususnya dengan menyadari kepadatan beras terlebih dahulu.

Berikut ini rumus konversi yang bisa kita pakai:

1 liter beras = 0,753 kg
1 kg beras = 1,328 liter

Hasil penghitungan di atas didapat dari mana?

Berikut ini beberapa besaran massa jenis benda yang mungkin perlu kamu ketahui.

air1 kg/L
beras0,753 kg/L
gula pasir0,849 kg/L
minyak goreng0,933 kg/L

Dengan rumus ini, kita bisa mencari berat suatu benda. Asal mengetahui massa jenis dan volumenya. Apakah massa jenis benda selalu sama seperti di tabel di atas? Menurut saya jawabannya adalah tidak, anda perlu menakar dan menimbangnya sendiri. Karena jenis beras maupun benda lain di setiap daerah mungkin saja tidak sama. Jadi saya ulangi lagi, anda harus menimbangnya sendiri.

info umum menarik lainnya: 3 Contoh Teks Anekdot Bahasa Jawa dan Strukturnya

1 liter beras untuk berapa orang

Lagi-lagi ini adalah sebuah pertanyaan relatif, namun biasanya 1 liter beras ini bisa untuk makan sekitar 10 orang. Jadi ketika kamu memasak beras satu liter, akan cukup untuk makan 10 orang dalam sekali makan. Untuk lebih akuratnya silakan tanya ibu-ibu yang biasanya memasak pada saat hajatan. Mereka sudah hafal banyak dalam hal ini.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai Takaran 1 Kg Beras Berapa Gelas. Buat kamu yang ingin dapat data yang lebih akurat silakan timbang sendiri masa jenis setiap benda yang ingin kamu ukur. Pastikan bahwa alat timbangan kamu sudah akurat.

Leave a Reply